sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 19 Okt 2017 04:01 WIB

Liga Champions Grup D

Tertinggal Lebih Dulu, Juventus Tekuk Sporting Lisbon

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Penyerang Juventus Paulo Dybala dikawal oleh bek Sporting Sebastian Coates (Massimo Pinca/Reuters)
Turin - Juventus meraih kemenangan keduanya di fase grup Liga Champions. Tertinggal lebih dulu dari Sporting Lisbon, Bianconeri akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Sporting sempat mengejutkan Juventus pada pertandingan di Allianz Stadium, Kamis (19/10/2017) dinihari WIB. Klub Portugal itu unggul lebih dulu berkat gol bunuh diri Alex Sandro pada menit ke-12.

Juventus baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-29 melalui tendangan bebas Miralem Pjanic. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Juventus berusaha keras untuk mencetak gol kedua. Usaha tim tuan rumah baru membuahkan hasil pada menit ke-84 melalui sundulan Mario Mandzukic. Gol Mandzukic tersebut akhirnya menjadi penentu kemenangan Juve.

Berkat kemenangan ini, Juventus menempati posisi kedua di klasemen Grup D dengan enam poin, di bawah Barcelona yang punya sembilan poin. Sporting di posisi ketiga dengan tiga poin.

[Gambas:Sportradar]

Sebuah gol bunuh diri yang tak biasa terjadi pada menit ke-12. Dalam sebuah serangan balik cepat, Gelson Martins langsung berhadapan dengan Gianluigi Buffon. Tembakan Martins sebenarnya bisa dimentahkan oleh Buffon, tapi bola kemudian mengenai kaki Alex Sandro dan menggelinding ke gawang Juve. Sporting pun unggul 1-0.

Juventus menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-29. Pelanggaran Rodrigo Battaglia terhadap Pjanic berbuah tendangan bebas untuk Juve. Pjanic sendiri yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut dan tembakannya membuat kiper Sporting, Rui Patricio, tak berdaya.

Juventus punya peluang untuk berbalik unggul di menit-menit akhir babak pertama. Tapi, tembakan voli Gonzalo Higuain ke arah tiang dekat ditepis oleh Patricio.

Saat waktu normal tinggal tersisa enam menit, Mandzukic muncul sebagai pahlawan Juve. Striker asal Kroasia itu menyundul bola umpan silang yang dikirimkan oleh Douglas Costa untuk memastikan kemenangan timnya.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Sturaro (Douglas Costa 84), Benatia (Barzagli 46), Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain

Sporting: Rui Patricio; Piccini, Coates, Mathieu, Coentrao (Silva 77); Battaglia, Carvalho; Martins (Palhinha 76), Bruno Fernandes, Acuna; Dost (Doumbia 87)



(mfi/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com