sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 25 Mei 2015 12:45 WIB

Soal Aturan Juara Liga Europa Lolos ke Liga Champions

Doni Wahyudi - detikSport
UEFA
Jakarta -

Dalam upaya meningkatkan daya tarik Liga Europa, UEFA membuat beberapa perubahan regulasi mulai 2014/2015. Yang terbesar dan dianggap paling menggiurkan adalah tiket ke Liga Champions buat sang juara.

Aturan baru soal juara Liga Europa lolos ke Liga Champions di musim selanjutnya mulai diterapkan UEFA di tahun ini. Dalam pernyataan resminya, UEFA mengaku kalau perubahan ini dilakukan supaya membuat kompetisi yang dianggap sebagai kelas 2 itu menjadi lebih menarik.

Aturan baru ini memunculkan kerumitan dalam penentuan klub yang lolos ke Liga Champions dan Liga Europa, termasuk penetapan di babak apa mereka akan memulai turnamen.

Berikut penjelasan dan skenario masuknya klub-klub ke Liga Champions dan Liga Europa, seperti dikutip dari situs resmi UEFA:

Untuk Para Juara

- Juara Liga Champions akan langsung masuk ke fase grup musim selanjutnya, seperti yang sudah terjadi sebelum-sebelumnya.

- Juara Liga Europa akan berlaga di Liga Champions (minimal masuk fase playoff).

- Juara Liga Europa akan masuk ke fase grup Liga Champions andai juara Liga Champions musim sebelumnya lolos langsung ke fase grup melalui mekanisme di negaranya masing-masing.

Satu Negara Lima Klub di Liga Champions

- Setiap negara kini maksimal bisa menyertakan lima klub di Liga Champions (ini adalah penambahan setelah sebelumnya setiap negara maksimal cuma bisa mengirim empat klub ke Liga Champions).

Pengaruhnya Pada Alokasi Negara di Liga Champions/Liga Europa

- Secara teori kini mungkin saja negara yang cuma dapat tiga jatah ke Liga Champions (misalnya: Italia, Portugal, atau Prancis) bisa mengirim lima klub ke kompetisi tersebut. Sementara negara yang cuma dapat dua jatah (misalnya: Belanda, Turki dan Republik Ceko) menambah wakilnya menjadi empat, dan negara yang dapat satu jatah (misalnya: Denmark, Skotlandia, dan Romania) menempatkan tiga klub di Liga Champions.

 - Untuk tiga negara yang berada di ranking teratas UEFA (Spanyol, Inggris dan Jerman - yang dapat empat jatah ke liga Champions): Jika kedua klub dari negara ini bersamaan memenangi Liga Champions dan Liga Europa, dan keduanya finis di luar empat besar maka yang terjadi adalah sebagai berikut:

* Klub yang menjuarai Liga Champions lolos langsung ke fase grup.
* Klub yang memenangi Liga Europa akan masuk ke Liga Champions via playoff.
* Klub yang lolos ke Liga Champions melalui playoff (posisi keempat) kehilangan jatah ke Liga Champions dan ditransfer ke Liga Europa.



(Doni Wahyudi/Rifqi Ardita Widianto)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com