DetikSepakbola
Jumat 20 Oktober 2017, 01:56 WIB

Liga Europa

Giroud Menangkan Arsenal atas Red Star Belgrade

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Giroud Menangkan Arsenal atas Red Star Belgrade Foto: Matthew Childs/Action Images via Reuters
Belgrade - Arsenal membawa pulang angka penuh dari lawatannya ke Serbia. Bertandang ke markas Red Star Belgrade, Arsenal menang 1-0, berkat gol Olivier Giroud.

Melakoni laga Grup H di Stadion Rajko Mitic, Jumat (20/10/2017) dinihari WIB, Arsenal menurunkan tim lapis. Banyak peluang tercipta dari kedua tim, namun skor 'kacamata' bertahan sampai lebih dari 80 menit.

[Gambas:Video 20detik]


Kartu merah yang diterima bek Red Star, Milan Rodic, dimaksimalkan Arsenal. The Gunners memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menciptakan gol kemenangan dari Giroud di menit 85.

Hasil ini memantapkan posisi Arsenal di puncak klasemen sementara grup usai mengantongi 9 poin hasil tiga pertandingan. Red Star turun di peringkat ketiga dengan raihan empat poin, sama dengan BATE Borisov di atasnya.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Kemelut di depan gawang Red Star membuahkan gol untuk Arsenal di menit 15. Dari tendangan bebas, Red Star gagal mengamankan bola sehingga Rob Holding bisa melakukan tembakan. Bola yang diblok mengarah kepada Theo Walcott, tapi sepakannya bisa dimentahkan kiper Milan Borjan.

Arsenal masih terus mendominasi penguasaan bola. Red Star nyaris membuka keunggulan di menit 26. Diawali dari sepak pojok, bola ditanduk Richmond Boakye dan membentur mistar gawang.

Serangan Red Star kembali merepotkan Arsenal. Di menit 31, Petr Cech mesti melakukan penyelamatan gemilang untuk memblok sepakan Nemanja Radonjic dari dalam kotak penalti. Arsenal bisa bernapas lega.

Menjelang turun minum, Reiss Nelson berakselerasi dengan melewati dua atau tiga pemain Red Star. Nelson melepaskan umpan kepada Jack Wilshere di sisi kirinya, namun buru-buru diintersepsi karena terlalu lama memegang bola.

Arsenal melewatkan peluang emas. Di menit 48, Joseph Willock tak melakukan penyelesaian, malah mengoper kepada Walcott. Walcott mengirim umpan yang menemui Olivier Giroud, tapi penyelesaiannya terlalu lemah.

Semenit kemudian, Arsenal kembali menekan. Sepakan Nelson dari sisi kanan membuat Borjan jatuh-bangun melakukan penyelamatan.

Kesalahan Mohamed Elneny nyaris berakibat fatal. Di menit 54, bola yang bermaksud diamankan Elneny, jatuh di kaki Radonjic untuk diteruskan dengan sepakan kencang dari dalam kotak. Beruntung Cech masih sigap menangkisnya.

Memasuki 20 menit terakhir, tempo pertandingan menurun. Di menit 77, umpan Giroud kepada Wilshere gagal membuahkan hasil dan tiga menit kemudian Red Star mesti main dengan 10 orang usai Milan Rodic menerima kartu kuning kedua (kartu merah) akibat melanggaran Francis Coquelin.

Setelah lebih dari 80 menit, kebuantuan akhirnya terpecah. Arsenal berhasil membobol gawang Red Star di menit 85, berkat gol cantik Giroud. Kerjasama Wilshere dan Walcott diakhiri Giroud dengan tembakan membelakangi gawang untuk menyarangkan bola ke sudut atas jala.


Susunan Pemain

RED STAR BELGRADE: Borjan, Stojkovic, Savic (Babic 66'), Le Tallec, Rodic, Srnic (Gobeljic 83'), Kanga, Donald, Krsticic, Radinjic, Boakye (Pesic 80')

ARSENAL: Cech, Debuchy, El Neny, Holding, Nelson, Coquelin (Sheaf 90'), Willock (McGuane 89'), Maitland-Niles, Walcott, Wilshere, Giroud
(rin/cas)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed