DetikSepakbola
Kamis 24 Agustus 2017, 03:39 WIB

Kalahkan Hoffenheim, Liverpool Lolos ke Fase Grup Liga Champions

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Kalahkan Hoffenheim, Liverpool Lolos ke Fase Grup Liga Champions Liverpool menyingkirkan Hoffenheim di play-off Liga Champions (Phil Noble/Reuters)
Liverpool - Liverpool sukses melewati play-off Liga Champions dan akan tampil di fase grup. The Reds menyisihkan Hoffenheim dengan agregat 6-3 setelah menang 4-2 di leg kedua.

Pada pertandingan leg kedua play-off di Anfield, Kamis (24/8/2017) dinihari WIB, Emre Can menyumbangkan dua gol untuk Liverpool, masing-masing pada menit ke-10 dan 21. Dua gol lain tercatat atas nama Mohamed Salah pada menit ke-18 dan Roberto Firmino pada menit ke-63.

Sementara itu, Hoffenheim mencetak dua gol balasan melalui Mark Uth pada menit ke-28 dan Sandro Wagner pada menit ke-79.

Liverpool tampil luar biasa pada babak pertama. Mereka menggempur Hoffenheim habis-habisan dan unggul tiga gol dalam waktu 21 menit pertama lewat dua gol Can dan satu gol Salah. Tapi, mereka kecolongan satu gol Hoffenheim yang dicetak Uth.

Tim tuan rumah menurunkan intensitas serangan setelah jeda. Namun, mereka masih sanggup mencetak satu gol tambahan melalui Firmino. Sementara gol Wagner pada akhirnya hanya menjadi gol hiburan untuk Hoffenheim.

Berkat kemenangan ini, Liverpool unggul agregat 6-3 karena pada pertemuan pertama di markas Hoffenheim menang 2-1.

Jalannya Pertandingan

Liverpool nyaris memimpin saat laga baru berjalan tiga menit. Sadio Mane mendapatkan umpan terobosan dan langsung berhadapan dengan kiper Oliver Baumann. Namun, penyelesaian Mane mengecewakan dan dimentahkan Baumann.

Tujuh menit kemudian, Liverpool benar-benar unggul lewat gol Can. Umpan matang dari Firmino memungkinkan Mane untuk menusuk ke pertahanan Hoffenheim. Mane berhasil menarik dua bek lawan sehingga Can tak terkawal. Begitu mendapat operan dari Mane, Can tak menyia-nyiakan peluang dan sukses menjebol gawang Hoffenheim lewat tembakan kaki kanannya.

Salah menggandakan keunggulan Liverpool menjadi 2-0 pada menit ke-18. Gol Salah ini berawal dari pergerakan Firmino di sisi kiri. Umpan silang Firmino disambar Georginio Wijnaldum, tapi bola menghantam tiang. Salah berada di posisi yang tepat untuk menuntaskan bola muntah ke dalam gawang.

Liverpool makin menggila dengan mencetak gol ketiga tiga menit kemudian. Can lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Dalam sebuah serangan yang terbangun rapi, tusukan Mane mengalihkan perhatian bek-bek lawan sehingga Firmino bisa dengan leluasa mengirimkan umpan silang. Can yang berdiri bebas di tiang jauh tanpa kesulitan menyontek bola untuk membawa Liverpool unggul 3-0.

Setelah ketinggalan tiga gol, Hoffenheim bereaksi dengan menarik keluar Havard Nordtveit dan memasukkan Uth yang berposisi striker. Keputusan tersebut terbukti tepat karena Uth mampu memperkecil ketertinggalan Hoffenheim pada menit ke-28. Tembakan mendatarnya ke tiang jauh tak bisa dijangkau Simon Mignolet.

Liverpool mendapatkan dua peluang beruntun pada menit ke-36, masing-masing lewat sontekan jarak dekat Firmino dan tembakan Mane dari luar kotak penalti. Namun, dua peluang itu digagalkan oleh Baumann.

Can nyaris mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-42. Tembakannya tak bisa dijangkau Baumann, tapi masih melenceng tipis.

Skor 3-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool masih tampil menyerang, tapi tak segencar di babak pertama. Mereka punya peluang emas pada menit ke-54 lewat Wijnaldum. Tapi, tembakan Wijnaldum malah melambung meski dia tinggal menghadapi Baumann.

Berselang empat menit, giliran Mane yang punya kans. Namun, tembakan kerasnya dari sudut sempit ditepis Baumann.

Liverpool memperbesar keunggulannya menjadi 4-1 lewat gol Firmino pada menit ke-63. Gol ini diawali kesalahan umpan di lini pertahanan Hoffenheim. Bola yang diumpankan kepada kapten Kevin Vogt diserobot oleh Jordan Henderson.

Henderson pun langsung membawa si kulit bundar ke arah gawang. Dia tak egois dan memilih untuk mengoper kepada Firmino. Firmino menuntaskannya dengan sebuah tembakan mendatar untuk merobek gawang mantan klubnya.

Hoffenheim tak menyerah begitu saja meski sudah ketinggalan jauh. Mereka menipiskan ketertinggalan menjadi 2-4 pada menit ke-79 lewat gol Wagner. Sundulan Wagner meneruskan umpan silang Andrej Kramaric bersarang di gawang Liverpool tanpa bisa diantisipasi oleh Mignolet.

Hoffenheim mengontrol permainan di sisa waktu, sementara Liverpool lebih fokus bertahan. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta.

