DetikSepakbola
Kamis 20 Apr 2017, 03:38 WIB

Liga Champions

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal Foto: REUTERS/Albert Gea
Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Setelah kalah telak 0-3 di Turin pada pekan lalu, Barca memang tak punya pilihan selain menyerang total di leg kedua perempatfinal, Kamis (20/4/2017) dinihari WIB. Trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar, tetap jadi andalan Blaugrana untuk mencetak gol.

Namun, lini pertahanan Juventus yang dipimpin oleh Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini tampil sangat solid untuk meredam serbuan-serbuan Barca. Messi, Suarez, dan Neymar pun frustrasi.

[Gambas:Sportradar]

Selama 2x45 menit, Barca gagal mencetak satu gol pun kendati tampil sangat mendominasi. Sebaliknya, Juventus juga gagal memaksimalkan sejumlah peluang lewat serangan-serangan balik.

Dengan hasil ini, Juventus melaju ke semifinal dengan agregat 3-0, sementara Barca tersingkir.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo Higuain, mendapatkan kesempatan langka delapan menit kemudian. Higuain mencoba memaksimalkan umpan dari Miralem Pjanic, tapi sontekannya terlalu lemah dan mengarah tepat ke tangkapan kiper Marc-Andre Ter Stegen.

Dominasi Barca terus berlanjut hingga akhir babak pertama. Tapi, tak ada gol yang tercipta.

Begitu babak kedua dimulai, Barca langsung menggempur Juve. Neymar dan Messi mencoba peruntungannya, tapi tembakan-tembakan mereka tak menemui sasaran.

Juve justru mendapatkan peluang lebih baik melalui Juan Cuadrado. Tembakan mendatar Cuadrado tak bisa dijangkau oleh Ter Stegen, tapi arahnya masih sedikit melebar.

Aksi Messi pada menit ke-56 nyaris membawa Barca unggul. Menguasai bola di luar kotak penalti, dia melepaskan tembakan, namun masih melenceng.

Tak berselang lama, sebuah kesempatan lewat tendangan bebas juga tak bisa dimaksimalkan oleh Messi. Eksekusinya masih sedikit melambung.

Karena waktu yang makin menipis, Barca tak punya pilihan selain berusaha menambah daya gedor. Pelatih Luis Enrique pun memasukkan Paco Alcacer untuk menggantikan Ivan Rakitic.

Memasuki menit ke-67, Messi kembali mendapatkan kesempatan. Saat itu, Buffon sudah terlanjur keluar dari sarangnya. Messi mencoba menyontek bola ke gawang yang sudah ditinggalkan Buffon, tapi bola melambung.

Sementara itu, Juve yang masih unggul agregat tiga gol hingga 15 menit terakhir berupaya memperkokoh lini belakangnya demi meredam tekanan Barca yang makin intens. Massimiliano Allegri menarik Paulo Dybala dan memasukkan bek veteran Andrea Barzagli.

Memasuki menit-menit akhir, Barca meminta penalti karena menganggap Alex Sandro melakukan handball ketika menghalau umpan silang Sergio Busquets. Namun, wasit tak memberikannya.

Hingga peluit panjang berbunyi, Barca tak bisa membobol gawang Buffon. Juve pun berhak melangkah ke semifinal.

Susunan Pemain
Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto (Mascherano 78'), Pique, Umtiti, Jordi Alba; Rakitic (Alcacer 58'), Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar

Juventus: Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic, Khedira; Cuadrado (Lemina 84'), Dybala (Barzagli 75'), Mandzukic; Higuain (Asamoah 88')



(mfi/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Rooney: Saya Belum Habis

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 16:19 WIB Wayne Rooney membantah dirinya sudah habis. Rooney ingin membuktikan dia masih bisa berkontribusi untuk Manchester United di sisa musim ini.
  • Jelang Derby Manchester

    Polling: Manchester Membiru atau Memerah?

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 15:27 WIB Manchester City menjamu Manchester United dalam laga yang bisa menentukan kelolosan ke Liga Champions. 'Biru' atau 'Merah', siapa akan berkuasa di Manchester?
  • Jelang Derby Manchester

    City Dijagokan Menang, Aguero Cetak Gol Pembuka

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 14:51 WIB Sergio Aguero diramalkan bakal mencetak gol pembuka di laga Derby Manchester nanti dengan Manchester City tampil sebagai pemenang.
  • Musim Pembelajaran untuk Guardiola

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 14:39 WIB Musim perdana Pep Guardiola bersama Manchester City tak berbuah gelar juara satu pun. Tapi Guardiola tak menyesal karena mendapat banyak pelajaran.
  • Jelang Derby Manchester

    Apakah Guardiola Masih Jadi Mimpi Buruk Mourinho?

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 12:54 WIB Jika ada satu pelatih yang Jose Mourinho sulit kalahkan selama kariernya, dia Pep Guardiola. Sampai saat ini, catatan Mourinho begitu buruk di hadapan Pep.
  • Laju Terbaik Spurs Setelah Hampir Enam Dekade

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 12:26 WIB Tottenham Hotspur menambah rentetan kemenangan dan mengilapkan laju. Sebuah catatan memperlihatkan ini jadi rentetan terbaik Spurs setelah hampir enam dekade.
  • Zidane: Tidak Ada Tim A atau Tim B di Madrid

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 12:11 WIB Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menegaskan tidak ada batas antara pemain inti atau cadangan. Baginya semua pemain berkontribusi penting bagi tim.
  • Jadwal Liga 1 2017 di Pekan Ketiga

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 11:35 WIB Liga 1 2017 memasuki pekan ketiga. Laga-laga seru bakal terjadi dalam kompetisi sepakbola kasta tertinggi Tanah Air itu. Apa saja?
  • Wenger Pertanyakan Kartu Kuning Sanchez

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 11:29 WIB Masih tersimpan kekesalan Arsene Wenger di balik kemenangan Arsenal atas Leicester City. Ini semua karena kartu kuning Alexis Sanchez.
  • Infografis

    Manchester Membara!

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 10:55 WIB Jumat (28/4/2017) dinihari WIB nanti, kota Manchester akan membara. Siapa yang menang, Manchester City atau Manchester United?
  • Pratinjau Manchester City vs Manchester United

    Pertandingan Adu Mental di Derby Manchester

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 10:13 WIB Ada nuansa "tak biasa" dalam derby Manchester kali ini. Akan ada pula yang menyebutnya tak penting. Padahal banyak alasan yang membuat duel nanti tetap menarik.
  • Pochettino Puji Mental Spurs

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 09:32 WIB Tottenham Hotspur cuma menang tipis saat menghadapi Crystal Palace. Meski begitu, Mauricio Pochettino memuji sikap mental Spurs yang memperlihatkan kemajuan.
  • Foto Sepakbola

    Spurs Kembali Dekati Chelsea

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 09:29 WIB Tottenham Hotspur menang 1-0 atas Crystal Palace berkat gol tunggal Christian Eriksen, Spurs kembali mendekati Chelsea di papan klasemen.
  • 'Penampilan Isco Fenomenal'

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 09:15 WIB Isco membuktikan diri masih jadi instrumen penting di tubuh Real Madrid. Dia menunjukkan kebolehannya ketika Los Blancos mengalahkan Deportivo La Coruna.
  • Foto Sepakbola

    Madrid Pesta Gol di Riazor

    Sepakbola | Kamis 27 Apr 2017, 09:13 WIB Bukan cuma Barcelona yang menang besar pada tengah pekan ini. Real Madrid juga mencetak banyak gol setelah melibas Deportivo La Coruna dengan skor 6-2.