DetikSepakbola
Sabtu 30 Juni 2018, 20:08 WIB

Laporan Dari Rusia

Berkat Smartphone, Nonton Piala Dunia di Rusia Jadi Mudah

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Berkat Smartphone, Nonton Piala Dunia di Rusia Jadi Mudah Aplikasi-aplikasi smartphone yang membantu menonton Piala Dunia di Rusia (Resha Pratama/detikSport)
Jakarta - Menonton sepakbola di Rusia tidak semudah di Inggris, Italia, atau Spanyol terkait kendala bahasa. Tapi, teknologi membuat segalanya menjadi mudah.

Bahasa jadi problem utama buat banyak orang yang datang ke Rusia, termasuk kami tim peliput Piala Dunia 2018 dari detikcom. Tak cuma karena Bahasa Inggris bukan bahasa utama negara Vladimir Putin ini, tapi juga karena mereka memiliki abjad yang berbeda, yang luar biasa merepotkan lidah-lidah melayu seperti saya ini.



Saat memesan taksi dari Bandara Domodedovo menuju penginapan di Moskow, bahasa sudah jadi kendala. Lantaran pak sopir tak mengerti bahasa lain dan hanya tahu alphabet cyrillic, saya harus meminta bantuan pada petugas booth taksi hingga diantar sampai masuk taksi tersebut.

Di beberapa tempat yang menjadi pusat kegiatan Piala Dunia, persoalan bahasa tak selalu jadi masalah. Bahasa Inggris jadi standar yang dipakai oleh para volunteer dan petugas lapangan di stadion.

Karena Smartphone, Nonton Piala Dunia di Rusia Jadi MudahFoto: Resha Pratama/detikSport


Untung ada smartphone. Meskipun tidak sepenuhnya menuntaskan masalah, teknologi banyak membantu kami para jurnalis (juga turis dan fans) yang harus berkeliling ke banyak lokasi dan kota di Rusia.

Spasiba (Terima Kasih), Google Translate!

Maka smartphone tak bisa jauh-jauh dari genggaman selama sekitar dua pekan ini berada di Rusia. Telepon pintar bukan saja membantu dalam urusan bahasa, tapi juga pada banyak hal lain. Salah satunya sebagai penunjuk arah.



Ada banyak aplikasi navigasi tersedia, tapi untuk mereka yang berada di Rusia, Yandex Taxi dan Yandex Maps sangat saya rekomendasikan. Aplikasi ini lebih ampuh, mungkin karena dibuat dan dikembangan sendiri oleh orang Rusia.

Karena Smartphone, Nonton Piala Dunia di Rusia Jadi MudahFoto: Resha Pratama/detikSport


Dengan Yandex Maps, saya sangat terbantu untuk berjalan menelurusi kota-kota di Rusia, tak cuma Moskow, tapi juga di Sochi dan Kaliningrad. Aplikasi peta ini bisa memberitahu dengan pasti jarak tempuh Anda baik dengan taksi, trem, metro, bus, dan juga berjalan kaki.

Oiya, ada baiknya Anda sempatkan naik trem jika berkunjung ke Rusia. Anda akan melihat pemandangan klasik di setiap stasiun mengingat jalur trem ini sudah berusia tua. Bahkan, Moskow punya salah satu stasiun trem terdalam di dunia selain di St Petersburg dan Kiev Ukraina.

Cara naiknya sih mirip-mirip dengan saat menaiki KRL di Jakarta, tinggal membeli tiket dan melihat tujuan Anda ke mana. Tapi, karena jalur metro di sini begitu luas dan banyak, maka Anda harus dengan jeli membaca petunjuknya.

Sekali lagi, aplikasi smartphone banyak membantu. Tersedia aplikasi Metro untuk diunduh. Dari sini setiap penumpang bisa menentukan awal dan akhir tujuan.

Oiya, selama Piala Dunia 2018 ini, pihak pemerintah Rusia menggratiskan seluruh transportasi asalkan Anda memiliki Fan ID atau Press ID. Sangat memudahkan bukan?
(mrp/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed