Kasus Pengaturan Skor, Fenerbahce dan Besiktas Dilarang Ikut Kompetisi Eropa

- Sepakbola
Rabu, 26 Jun 2013 04:06 WIB
Fenerbahce (AFP/Ozan Kose)
Nyon - Dua klub Turki, Fenerbahce dan Besiktas, harus melupakan keinginan mereka tampil di kompetisi Eropa musim depan. Mereka dihukum UEFA karena didakwa terlibat dalam kasus pengaturan skor.

Fenerbahce dan Besiktas tersangkut kasus pengaturan skor dalam pertandingan-pertandingan domestik pada akhir musim 2010/2011. Akibat kasus ini, UEFA menjatuhkan larangan tampil di kompetisi Eropa selama tiga musim kepada Fenerbahce. Tapi, hukuman di musim ketiga ditangguhkan untuk masa percobaan selama lima musim.

Dengan demikian, Fenerbahce dipastikan batal berlaga di Liga Champions musim 2013/2014. Padahal, mereka sebenarnya lolos ke kompetisi tersebut setelah finis kedua di Liga Turki.

Ini bukan kali pertama Fenerbahce dijatuhi larangan tampil di kompetisi Eropa gara-gara kasus pengaturan skor. Sebelumnya, mereka batal berlaga di Liga Champions musim 2011/2012 karena kasus serupa.

Sementara itu, Besiktas dilarang tampil di kompetisi Eropa selama satu musim. Mereka pun tidak jadi berkompetisi di Liga Europa musim depan.

Tapi, hukuman yang dijatuhkan UEFA ini masih bisa berubah. Fenerbahce dan Besiktas diberi kesempatan untuk mengajukan banding.



(mfi/rin)