sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 13 Apr 2011 11:37 WIB

Jelang Spurs vs Madrid

Jika Tersingkir pun Spurs Tetap Harus Bangga

- detikSport
London - Perjalanan Tottenham Hotspur di Liga Champions terancam kandas di tangan Real Madrid. Jika itu benar-benar terjadi, Spurs tetap akan menyingkir dengan dada membusung.

Laju Spurs di Liga Champions musim ini cukup menyita perhatian. Datang sebagai debutan yang di laga awal sudah kerepotan, Spurs lantas malah bisa melangkah tegap seraya menjungkalkan tim-tim tangguh Eropa.

Memulai dari fase playoff, Spurs sempat terancam pulang dini usai dilibas Young Boys Berne 2-3 di leg I. Untungnya Lily Whites bisa bangkit dengan kemenangan 4-0 di leg II.

Dengan start yang kurang mengesankan, mungkin tak banyak yang berharap Spurs akan bisa bicara banyak saat diundi bersama Twente, Werder Bremen dan juara bertahan Inter Milan di fase grup.

Spurs menjawab keraguan dengan memuncaki klasemen akhir lewat penampilan luar biasa, termasuk ketika nyaris mengimbangi Inter di San Siro. Saat itu Spurs, yang akhirnya kalah 3-4, ketinggalan 0-4 lebih dulu dan bermain dengan 10 pemain. Pada pertemuan kedua, Spurs bahkan mampu menaklukkan Inter.

Di babak 16 besar, Spurs sekali lagi diragukan bisa melangkah lebih jauh karena berhadapan dengan salah satu dedengkot di Eropa, AC Milan. Kejutan kembali dihadirkan si klub London dengan memukul Milan.

Kini Spurs kembali diragukan bisa tetap bertahan. Bukan hanya karena lawannya di perempatfinal adalah tim peraih gelar juara terbanyak di kompetisi ini, Real Madrid, tetapi juga karena Spurs sudah ketinggalan 0-4 di leg I.

"Saya sudah melihat jalannya musim sampai saat ini dan saya pikir kami belum tersingkir. Tidak ada yang mustahil. Entah apa yang bisa saja terjadi," tegas Manajer Spurs Harry Redknapp di AFP.

Dengan laga masih menyisakan 2x45 menit lagi, plus waktu tambahan jika diperlukan, Redknapp memang belum mau menyerah begitu saja. Ia menjanjikan perlawanan luar biasa saat menjamu Madrid, Kamis (14/4/2011) dinihari WIB.

"Fans sudah tahu kami akan bertarung sekuat tenaga. Tapi kelengahan sedikit saja melawan Real Madrid bisa fatal karena Cristiano Ronaldo bisa menggiring bola sejauh 73 meter dan Anda berpikir, 'Ya Tuhan'," ujar Redknapp.

Redknapp memang masih optimistis. Tapi lebih dari itu ia juga realistis. Dengan situasi saat ini, plus materi tim yang menjadi lawan mereka, pintu keluar dari Liga Champions sudah membayangi. Namun, jika pun itu yang terjadi, Spurs dipastikan akan berjalan meninggalkan pentas itu dengan perasaan bangga.

"Saya tidak punya kekecewaan apapun, Liga Champions sudah fantastis sekali buat kami. Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan Liga Champions, ini kelas yang berbeda. Benar-benar di level yang berbeda."

"Ini sudah menjadi sebuah capaian luar biasa untuk klub dan para fans sudah melihat sejumlah sepakbola fantastis musim ini. Itu sudah luar biasa," beber Redknapp.







(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com