Messi Hat-trick, Barcelona Lumat City 4-0

ADVERTISEMENT

Liga Champions Grup C

Messi Hat-trick, Barcelona Lumat City 4-0

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 20 Okt 2016 03:43 WIB
Foto: Reuters / Albert Gea
Barcelona - Lionel Messi menjadi bintang kemenangan Barcelona saat melumat Manchester City 4-0. Messi mencetak hat-trick, dengan satu gol lain dibuat Neymar.

Dalam partai matchday 3 Liga Champions di Camp Nou, Kamis (20/10/2016) dinihari WIB, Barca membuka kemenangan lewat gol Messi di menit ke-17. Tak ada tambahan gol lagi sampai paruh waktu.

City harus main dengan 10 orang sejak menit ke-53 setelah Claudio Bravo dikartu merah. Messi kemudian menambah sepasang gol di menit ke-61 dan 69, melengkapi hat-trick.

Barca kemudian juga harus main dengan 10 orang akibat dikartumerahnya Jeremy Mathieu. Tapi Barca tetap bisa menambah kemenangan lewat gol Neymar, beberapa saat setelah ia gagal mengeksekusi penalti.

Messi <I>Hat-trick</I>, Barcelona Lumat City 4-0Foto: Action Images via Reuters / John Sibley Livepic

Hasil tersebut membuat Barca masih punya hasil 100% dari tiga pertandingannya sejauh ini, mengoleksi sembilan poin, menjadi satu-satunya tim di Grup C yang belum terkalahkan. Buat City, yang sekarang punya empat poin hasil dari satu kemenangan dan sekali seri, ini merupakan kekalahan pertama di grupnya itu.

Jalannya pertandingan

Kedua tim sudah berusaha saling serang sedari awal. Barca menekan lewat operan operan Neymar usai giringan bolanya di menit ke-2 dan City langsung membalas lewat operan tajam Raheem Sterling ke arah Kevin de Bruyne yang masih bisa dipotong Marc-Andre ter Stegen.

Di menit ke-9 Jordi Alba terlihat mengalami masalah--yang diduga sebagai cedera paha. Masih di awal pertandingan, Barca pun sudah harus melakukan pergantian pertamanya dengan memasukkan Lucas Digne.

Barca memimpin di menit ke-17 lewat gol Messi. Serangan diawali pula oleh penetrasi Messi menyusul ketidaklugasan lini belakang City dalam mengantisipasi bola, juga dimuluskan terpelesetnya Fernandinho di depan gawang sendiri.

Messi Bikin Gol Lagi, Barca Sementara Ungguli City 2-0Foto: Action Images via Reuters / John Sibley Livepic

Setelah itu Barca melancarkan sejumlah tekanan, salah satunya di menit ke-32 melalui Neymar. Tapi penetrasinya masih bisa dihentikan oleh Claudio Bravo yang sudah berlari meninggalkan gawangngya.

Sebuah serangan dilancarkan City di menit ke-37. David Silva menggiring bola mendekati kotak penalti Barca lalu mengopernya ke arah kiri menuju Nolito. Bola lalu disepak Nolito walaupun Ter Stegen masih bisa membloknya.

Semenit setelah itu giliran Ilkay Guendogan mengancam gawang Barca. Setelah giringan bola apik, Guendogan meloloskan diri dari lawan dan masuk ke kotak penalti Barca. Tapi Ter Stegen lagi-lagi belum bisa ditaklukkan.

Menjelang turun minum City mendapat tendangan bebas. Bola dilayangkan ke tiang jauh dan John Stones berhasil menanduk bola dengan jitu, walaupun tidak dengan arahnya.

Segera setelah itu Barca gantian menyerang. Claudio Bravo harus membuat dua penyelamatan berurutan guna mencegah bola masuk ke dalam gawangnya lagi.

City harus bermain dengan 10 pemain usai Claudio Bravo dapat kartu merah di menit ke-53. Kiper City itu meninggalkan areanya untuk berusaha menghalau bola, tapi sepakannya cuma mengirim si kulit bundar ke arah Luis Suarez. Bola lalu dilambungkan Suarez, dengan Bravo melompat dan kemudian menepisnya. Wasit pun langsung meniup peluit dan kemudian mengacungkan kartu merah.

Gol Messi Bikin Barca Ungguli City 1-0 Saat <I>Half Time</I>Foto: Action Images via Reuters / John Sibley Livepic

Willy Cabalero kemudian masuk untuk mengawal gawang City, dengan Nolito harus rela ditarik keluar. Pablo Zabaleta juga meninggalkan lapangan karena cedera, digantikan Gael Clichy.

Keunggulan Barca bertambah di menit ke-61. De Bruyne salah mengoper di lini tengah sehingga bola dikuasai pemain Barca. Andres Iniesta lalu mengoper ke arah Messi, yang dengan jitu menyepaknya ke pojok bawah gawang tanpa bisa dihalau Caballero.

Messi <I>Hat-trick</I>, Barca Sementara Ungguli City 3-0Foto: Action Images via Reuters / John Sibley Livepic

Guendogan melepas umpan terobosan bagus yang dapat dikejar De Bruyne. Penyelesaian akhir De Bruyne membuat bola meluncur ke arah gawang Barca meski Ter Stegen dengan sigap masih bisa mengantisipasi.

Messi melengkapi hat-trick di menit ke-69. Kelengahan Stones dimanfaatkan Suarez di sisi kiri, sebelum mengirim umpan matang ke tengah guna diselesaikan Messi untuk mencetak gol ketiganya di partai ini.

Messi <I>Hat-trick</I>, Barca Sementara Ungguli City 3-0Foto: Reuters / Albert Gea

Peluang City untuk memperkecil ketinggalan didapat lewat tendangan bebas tak lama berselang. Tapi bola sepakan Aleksandar Kolarov masih bisa diantisipasi Ter Stegen.

Giliran Barca yang harus main dengan 10 orang setelah Jeremy Mathieu mendapat kartu kuning kedua di menit ke-74, tak berapa lama setelah mendapatkan kartu kuningnya yang pertama.

Neymar membuang peluang untuk menambah keunggulan Barca. Menerima umpan Ivan Rakitic di tiang jauh, bola hasil sontekannya masih tepat menuju Caballero.

Barca mendapat tendangan penalti di menit ke-86 usai Messi dilanggar Clichy. Neymar maju jadi eksekutor tapi arah bola sepakannya bisa ditebak dengan tepat oleh Caballero.

Neymar membayar lunas kegagalan itu lewat aksinya di menit ke-90. Usai meliuk-liuk di kotak penalti City, Neymar menuntaskannya dengan sepakan yang bikin Caballero kini tak berkutik.

Susunan pemain

Barcelona: Ter Stegen; Pique (Mathieu 39'), Mascherano, Umtiti, Iniesta (Andre Gomes 80'), Rakitic, Busquets, Alba (Digne 10'), Messi, Suarez, Neymar

Manchester City: Bravo; Zabaleta (Clichy 57'), Otamendi, Stones, Kolarov, Fernandinho, Guendogan (Aguero 79'), Silva, Sterling, Nolito (Caballero 57'), De Bruyne


(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT