Babak I

Turun Minum, Juventus Unggul 2-0 atas Monaco

Meylan Fredy Ismawan - Sepakbola
Rabu, 10 Mei 2017 02:36 WIB
Foto: Mario Mandzukic menjebol gawang Monaco (Getty Images/Stuart Franklin)
Turin - Juventus menyudahi babak pertama laga melawan AS Monaco di Juventus Stadium, Rabu (10/5/2017) dinihari WIB, dengan keunggulan 2-0. Bianconeri pun untuk sementara unggul agregat 4-0 di semifinal Liga Champions.

Jalannya Pertandingan

Setelah kalah 0-2 di leg pertama, Monaco lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Radamel Falcao menjajal peruntungannya pada menit ketujuh, namun tembakannya dari luar kotak penalti melambung.

Sementara itu, Juventus justru mendapatkan masalah. Sami Khedira mengalami cedera hamstring dan harus digantikan oleh Claudio Marchisio ketika laga belum genap berjalan sepuluh menit.

Dalam 20 menit pertama, pertandingan berjalan dalam tempo lambat dan belum ada peluang-peluang berbahaya yang tercipta. Monaco lebih banyak menguasai bola, tapi Juventus bertahan dengan sangat solid.

Gonzalo Higuain menyia-nyiakan sebuah kesempatan emas pada menit ke-23. Dia langsung berhadapan dengan kiper Monaco, Danijel Subasic, tapi penyelesaiannya mengecewakan. Tembakan chip-nya tak mengarah ke sasaran.

Berselang dua menit, giliran Mario Mandzukic yang mengancam gawang Monaco. Penyerang asal Kroasia itu juga langsung berhadapan dengan Subasic, tapi sontekannya dimentahkan.

Seisi stadion bergemuruh setelah Mandzukic benar-benar menjebol gawang Monaco pada menit ke-33. Dalam sebuah serangan balik cepat yang diawali akselerasi Alex Sandro di sisi kiri, Mandzukic memaksimalkan umpan silang dari Dani Alves. Tandukannya memang digagalkan oleh Subasic, tapi dia menyambar bola muntah untuk membawa Juve unggul 1-0.

Tak berselang lama, Higuain menggetarkan gawang Monaco. Namun, gol ini dianulir oleh wasit karena Higuain berada dalam posisi offside ketika menerima umpan terobosan dari Alves.

Memasuki menit ke-38, Higuain kembali mendapatkan kesempatan. Tembakan kerasnya mengarah ke gawang Monaco, tapi Subasic berada di posisi yang tepat untuk mengantisipasinya.

Sebuah kesalahan di lini pertahanan Monaco menghasilkan peluang emas untuk Paulo Dybala. Tapi, penyelesaian Dybala dihalau oleh Subasic. Sepak pojok untuk Juve.

Diawali sepak pojok itulah, Juventus memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-45. Subasic keluar dari sarangnya untuk meninju bola sepak pojok, tapi dia tak bisa berbuat banyak untuk menghentikan tembakan voli jarak jauh yang dilepaskan oleh Alves.

Tak berselang lama setelah gol Alves tersebut, babak pertama berakhir.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Dani Alves, Pjanic, Khedira (Marchisio 10'), Alex Sandro; Dybala, Mandzukic; Higuain

Monaco: Subasic; Raggi, Jemerson, Glik, Mendy; Bakayoko, Moutinho, Sidibe, Bernardo Silva; Mbappe, Falcao (mfi/nds)