DetikSepakbola
Rabu 22 November 2017, 04:55 WIB

Liga Champions Grup E

Buang Keunggulan Tiga Gol, Liverpool Diimbangi Sevilla 3-3

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Buang Keunggulan Tiga Gol, Liverpool Diimbangi Sevilla 3-3 Sempat unggul 3-0, Liverpool harus puas diimbangi Sevilla 3-3 (Foto: Matthew Childs/Action Images via Reuters)
Sevilla - Liverpool menyia-nyiakan peluang emas untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sempat unggul tiga gol, Liverpool kemudian justru diimbangi Sevilla 3-3.

Liverpool mengawali pertandingan matchday 5 Liga Champions di Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (22/11/2017) dini hari WIB, dengan mantap. Tim tamu seperti akan meraih kemenangan mudah usai unggul 3-0 di babak pertama.

Laga baru berjalan dua menit, Liverpool sudah unggul lewat Roberto Firmino. Sadio Mane kemudian menggandakan keunggulan Liverpool di menit ke-22 lewat skema gol yang hampir sama.

Firmino sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-30. Skor 3-0 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum.

Tapi Sevilla bangkit di babak kedua. Dua gol dari Wissam Ben Yedder mengawali comeback Sevilla. Gol dari Guido Pizarro di penghujung masa injury time kemudian memastikan hasil seri di laga ini.

Dengan hasil ini, persaingan di Grup E semakin ketat. Tiga tim yakni Liverpool (9 poin), Sevilla (8 poin), dan Spartak Moskow (6 poin) masih punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung melancarkan tekanan sejak awal. Memasuki menit kedua, serangan yang mereka bangun dari sisi kanan menghasilkan tendangan sudut.

Dari sepak pojok tersebut, bola dibelokkan oleh Georginio Wijnaldum dengan sundulan dan mengarah ke Roberto Firmino yang ada di tiang jauh. Luput dari kawalan pemain belakang Sevilla, Firmino muncul dan langsung menyambar bola untuk menjebol gawang Sevilla.

Setelah kebobolan, Sevilla terus berupaya menekan Liverpool. Nolito mengoper bola kepada Escudero yang ada di sisi kiri. Escudero melepaskan tembakan, tapi hanya mengenai sisi luar jaring gawang.

Peluang lagi didapat Sevilla. Ben Yedder merebut bola dari Henderson dan mengirim umpan terobosan kepada Nolito. Setelah mengecoh Joe Gomez, Nolito melepaskan tembakan yang ditepis oleh Loris Karius dan kemudian membentur tiang gawang.

Liverpool kembali menebar ancaman lewat kecepatan Firmino yang menerima bola dari Henderson. Firmino langsung menggiring bola menuju kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Sergio Rico. Tapi tendangannya bisa ditepis Rico dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dari tendangan sudut tersebut, Liverpool kembali menjebol gawang Sevilla di menit ke-22. Dengan proses yang hampir sama, Liverpool menggandakan keunggulannya.

Kali ini giliran Firmino yang membelokkan tendangan sudut Philippe Coutinho dengan kepalanya. Di tiang jauh, Sadio Mane muncul dari belakang untuk menaklukkan Rico.

Di menit ke-30, serangan balik yang dilakukan Liverpool kembali mengancam gawang Sevilla. Dengan cepat, Mane yang ada di sisi kiri menggiring bola masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan.

Tembakan Mane mampu ditepis oleh Rico. Sial bagi Sevilla, bola muntah mengarah tepat ke Firmino yang berdiri bebas di depan gawang. Tanpa kesulitan, pemain asal Brasil itu menceploskan bola ke gawang yang terbuka lebar.

Unggul tiga gol tak membuat Liverpool mengendurkan serangan. Di menit ke-40, giliran Mohamed Salah yang menebar ancaman untuk gawang Sevilla. Tapi tendangan Salah usai menerima bola terobosan dari Coutinho masih bisa dihalau oleh Rico dengan kakinya.

Memasuki babak kedua, Sevilla langsung melancarkan tekanan. Tim tuan rumah kemudian mendapatkan tendangan bebas dari sisi kanan di menit ke-50.

