Final di San Siro Kembali Berakhir dengan Adu Penalti

Rossi Finza Noor - Sepakbola
Minggu, 29 Mei 2016 11:07 WIB
Foto: Getty Images/Matthias Hangst
Milan - Sudah empat kali San Siro menjadi tuan rumah final Liga Champions (dulu Piala Champions). Dua yang terakhir berakhir lewat adu penalti.

Empat final itu adalah pada tahun 1965, 1970, 2001, dan yang teranyar pada 2016. Dari empat final itu, hanya satu yang berakhir dalam 90 menit, yakni pada 1965, ketika Inter menang 1-0 atas Benfica. Gol semata wayang La Beneamata waktu itu dicetak oleh Jair da Costa pada menit ke-43.

Pada perhelatan berikutnya, yakni pada 1970, duel harus berlanjut sampai babak tambahan. Kala itu, Feyenoord menang 2-1 atas Celtic FC lewat gol Ove Kindvall pada menit ke-116.

Lama tidak menghelat final Liga Champions, San Siro kembali ditunjuk menjadi tuan rumah pada 2001. Final tahun itu mempertemukan Bayern Munich dan Valencia. Bagi Valencia, itu adalah final kedua mereka dalam dua musim terakhir. Di final sebelumnya, Los Che dikalahkan oleh Real Madrid.

Valencia kembali menelan pil pahit. Pada final 15 tahun lalu itu, mereka dikalahkan Bayern lewat adu penalti.

Valencia sempat unggul lebih dulu lewat penalti Gaizka Mendieta di menit ketiga, sebelum Bayern menyamakan kedudukan --juga via tendangan penalti-- lewat Stefan Effenberg di menit ke-50.

Setelah skor 1-1 tak berubah dalam 120 menit, pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak tos-tosan itu, dua penendang Bayern, yakni Paul Sergio dan Patrik Andersson, gagal. Sedangkan tiga penendang Valencia, yakni Zlatko Zahovic, Amedeo Carboni, dan Mauricio Pellegrino, gagal. Bayern menang 5-4 di babak adu penalti tersebut.

Di final tahun 2016, Minggu (29/5/2016) dini hari WIB, hanya ada satu penendang penalti yang gagal, yakni bek Atletico Madrid, Juanfran. Ia jadi penendang keempat Atletico.

Empat penendang Real Madrid, dan tiga penendang Atletico, sebelum Juanfran semuanya sukses. Gagalnya penalti Juanfran membuat Atletico tetap tertinggal 4-3 dari Madrid di adu penalti itu.

Penendang kelima Madrid, Cristiano Ronaldo, menjalankan tugasnya dengan baik. Ia sukses mencetak gol dan membawa Madrid menang 5-3 di adu penalti. Sebelumnya, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

(roz/nds)