DetikSepakbola
Rabu 22 November 2017, 17:38 WIB

Jelang Juventus Vs Barcelona

Inkonsistensi Juventus vs Dominasi Barcelona

Yanu Arifin - detikSport
Inkonsistensi Juventus vs Dominasi Barcelona Foto: Alex Caparros/Getty Images
Turin - Juventus gantian menjamu Barcelona di matchday 5 Liga Champions dini hari nanti. Juve yang sedang inkonsisten harus menghadapi Barca yang sedang oke-okenya.

Pertandingan akan digelar di Juventus Stadium, Kamis (23/11/2017) dini hari WIB. Barca cukup dapat hasil imbang jika ingin lolos ke babak 16 besar, sementara Juve harus menang dan berharap Sporting terpeleset.

Di pertemuan pertama (13/9), Juve dibungkam Barca 0-3 lewat dua gol Lionel Messi dan satu dari Ivan Rakitic. Kini kedua tim kembali bersua dengan kondisi berbeda.

Di Serie A, Juve sedang tertinggal dari Napoli di klasemen. Bianconeri duduk di peringkat tiga dengan poin 31, di bawah Internazionale (33) dan Napoli (35).

Dua kekalahan sudah didapat Juve di liga musim ini. Terakhir mereka ditekuk Sampdoria 2-3 pada Minggu (19/11). Jika ditotal, Juve sudah lima kali gagal menang dari 17 pertandingan musim ini (12 kemenangan, 2 seri, 3 kalah).

Sementara Barca, lawan Juve dini hari nanti, justru sedang oke-okenya. Blaugrana menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan di Eropa sejauh ini.

Laju oke itu membuat Barca memuncaki klasemen La Liga dengan raihan 34 poin (11 kemenangan dan sekali imbang). Mereka bahkan unggul 10 poin dari rival abadinya, Real Madrid, yang duduk di peringkat tiga.

Pun di Liga Champions, tim besutan Ernesto Valverde itu juga belum terkalahkan di fase Grup . Mereka mengemas tiga kemenangan dan cuma sekali imbang ketika ditahan Olympiakos tanpa gol matchday keempat.

Fakta musim lalu Barca tumbang 0-3 saat menghadapi Juve di Juventus Stadium, bisa ditepikan sejenak. Apalagi motivasi sebagian besar pemain Juve asal Italia sedang anjlok menyusul kegagalannya lolos ke Piala Dunia.

"Kami kalah di dua pertandingan di Serie A (melawan Lazio dan Sampdoria) dan coba menganalisis bagian pertama musim ini. Kami perlu memperbaiki pergerakan defensif kami karena sudah kebobolan terlalu banyak gol," tutur pelatih Juve Massimiliano Allegri seperti dikutip dari ESPN.

Sejauh ini, kedua tim sudah bersua delapan kali sejak 2003. Juve baru dua kali menang, sementara Barca tiga kali, dengan sisanya berakhir imbang.

Kemenangan terakhir Juve atas Barca diraih di leg pertama perempatfinal musim lalu, dengan menang 3-0. Bianconeri sukses melaju ke semifinal menghadapi AS Monaco dan lanjut ke final, namun tumbang di tangan Real Madrid.

Di tengah kondisi sulit Juve di liga, plus motivasi sejumlah pilar asal Italia yang sedang down menyusul gagal tampil di Piala Dunia, laga berat bakal dilakoni tuan rumah dini hari nanti.
(yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed