DetikSepakbola
Kamis 14 September 2017, 03:57 WIB

Liga Champions Grup F

Napoli Tumbang di Markas Shakhtar

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Napoli Tumbang di Markas Shakhtar Foto: Gleb Garanich/REUTERS
Kharkiv - Napoli memulai kiprah di Liga Champions musim ini dengan kekalahan. Bertandang ke Shakhtar Donetsk, Partenopei takluk 1-2.

Bertandang ke Oblasny SportKomplex Metalist, Kamis (14/9/2017) dinihari WIB, Napoli sudah tertinggal sejak menit ke-15. Kerja sama apik Shakhtar dari sisi kanan dituntaskan dengan baik oleh Taison.

Napoli lebih dominan dalam permainan, tapi banyak peluang yang gagal diselesaikan dengan baik. Sementara Shakhtar terus menebar ancaman dari serangan balik. Di menit ke-58, tuan rumah memperlebar keunggulan lewat sundulan Facundo Ferreyra.

Tertinggal dua gol, skuat besutan Maurizio Sarri pun mencoba meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya adalah hadiah penalti yang sukses dieksekusi Arkadiusz Milik di menit ke-71. Tapi di sisa waktu, Napoli gagal mencetak gol penyama kedudukan.

Dengan hasil ini, Napoli menempati posisi tiga klasemen Grup F dengan belum mengumpulkan poin, sama seperti Feyenoord di posisi empat alias terbawah. Manchester City memimpin dengan nilai tiga berkat kemenangan 4-0 atas Feyenoord, dan Shakhtar di posisi dua.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Shakhtar dan Napoli langsung bertukar ancaman di awal pertandingan. Setelah sepakan Taison di menit keempat melebar, respons Napoli lewat Arkadiusz Milik juga menemui hasil serupa.

Shakhtar sukses memimpin laga di menit ke-15. Umpan Darijo Srna dari kanan disontek Facundo Ferreyra di depan kotak penalti, membuat bola jatuh tepat di hadapan Taison. Taison menyelesaikannya dengan sepakan keras ke pojok kanan bawah gawang Napoli.

Lima menit kemudian, Taison kembali mengancam Napoli. Kali ini Pepe Reina sigap menghalau bola.

Napoli perlahan meningkatkan intensitas serangan. Sundulan Raul Albiol dari situasi sepak pojok masih melambung, sementara percobaan Amadou Diawara melebar ke kiri gawang.

Eksekusi tendangan bebas Insigne di menit ke-34 mudah saja diamankan Andriy Pyatov. Sementara upaya lain dari penyerang Napoli itu jelang babak pertama berakhir, diselamatkan dengan gemilang oleh Pyatov.

Empat menit babak kedua, Napoli mendapatkan peluang dari sundulan Hamsik memanfaatkan umpan silang Callejon. Bola masih melesat tipis di samping gawang.

Shakhtar merespons dengan tembakan Ferreyra di menit ke-56, yang berakhir melebar. Tapi dua menit kemudian, Ferreyra tak menyia-nyiakan peluang lagi.

Dalam situasi serangan balik, Taras Stepanenko di sisi kiri melepaskan umpan lambung ke tiang jauh. Ferreyra melepaskan diri dari pengawalan dan menanduk bola melewati Reina. Tuan rumah memimpin 2-0.

Napoli coba membalas tak lama berselang, hanya saja tendangan Insigne terlampau mudah untuk Pyatov. Sepakan Dries Mertens di menit ke-61 juga bisa diamankan kiper Shakhtar ini.

Usaha Napoli memperkecil ketertinggalan membuahkan hasil di menit ke-70. Mertens dilanggar di kotak penalti oleh Stepanenko dan penalti diberikan. Milik tak membuang kesempatan itu untuk mengubah skor menjadi 1-2.

Napoli terus mengontrol permainan, tapi Shakhtar juga menebar ancaman lewat serangan balik. Sepakan Fred di menit ke-82 bisa diamankan Reina.

Tak lama berselang, sundulan Ferreryra cuma menghantam tiang gawang Napoli. Bola pantulan coba disambar Victor Kovalenko, tapi gagal ditendang dengan sempurna sehingga mudah diamankan reina.

Napoli meresons. Milik mendapatkan bola terobosan dari Insigne dan dalam posisi bebas di dalam kotak penalti. Akan tetapi sepakannya malah melambung.

Peluang serupa tercipta di menit ke-87, kala umpan Diawara menemui Callejon di sisi kanan di dalam kotak penalti. Sepakan first timenya masih tepat mengarah ke kiper.

Skor tak berubah di sisa waktu pertandingan. Shakhtar menang 2-1 atas Napoli.