Susunan Pemain
Liverpool: Mignolet; Alexander-Arnold (Gomez 65'), Matip, Lovren, Moreno; Henderson, Can (Milner 70'), Wijnaldum; Mane (Klavan 88'), Salah, Firmino

Hoffenheim: Baumann; Kaderabek (Toljan 64'), Nordveit (Uth 24'), Hubner, Geiger; Vogt; Gnabry (Szalai 56'), Demirbay, Zuber; Kramaric, Wagner



(mfi/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Barca Sudah, Chelsea Kini Fokus ke MU

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 18:51 WIB Chelsea baru saja tampil bagus saat menghadapi Barcelona di Liga Champions. Selanjutnya, The Blues siap menatap laga sulit lainnya melawan Manchester United.
  • Performa Benzema Tak Membuat Zidane Khawatir

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 19:50 WIB Karim Benzema belum rajin membuat gol untuk Real Madrid. Performa striker asal Prancis itu tak membuat Zinedine Zidane merasa resah.
  • Jelang Arsenal vs Ostersunds

    Tentang Jersey Biru Arsenal untuk Menjamu Ostersunds

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 17:32 WIB Arsenal akan menjamu Ostersunds FK di leg kedua babak 32 besar Liga Europa. Menariknya, The Gunners harus mengenakan jersey tandang biru di kandang sendiri.
  • Penyelamatan De Gea dalam Parodi Gambar

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 13:14 WIB Penyelamatan-penyelamatan David De Gea saat Manchester United melawan Sevilla juga muncul dalam parodi gambar. Berikut adalah deretannya.
  • Totti: Salah Masih Bisa Naik Level

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 16:33 WIB Sejauh ini Mohamed Salah sudah memperlihatkan level performa oke. Tapi Francesco Totti, legenda AS Roma, yakin pemain asal Mesir itu masih bisa naik level.
  • Untung Ada De Gea

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 10:59 WIB Manchester United pulang dengan hasil imbang dari lawatan ke Sevilla. The Red Devils diselamatkan David de Gea yang membuat banyak penyelamatan gemilang.
  • Sering Sakit, Oezil Bikin Wenger Khawatir

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 19:12 WIB Mesut Oezil kembali akan absen dari pertandingan Arsenal karena sakit. Manajer Arsenal Arsene Wenger pun mengkhawatirkan kondisi pemainnya itu.
  • Istri Icardi: Dua Klub Besar Meminati Suamiku

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 18:57 WIB Inter Milan harus segera mengikat Mauro Icardi dengan kontrak baru. Pasalnya ada dua klub besar yang tengah membidik Icardi. Siapa saja?
  • Mkhitaryan: Main Bareng Oezil Membuatku Lebih Baik

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 17:42 WIB Henrikh Mkhitaryan menepis anggapan bahwa dirinya tak bisa bermain bersama Mesut Oezil di Arsenal. Pemain Jerman itu disebut membuat Mkhitaryan bisa lebih baik.
  • Barca Pertimbangkan Jual Nama Camp Nou

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 17:31 WIB Barcelona bisa jadi bakal bertambah tebal pundi-pundinya dalam waktu dekat ini. Pasalnya, pihak klub berencana menjual nama stadion ke pihak sponsor.
  • Lagi, Real Madrid Comeback dan Menang

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 11:10 WIB Real Madrid bisa mengalahkan Leganes 3-1 meski sempat tertinggal lebih dulu. Kemenangan itu menjadi momen comeback ketiga Los Blancos dalam sepekan.
  • Persib Asah Kemampuan Penguasaan Bola

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 16:26 WIB Persib Bandung terus menggeber persiapan menghadapi Liga 1. Saat ini, Maung Bandung berfokus meningkatkan penguasaan bola.
  • Jelang Final Piala Liga Inggris

    Arsenal Menanti Tuah Ramsey di Laga Final

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 14:44 WIB Arsenal tentu mengharapkan Aaron Ramsey segera pulih dari cederanya dan bisa tampil di final Piala Liga Inggris. Sebab Ramsey adalah jimat The Gunners.
  • Montella: De Gea Menakjubkan

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 14:04 WIB Pelatih Sevilla Vincenzo Montella sedikit kecewa timnya gagal mencetak gol ke gawang Manchester United. Montella juga memuji performa kiper MU, David de Gea.
  • Cengiz Under yang Tak Lagi Underrated

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 13:10 WIB Nama Cengiz Under memang masih sedikit asing di telinga penggemar sepakbola. Namun winger AS Roma itu perlahan membuktikan kalau ia tak boleh diremehkan.
  • 'De Gea Tanamkan Rasa Takut di Benak Para Striker'

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 12:58 WIB David De Gea kembali menunjukkan performa impresif di bawah mistar gawang Manchester United. Dia itu dinilai sudah menanamkan rasa takut di benak para striker.
  • Kala Ramos dan Bale Berebut Penalti

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 12:13 WIB Kemenangan Real Madrid atas Leganes diwarnai perdebatan antara Sergio Ramos dan Gareth Bale soal eksekusi penalti. Kok bisa?
  • Setelah Kalahkan Leganes, Madrid Jangan Kendur

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 11:43 WIB Casemiro berkontribusi terhadap kemenangan Real Madrid atas Leganes 3-1 dalam lanjutan La Liga. Madrid tinggal melanjutkan kemenangan di laga-laga berikutnya.
  • MU Mandul di Spanyol

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 11:30 WIB Manchester United masih belum bisa meraih hasil bagus saat melakukan lawatan ke Spanyol. The Red Devils masih mandul saat bermain di negeri matador.