sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 25 Sep 2014 02:18 WIB

Empat Klub Masuk Daftar Investigasi UEFA Terkait Financial Fair Play

- detikSport
Getty Images Sport/Alex Livesey Getty Images Sport/Alex Livesey
Nyon - Empat tim besar Eropa yakni Liverpool, AS Roma, AS Monaco, dan Inter Milan, masuk dalam daftar investigasi keuangan UEFA atas dugaan pelanggaran Financial Fair Play (FFP).

Keempat tim tersebut sebelumnya absen dari kompetisi Eropa dan kembali ikut serta di musim ini. Liverpool, Roma, dan Monaco di Liga Champions, sementara Inter di Liga Europa.

Keempat tim ini sebelumnya telah menyerahkan akun finansial mereka kepada UEFA dan akan dimintai keterangan lebih lanjut atas kondisi keuangan masing-masing oleh Badan Kontrol Finansial Klub. Ini merupakan bagian dari kebijakan FFP yang diterapkan UEFA.

Sebagaimana dilansir Guardian, belum ada sanksi yang akan diberikan di tahap ini. Meski demikian, ada kemungkinan UEFA memotong jatah hadiah uang dari Liga Champions dan Liga Europa di tahap berikutnya. Tentu setelah UEFA melakukan pembicaraan dan menggali informasi lebih jauh terkait keuangan klub-klub tersebut.

UEFA menyatakan bahwa untuk tiap-tiap musim 2011-2012 dan 2012-2013, klub-klub tak boleh merugi lebih besar dari 35,4 juta poundsterling atau sekitar 691 miliar rupiah. Namun dengan catatan, penggunaan dana untuk pengembangan pemain muda dan biaya stadion diperkenankan untuk tak dicantumkan dalam laporan.

Liverpool, sebagai salah satu klub dalam daftar, mengalami kerugian sebesar 49,8 juta pounds selama musim 2012-2013 dan 40,5 juta pounds lagi di 10 bulan sebelumnya. Namun dari jumlah tersebut, kabarnya sebagian besar dihabiskan untuk biasa stadion yang membuat tim Merseyside itu berharap bisa menghindari hukuman.

UEFA diyakini akan melakukan pengumuman lebih lanjut terkait hal ini pada Kamis (25/9/2014) ini.

(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com