DetikSepakbola
Kamis 23 November 2017, 04:44 WIB

Liga Champions Grup C

Kalahkan Roma, Atletico Buka Peluang Lolos

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Kalahkan Roma, Atletico Buka Peluang Lolos Gol tendangan salto Antoine Griezmann membantu Atletico Madrid mengalahkan AS Roma (Foto: Sergio Perez/Reuters)
Madrid - Atletico Madrid menghidupkan asa untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Atletico menang 2-0 atas AS Roma berkat gol Antoine Griezmann dan Kevin Gameiro.

Laga matchday 5 di Wanda Metropolitano, Kamis (23/11/2017) dini hari WIB, amat krusial untuk Atletico. Mereka wajib menang jika ingin membuka peluang lolos. Sementara Roma hanya butuh hasil seri untuk melangkah ke babak 16 besar.

Meski penguasaan bola relatif berimbang, tapi Atletico tampil lebih agresif. Sementara itu, Roma kesulitan untuk menciptakan peluang.

Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, Atletico membuka keunggulan di menit ke-69 lewat sebuah tendangan salto dari Griezmann. Kian percaya diri, Atletico kemudian menggandakan keunggulan lewat sepakan Gameiro di menit ke-85.

Roma sendiri harus mengakhiri laga dengan 10 pemain. Bruno Peres mendapat kartu merah usai menerima kartu kuning kedua karena melanggar Filipe Luis di menit ke-83.

Berkat kemenangan ini, Atletico kini mengumpulkan enam poin dan masih menempati peringkat ketiga klasemen Grup C. Sementara itu, Roma ada di posisi kedua dengan delapan poin.

Kemenangan ini juga membuka peluang lolos untuk Atletico. Syaratnya, Atletico harus menang atas Chelsea di laga terakhir dan di saat bersamaan Roma kalah dari Qarabag. Sementara itu, Roma akan lolos jika menang atas Qarabag atau Atletico gagal mengalahkan Chelsea untuk menyegel satu tempat di babak 16 besar. Satu tiket ke babak 16 besar dari Grup C sudah direbut oleh Chelsea.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan cukup terbuka sejak menit-menit awal. Kedua tim bermain dalam tempo cepat.

Atletico yang butuh kemenangan mencoba untuk terus menekan. Koke memaksa Alisson melakukan penyelamatan pertama di laga ini di menit ke-22. Menyambut umpan Filipe Luis, Koke menyundul bola. Tapi tandukannya terlalu lemah dan bola bisa diamankan Alisson.

Peluang bagus didapat Atletico dua menit kemudian. Yannick Carrasco menebar ancaman dengan melepaskan umpan ke depan gawang Roma. Sial bagi Atletico, baik Koke maupun Antoine Griezmann tak mampu menjangkaunya.

Meski tak kalah dalam penguasaan bola, Roma tak benar-benar mengancam di sepertiga akhir lapangan. Di sisi lain, Atletico terus melanjutkan tekanannya.

Augusto Fernandez sempat menjebol gawang Roma di menit ke-41 setelah tendangannya dari luar kotak penalti berbelok dan tak mampu dijangkau Alisson. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena Augusto Fernandez melakukan handball.

Atletico melanjutkan tekanannya di babak kedua. Carrasco mendapat peluang bagus setelah menerima bola di sisi kanan dan masuk ke kotak penalti Roma. Carrasco mendapat ruang tembak usai melewati dua bek Roma. Tapi tembakannya diblok oleh Manolas.

Untuk menambah daya gedor, Atletico menarik keluar Augusto Fernandez dan memasukkan Angel Correa. Atletico melanjutkan tekanannya, tapi tendangan Carrasco masih bisa diblok dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Radja Nainggolan nyaris mencetak gol di menit ke-64. Melihat Jan Oblak ada di tiang jauh, Nainggolan yang ada di sisi kanan langsung melepaskan tembakan ke arah gawang. Sial bagi Nainggolan, tendangannya masih membentur tiang gawang.

Tekanan yang dilancarkan Atletico akhirnya membuahkan hasil di menit ke-69. Correa dari sudut sempit melepaskan umpan tarik yang dituntaskan Griezmann dengan sebuah tendangan salto.

Gol tersebut membuat Atletico kian percaya diri. Sementara itu, Roma harus mengakhiri laga dengan 10 orang menyusul kartu merah untuk Bruno Peres di menit ke-83. Bek Roma itu mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Filipe Luis.

Atletico kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-85. Kali ini giliran Gameiro yang mencatatkan namanya di papan skor dengan melepaskan tembakan dari sudut sempit.

Sampai pertandingan usai, skor 2-0 untuk Atletico tetap bertahan.