Susunan pemain:

Shakhtar Donetsk: Pyatov; Srna, Ordets (Khotcholava 92'), Rakitskiy, Ismaily; Stepanenko, Fred; Marlos (Kovalenko 77'), Bernard, Taison; Ferreyra (Dentinho 88')

Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Zielinski (Allan 67'), Diawara, Hamsik (Mertens 60'); Callejon, Milik, Insigne
(raw/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Gaya Nyentrik Neymar di Luar Lapangan

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 16:28 WIB Neymar me;lewati 100 hari masa kerja di Paris Saint Germain (PSG). Bagaimana sih penampilan pemain 25 tahun itu di luar lapangan?
  • Ribuan Bonek Serbu Stadion GBLA

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 14:48 WIB Ribuan Bonek mulai mendatangi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Persebaya bakal berebut tiket final Liga 2 dengan Martapura FC petang ini.
  • Kembalinya Sang Predator

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 14:19 WIB Sempat hilang dua tahun lalu, ternyata dia tak pernah benar-benar mati. Nama legendaris dalam dunia sepakbola itu kini telah kembali: Adidas Predator.
  • 100 Hari Neymar di PSG

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 13:16 WIB Neymar sudah menjadi pemain Paris Saint-Germain selama seratus hari. Dibeli dengan harga mahal dari Barcelona, bagaimana kinerjanya sejauh ini?
  • Para Pemain Bertopeng di Lapangan Hijau

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 09:44 WIB Para pesepakbola seringkali harus memakai aksesori tambahan ketika bertanding. Akibat cedera di wajah atau hidung, mereka pun terpaksa bertopeng di lapangan.
  • Jelang Liverpool vs Chelsea

    Conte Mengeluh soal Jadwal, Ini Komentar Klopp

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 09:28 WIB Manajer Chelsea Antonio Conte beberapa kali mengeluhkan jadwal timnya akhir-akhir ini. Bos Liverpool Juergen Klopp berkomentar soal keluhan Conte itu.
  • Jelang Liverpool vs Chelsea

    Salah Bukan Satu-satunya Ancaman untuk Chelsea

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 08:10 WIB Chelsea menyadari Mohamed Salah akan menjadi ancaman serius untuk mereka. Akan tetapi, The Blues tahu pemain-pemain Liverpool yang lain juga berbahaya.
  • Penjelasan Mourinho soal Absennya Mkhitaryan

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 07:29 WIB Henrikh Mkhitaryan absen dalam beberapa pertandingan terakhir Manchester United. Manajer MU, Jose Mourinho, punya penjelasan soal absennya Mkhitaryan.
  • Hamsik Sudah Siapkan Tempat untuk Tato Scudetto

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 04:16 WIB Marek Hamsik rupanya cukup yakin Napoli bisa menjuarai Serie A musim ini. Dia bahkan sudah menyisakan ruang di tubuhnya untuk tato spesial merayakan scudetto.
  • Klopp Masih Percaya Moreno 100%

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 01:46 WIB Alberto Moreno tampil buruk ketika Liverpool menghadapi Sevilla di Liga Champions. Meskipun demikian, Moreno masih mendapatkan kepercayaan dari Juergen Klopp.
  • Spalletti: Icardi Bisa Saja di Inter Selamanya

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 01:36 WIB Pelatih Inter Milan Luciano Spalletti melihat Mauro Icardi sangat mencintai klub. Spalletti pun yakin Icardi tidak akan berganti klub sampai pensiun.
  • Zidane Sudah Rindu Bale

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 00:48 WIB Zinedine Zidane mengaku kehilangan Gareth Bale yang sudah cukup lama absen karena cedera. Tapi Zidane juga ingin Bale benar-benar pulih sebelum kembali bermain.
  • Messi Terima Sepatu Emas Eropa Keempat

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 23:48 WIB Lionel Messi menerima penghargaan Sepatu Emas Eropa atas prestasinya di musim lalu. Bagi Messi, ini adalah Sepatu Emas Eropa keempat yang dimenanginya.
  • Liga 2

    Persebaya dan Martapura FC Sama-sama Siap Tempur

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 23:33 WIB Persebaya Surabaya akan tampil habis-habisan di babak semifinal Liga 2 melawan Martapura FC. Begitu pula dengan Martapura FC yang juga siap tempur.
  • Evan Dimas Tak Akan Sepelekan Guyana

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 19:40 WIB Evan Dimas menegaskan pertandingan dengan Guyana sangat penting. Salah satunya, untuk mengasah dan meningkatkan mental para pemain menuju Asian Games 2018.
  • Infografis

    The Reds vs The Blues di Kota Pelabuhan

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 19:00 WIB Liverpool akan menjamu Chelsea di Anfield akhir pekan ini. Kota pelabuhan memanas, The Reds atau The Blues yang menang?