sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 25 Apr 2011 21:04 WIB

Jelang Madrid vs Barcelona

El Clasico Ketiga di Semifinal

- detikSport
Madrid - Untuk ketiga kalinya, Real Madrid dan Barcelona akan bertemu di semifinal kompetisi antarklub tertinggi Eropa. Pada dua pertemuan sebelumnya, Madrid sukses menyingkirkan Barca.

Madrid dan Barca akan bertarung memperebutkan satu tiket ke babak final Liga Champions musim ini. Leg pertama semifinal akan dihelat pada Kamis (28/4/2011) dinihari WIB di kandang Madrid, Santiago Bernabeu.

Berikut data dan fakta duel tersebut, seperti diwartakan oleh Reuters:

* Ini akan jadi kali ketiga Madrid dan Barca bertemu di semifinal kompetisi antarklub tertinggi Eropa. Los Merengues dan Azulgrana pernah bertemu pada edisi tahun 1960 (saat masih bernama Piala Eropa) dan tahun 2002. Dalam dua kesempatan tersebut, Madrid keluar sebagai pemenang dan selanjutnya jadi kampiun.

* Madrid tak terkalahkan dalam 11 pertandingan Liga Champions terakhir mereka. Mereka juga mampu mencatat delapan clean sheet dari sepuluh pertandingan terakhir di Liga Champions. Bersama Manchester United, Los Blancos tercatat sebagai tim dengan pertahanan terbaik di mana mereka hanya kebobolan tiga gol dalam sepuluh laga.

* Madrid telah 12 kali bertemu sesama klub Spanyol di kompetisi antarklub Eropa dan cuma kalah dua kali. Dua kekalahan tersebut mereka terima dari Atletico Madrid di semifinal Piala Eropa 1959 dan Barcelona di babak pertama kompetisi yang sama dua tahun kemudian.

* Jose Mourinho selalu kesulitan saat memimpin timnya menghadapi Barcelona di Liga Champions. Saat menangani Chelsea dan Inter, dia bertemu Barca sepuluh kali. Hasilnya, dia tiga kali menang, empat kali kalah, dan sisanya seri.

* Ini adalah kali keempat secara beruntun Barcelona lolos ke semifinal Liga Champions. Dalam tiga kesempatan sebelumnya, mereka tersingkir dua kali, yakni dari Manchester United pada tahun 2008 dan Inter Milan pada musim lalu. Saat juara pada tahun 2009, mereka hanya menang gol tandang atas Chelsea di semifinal. Dalam enam laga semifinal di tiga musim sebelumnya, mereka cuma menang sekali (1-0 atas Inter pada musim lalu) dan cuma mencetak tiga gol.

* Barcelona dua kali tersingkir saat bertemu sesama klub Spanyol di semifinal Liga Champions. Mereka kalah agregat 1-3 dari Madrid pada tahun 2002 dan 3-5 dari Valencia dua musim sebelumnya. The Catalans memiliki rekor yang kurang baik di semifinal kompetisi antarklub Eropa, di mana mereka cuma menang empat kali dalam 18 laga terakhir.

* Lionel Messi tercatat mencetak 15 gol dalam 15 laga terakhirnya di Liga Champions, termasuk sembilan gol pada musim ini. Tapi, striker Argentina itu tak pernah mencetak gol dalam enam laga semifinal yang dilakoni Barca dalam tiga musim sebelumnya.

* Barcelona hanya memenangi tiga dari 14 laga away terakhirnya di Liga Champions dan tak pernah menang dalam enam laga away terakhirnya di kompetisi antarklub Eropa melawan sesama klub Spanyol.

Foto: Duel Zinedine Zidane dan Xavi Hernandez di semifinal Liga Champions 2001/2002. Santiago Bernabeu, 1 Mei 2002.




(mfi/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com