Susunan Pemain

Atletico: Oblak; Thomas, Gimenez, Lucas, Filipe Luis; Saul, Augusto (Correa 58'), Koke (Gabi 63'), Carrasco (Gameiro 67'); Torres, Griezmann

Roma: Alisson; Bruno Peres, Manolas, Fazio, Kolarov; Pellegrini (Strootman 62'), Gonalons (El Shaarawy 78'), Nainggolan; Gerson (Defrel 70'), Dzeko, Perotti


(nds/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Klopp Sulit Mengistirahatkan Salah

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 17:08 WIB Mohamed Salah selalu tampil di setiap pekan Premier League musim ini. Meski berisiko, mengistirahatkan Salah sulit dilakukan manajer Liverpool Juegen Klopp.
  • Foto: Trofi-trofi Madrid di Tahun 2017

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 12:09 WIB Piala Dunia Antarklub menambah koleksi trofi yang direngkuh Real Madrid di tahun kalender 2017. Ada lima piala yang diraih Madrid sepanjang tahun ini.
  • Benteke Bikin Gol Lagi Setelah Seribu Menit Lebih

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 13:55 WIB Kemenangan Crystal Palace atas Leicester City bermakna istimewa buat Christian Benteke. Di laga ini ia mampu bikin gol lagi setelah puasa seribu menit lebih.
  • Tottenham Korban Terakhir Keganasan City

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 08:30 WIB Manchester City belum juga terkalahkan di Premier League musim ini. Tottenham Hotspur baru saja merasakan keganasan City lewat kekalahan dengan skor 1-4.
  • Guardiola Kian Dekat ke Rekor Pribadi

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 10:45 WIB Keberhasilan Manchester City memperpanjang rentetan kemenangan sekaligus kian mendekatkan Pep Guardiola, manajernya, ke sebuah rekor pribadinya.
  • Mau Terus Pakai Empat Bek, Wenger?

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 06:39 WIB Arsenal mencatatkan dua clean sheet setelah kembali ke format empat bek. Manajer Arsene Wenger tak menutup kemungkinan untuk memasang empat bek lagi.
  • Icardi: Cepatlah Bangkit, Inter

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:59 WIB Laju Inter Milan tanpa kekalahan musim ini dihentikan Udinese. Mauro Icardi berharap Nerazzurri segera bangkit dari kekecewaan.
  • Ronaldo Belum Habis

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 07:02 WIB Cristiano Ronaldo baru saja mengantarkan Real Madrid memenangi Piala Dunia Antarklub 2017. CR7 seakan menegaskan bahwa dirinya belum habis.
  • Hamsik Samai Rekor Gol Maradona

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:19 WIB Sebuah pencapaian istimewa diukir gelandang sekaligus kapten Napoli Marek Hamsik. Hamsik berhasil menyamai rekor gol legenda Napoli, Diego Maradona.
  • Roma Menang Dramatis atas Cagliari

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 04:26 WIB AS Roma sukses mengalahkan Cagliari 1-0 secara dramatis. Federico Fazio mencetak gol kemenangan Roma di akhir masa injury time.
  • SuperCity Sudah Memangsa Tim-Tim Enam besar

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 03:43 WIB Manchester City betul-betul superior. City tak sekadar menciptakan rentetan kemenangan, melainkan sekaligus mengalahkan rival-rivalnya dalam perburuan gelar.
  • Valencia Tumbang di Markas Eibar

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 02:36 WIB Eibar berhasil mengalahkan Valencia 2-1 di Municipal de Ipurua, Minggu (17/12/2017) dinihari WIB. Seluruh gol tercipta di babak kedua.
  • Comeback, Dortmund Tundukkan Hoffenheim

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 02:50 WIB Borussia Dortmund mesti kerja keras untuk meraih kemenangan saat menjamu Hoffenheim. Sempat tertinggal lebih dahulu, Dortmund akhirnya menang 2-1.
  • Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2017

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 02:15 WIB Real Madrid berhasil menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2017. El Real mengalahkan Gremio 1-0 berkat gol Cristiano Ronaldo di menit ke-53.
  • Turun Minum, City Memimpin 1-0 atas Tottenham

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 01:19 WIB Manchester City berhasil mengungguli tim tamu Tottenham Hotspur 1-0 di babak pertama. Gol City diciptakan Ilkay Guendogan di menit ke-14.
  • Inter Kalah karena Main Jelek di Babak Kedua

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 00:38 WIB Laju tidak terkalahkan Inter Milan akhirnya patah, setelah dipermalukan Udinese 1-3. Pelatih Inter Luciano Spalletti mengakui timnya main buruk di paruh kedua.
  • Bayern Munich Menang di Kandang Stuttgart

    Sepakbola | Sabtu 16 Desember 2017, 23:47 WIB Bayern Munich berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Stuttgart. Thomas Mueller jadi pahlawan Bayern usai mencetak gol kemenangan di babak kedua.