Ever Banega yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut mengirim bola ke kotak penalti. Bola disundul Wissam Ben Yedder dan mengarah ke tiang jauh tanpa bisa diantisipasi oleh Karius.

Gol tersebut menyuntikkan kepercayaan diri untuk Sevilla. Di menit ke-60, Sevilla mendapat hadiah pelanti. Alberto Moreno yang kehilangan kontrol bola kemudian justru menjatuhkan Ben Yedder di kotak penalti.

Eksekusi Ben Yedder sempat harus diulang. Di kesempatan kedua, Ben Yedder berhasil mengecoh Karius untuk membawa Sevilla menipiskan skor menjadi 2-3.

Kebobolan dua gol, Juergen Klopp langsung melakukan dua pergantian pemain. Moreno yang tampil buruk ditarik keluar dan digantikan oleh James Milner. Coutinho juga digantikan oleh Emre Can.

Liverpool perlahan mampu keluar dari tekanan. Tembakan pertama Liverpool di babak kedua dilepaskan oleh Salah, tapi bola membentur Geis dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Mane dapat peluang bagus untuk kembali melebarkan keunggulan Liverpool. Tapi sepakan Mane usai menerima bola dari Henderson justru melambung di atas mistar gawang.

Sevilla melengkapi comeback-nya di masa injury time. Berawal dari sepak pojok yang dihalau para pemain Liverpool, bola jatuh tepat di kaki Guido Pizarro. Dia langsung melepaskan tembakan ke gawang untuk membuyarkan kemenangan Liverpool.

Tak lama kemudian, wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Sevilla: Rico, Mercado, Geis, Lenglet, Escudero, Pizzaro, N'Zonzi (Vazquez 46'), Banega, Sarabia, Nolito (Muriel 73'), Ben Yedder (Correa 81')

Liverpool: Karius, Gomez, Klavan, Lovren, Moreno (Milner 63'), Wijnaldum, Henderson, Coutinho (Can 63'), Mane, Salah (Oxlade-Chamberlain 87'), Firmino


(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Luis Suarez Masih Puasa Gol di Liga Champions

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 12:08 WIB Penyerang Barcelona, Luis Suarez, masih mandul di Liga Champions. Dia mengalami puasa gol paling lama di kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa.
  • Chelsea Perlu Lebih Efisien di Camp Nou

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 12:09 WIB Chelsea punya sejumlah peluang bagus yang gagal menjadi gol saat menjamu Barcelona. Di Camp Nou, The Blues sadar wajib bermain lebih efisien lagi.
  • Berlanjutnya Rentetan Kemenangan Bayern

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 11:53 WIB Pesta gol ke gawang Besiktas di partai Liga Champions dini hari tadi turut menandai berlanjutnya rentetan kemenangan Bayern Munich, menyamai rekor internalnya.
  • Cedera James Warnai Kemenangan Bayern

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 11:39 WIB Kemenangan telak atas Besiktas menyisakan kabar kurang menyenangkan untuk Bayern Munich. James Rodriguez mengalami cedera dalam pertandingan itu.
  • 10 Wonderkid Bintang Lima

    Sepakbola | Selasa 20 Februari 2018, 12:15 WIB Usai pengamatan 2 tahun, CIES Football Observatory mengumumkan 10 wonderkid persepakbolaan Eropa yang potensinya dianggap layak dapat bintang lima. Siapa saja?
  • Barcelona yang Berhati-hati di Stamford Bridge

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 11:16 WIB Barcelona kesulitan saat bertandang ke Chelsea, meski akhirnya bisa mencetak gol. Ernesto Valverde mengaku memang tak mau terpancing menyerang habis-habisan.
  • Kisah Sedih Lionel Messi Menghadapi Chelsea

    Sepakbola | Selasa 20 Februari 2018, 09:37 WIB Pertandingan-pertandingan menghadapi Chelsea lebih banyak menyisakan kesedihan untuk Lionel Messi. Sudah sulit menang, Messi pun tak mampu bikin gol.
  • Willian Si Sniper Milik Chelsea

