DetikSepakbola
Rabu 22 November 2017, 04:55 WIB

Liga Champions Grup E

Buang Keunggulan Tiga Gol, Liverpool Diimbangi Sevilla 3-3

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Buang Keunggulan Tiga Gol, Liverpool Diimbangi Sevilla 3-3 Sempat unggul 3-0, Liverpool harus puas diimbangi Sevilla 3-3 (Foto: Matthew Childs/Action Images via Reuters)
Sevilla - Liverpool menyia-nyiakan peluang emas untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sempat unggul tiga gol, Liverpool kemudian justru diimbangi Sevilla 3-3.

Liverpool mengawali pertandingan matchday 5 Liga Champions di Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (22/11/2017) dini hari WIB, dengan mantap. Tim tamu seperti akan meraih kemenangan mudah usai unggul 3-0 di babak pertama.

Laga baru berjalan dua menit, Liverpool sudah unggul lewat Roberto Firmino. Sadio Mane kemudian menggandakan keunggulan Liverpool di menit ke-22 lewat skema gol yang hampir sama.

Firmino sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-30. Skor 3-0 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum.

Tapi Sevilla bangkit di babak kedua. Dua gol dari Wissam Ben Yedder mengawali comeback Sevilla. Gol dari Guido Pizarro di penghujung masa injury time kemudian memastikan hasil seri di laga ini.

Dengan hasil ini, persaingan di Grup E semakin ketat. Tiga tim yakni Liverpool (9 poin), Sevilla (8 poin), dan Spartak Moskow (6 poin) masih punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung melancarkan tekanan sejak awal. Memasuki menit kedua, serangan yang mereka bangun dari sisi kanan menghasilkan tendangan sudut.

Dari sepak pojok tersebut, bola dibelokkan oleh Georginio Wijnaldum dengan sundulan dan mengarah ke Roberto Firmino yang ada di tiang jauh. Luput dari kawalan pemain belakang Sevilla, Firmino muncul dan langsung menyambar bola untuk menjebol gawang Sevilla.

Setelah kebobolan, Sevilla terus berupaya menekan Liverpool. Nolito mengoper bola kepada Escudero yang ada di sisi kiri. Escudero melepaskan tembakan, tapi hanya mengenai sisi luar jaring gawang.

Peluang lagi didapat Sevilla. Ben Yedder merebut bola dari Henderson dan mengirim umpan terobosan kepada Nolito. Setelah mengecoh Joe Gomez, Nolito melepaskan tembakan yang ditepis oleh Loris Karius dan kemudian membentur tiang gawang.

Liverpool kembali menebar ancaman lewat kecepatan Firmino yang menerima bola dari Henderson. Firmino langsung menggiring bola menuju kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Sergio Rico. Tapi tendangannya bisa ditepis Rico dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dari tendangan sudut tersebut, Liverpool kembali menjebol gawang Sevilla di menit ke-22. Dengan proses yang hampir sama, Liverpool menggandakan keunggulannya.

Kali ini giliran Firmino yang membelokkan tendangan sudut Philippe Coutinho dengan kepalanya. Di tiang jauh, Sadio Mane muncul dari belakang untuk menaklukkan Rico.

Di menit ke-30, serangan balik yang dilakukan Liverpool kembali mengancam gawang Sevilla. Dengan cepat, Mane yang ada di sisi kiri menggiring bola masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan.

Tembakan Mane mampu ditepis oleh Rico. Sial bagi Sevilla, bola muntah mengarah tepat ke Firmino yang berdiri bebas di depan gawang. Tanpa kesulitan, pemain asal Brasil itu menceploskan bola ke gawang yang terbuka lebar.

Unggul tiga gol tak membuat Liverpool mengendurkan serangan. Di menit ke-40, giliran Mohamed Salah yang menebar ancaman untuk gawang Sevilla. Tapi tendangan Salah usai menerima bola terobosan dari Coutinho masih bisa dihalau oleh Rico dengan kakinya.

Memasuki babak kedua, Sevilla langsung melancarkan tekanan. Tim tuan rumah kemudian mendapatkan tendangan bebas dari sisi kanan di menit ke-50.

Ever Banega yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut mengirim bola ke kotak penalti. Bola disundul Wissam Ben Yedder dan mengarah ke tiang jauh tanpa bisa diantisipasi oleh Karius.

Gol tersebut menyuntikkan kepercayaan diri untuk Sevilla. Di menit ke-60, Sevilla mendapat hadiah pelanti. Alberto Moreno yang kehilangan kontrol bola kemudian justru menjatuhkan Ben Yedder di kotak penalti.

Eksekusi Ben Yedder sempat harus diulang. Di kesempatan kedua, Ben Yedder berhasil mengecoh Karius untuk membawa Sevilla menipiskan skor menjadi 2-3.

Kebobolan dua gol, Juergen Klopp langsung melakukan dua pergantian pemain. Moreno yang tampil buruk ditarik keluar dan digantikan oleh James Milner. Coutinho juga digantikan oleh Emre Can.

Liverpool perlahan mampu keluar dari tekanan. Tembakan pertama Liverpool di babak kedua dilepaskan oleh Salah, tapi bola membentur Geis dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Mane dapat peluang bagus untuk kembali melebarkan keunggulan Liverpool. Tapi sepakan Mane usai menerima bola dari Henderson justru melambung di atas mistar gawang.

Sevilla melengkapi comeback-nya di masa injury time. Berawal dari sepak pojok yang dihalau para pemain Liverpool, bola jatuh tepat di kaki Guido Pizarro. Dia langsung melepaskan tembakan ke gawang untuk membuyarkan kemenangan Liverpool.

Tak lama kemudian, wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Sevilla: Rico, Mercado, Geis, Lenglet, Escudero, Pizzaro, N'Zonzi (Vazquez 46'), Banega, Sarabia, Nolito (Muriel 73'), Ben Yedder (Correa 81')

Liverpool: Karius, Gomez, Klavan, Lovren, Moreno (Milner 63'), Wijnaldum, Henderson, Coutinho (Can 63'), Mane, Salah (Oxlade-Chamberlain 87'), Firmino


(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed