Juventus Menang, Starting Line-up Pilihan Allegri Terbukti Jitu

Meylan Fredy Ismawan - Sepakbola
Kamis, 04 Mei 2017 07:01 WIB
Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Monaco - Juventus tampil dengan starting line-up yang sedikit berbeda daripada biasanya ketika melawan AS Monaco. Pemain-pemain yang diturunkan oleh pelatih Massimiliano Allegri terbukti tak mengecewakan.





Salah satu gelandang Juventus, Sami Khedira, tak bisa bermain pada laga leg pertama semifinal Liga Champions di Stade Louis II, Kamis (4/5/2017) dinihari WIB. Khedira harus absen karena terkena akumulasi kartu kuning. Posisi Khedira di lini tengah digantikan oleh Claudio Marchisio.

Di posisi sayap kanan, Allegri memilih untuk mencadangkan Juan Cuadrado, kemudian mendorong Dani Alves ke posisi tersebut. Posisi bek kanan yang ditinggalkan Alves diisi oleh bek veteran Andrea Barzagli.

Keputusan Allegri tersebut ternyata sangat tepat. Hadirnya Barzagli membuat lini belakang Juve lebih solid untuk meredam serangan-serangan Monaco yang sangat agresif.

Sementara itu, Alves berjasa besar dalam terciptanya dua gol Juventus pada pertandingan ini. Pemain asal Brasil itu memberi dua assist yang dua-duanya dituntaskan oleh Gonzalo Higuain. Juve pun menang 2-0 dan memperbesar peluangnya untuk lolos ke final.

(Baca juga: Dua Gol Higuain Menangkan Juventus atas Monaco)

"Mempertimbangkan kualitas dan karakteristik Monaco, juga karena absennya Khedira, saya butuh seorang pemain yang akan melakukan tugas dalam hal marking dan bagus dalam duel-duel udara," jelas Allegri di situs resmi Juve terkait pemain-pemain pilihannya.

"Itulah kenapa saya memilih Barzagli, dan dia tampil fantastis. Semua pemain bertahan bekerja dengan sangat baik. Pertandingan-pertandingan seperti inilah yang menunjukkan betapa bagusnya mereka," kata Allegri.

Allegri juga memberikan pujiannya kepada Gianluigi Buffon yang membuat beberapa penyelamatan penting dan Alves yang performanya makin mengilap.

"Ketika pertandingan berjalan sulit, Anda tahu Gigi bisa diandalkan. Dialah yang terbaik di dunia dan ketika ada laga besar, dia selalu siap," ujar Allegri.

"Dani sempat absen karena cedera dan pada awalnya dia harus membiasakan diri dengan sepakbola Italia. Dia sekarang berkontribusi jauh lebih banyak dan dua operan yang dia berikan kepada Higuain malam ini sangat bagus," katanya.


(mfi/rin)