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 10:45 WIB Willian tampil menonjol saat Chelsea vs Barcelona di lanjutan Liga Champions. Mengancam dengan tembakan jarak jauh, layaknya Willian si sniper milik Chelsea.
  • Suarez: Hasil yang Menguntungkan Barca

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 10:34 WIB Luis Suarez senang dengan skor akhir leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Chelsea. Hasil itu disebutnya akan menguntungkan Barca di leg kedua.
  • Conte Bela Christensen

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 10:20 WIB Kans Chelsea menaklukkan Barcelona buyar karena sebuah kesalahan dari Andreas Christensen. Tapi Antonio Conte menyebut beknya itu sudah tampil luar biasa.
  • Akhirnya, Messi

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 09:17 WIB Lionel Messi harus menunggu 9 pertandingan untuk bisa menjebol gawang Chelsea. Golnya perdananya ke gawang The Blues menghindarkan Barcelona dari kekalahan.
  • 20detik

    Video Gol Pertama Messi ke Gawang Chelsea

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 08:53 WIB Lionel Messi akhirnya berhasil mencetak gol pertamanya ke gawang Chelsea saat menghindarkan Barcelona dari kekalahan.
  • Valverde: Gol Tandang Tak Jamin Kelolosan Barca

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 09:11 WIB Barcelona memperoleh keuntungan usai seri di kandang Chelsea 1-1. Ernesto Valverde berpendapat, gol tandang itu penting meski tak menjamin kelolosan Barca.
  • Willian Optimistis Tatap Laga di Camp Nou

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 07:48 WIB Chelsea baru saja ditahan imbang Barcelona 1-1 di Stamford Bridge, Rabu (21/2/2018) dinihari WIB. Tapi, Willian masih optimistis menatap leg kedua.
  • Messi Akhirnya Berhasil Bobol Gawang Chelsea

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 07:08 WIB Lionel Messi menghindarkan Barcelona dari kekalahan di kandang Chelsea. Superstar Argentina itu pun turut membuktikan bahwa Chelsea bukan lagi momok bagi dia.
  • Bayern Terbantu Kartu Merah

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 05:43 WIB Kemenangan telak yang diraih Bayern Munich atas Besiktas dipengaruhi oleh kartu merah untuk tim tamu. Namun, performa Bayern di babak pertama kurang memuaskan.
  • Satu Kesalahan yang Mengacaukan Rencana Chelsea

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 05:36 WIB Chelsea dinilai bermain nyaris sempurna ketika berhadapan dengan Barcelona. Tapi, The Blues harus membayar mahal satu kesalahan yang mereka buat.
  • Besiktas Tak Tertarik Fellaini

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 05:09 WIB Gelandang Manchester United Marouane Fellaini kencang kaitkan dengan kepindahan ke Turki, termasuk Besiktas. Namun, Besiktas menepis kabar tersebut.
  • Liga Champions

    Chelsea vs Barcelona Berakhir Imbang 1-1

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 04:47 WIB Tak ada pemenang pada laga Chelsea versus Barcelona di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Kedua tim harus menerima hasil imbang 1-1.
  • Liga Champions

    Bayern Gasak Besiktas 5-0

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 04:41 WIB Bayern Munich berhasil menempatkan satu kakinya di perempatfinal. Bayern berhasil memetik kemenangan 5-0 atas Besiktas di laga leg I babak 16 besar.
  • Babak I

    Mueller Bawa Bayern Ungguli 10 Pemain Besiktas

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 03:38 WIB Bayern Munich untuk sementara memimpin 1-0 atas Besiktas di babak pertama. Penyerang Bayern Thomas Mueller membuka keunggulan Bayern di menit-menit akhir.
  • Babak I

    Chelsea vs Barcelona Masih Tanpa Gol

    Sepakbola | Rabu 21 Februari 2018, 03:34 WIB Laga Chelsea versus Barcelona di Stamford Bridge berjalan menarik di babak pertama. Akan tetapi, hingga turun minum, belum ada gol yang lahir.