DetikSepakbola
Rabu 14 Februari 2018, 04:45 WIB

Liga Champions

Buang Keunggulan Dua Gol, Juventus Diimbangi Spurs

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Buang Keunggulan Dua Gol, Juventus Diimbangi Spurs Foto: Max Rossi/ REUTERS
FOKUS BERITA: Juventus vs Tottenham
Turin - Juventus membuang keunggulan dua gol saat menjamu Tottenham Hotspur di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Kedua tim bermain imbang 2-2.

Dalam pertandingan di Allianz Stadium, Rabu (14/2/2018) dinihari WIB, Juventus memulai dengan amat baik. Gonzalo Higuain sudah membawa mereka unggul di menit kedua.

Higuain menggandakannya pada menit ke-9 lewat titik penalti. Tapi kemudian Spurs balik menekan dan menguasai pertandingan.

[Gambas:Video 20detik]


Harry Kane lantas mencetak gol balasan di menit ke-35. Juventus nyaris menjauh lagi setelah mendapatkan penalti di ujung babak pertama, namun Higuain gagal menceploskannya.

Spurs melanjutkan tekanannya di babak kedua, lalu menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Christian Eriksen pada menit ke-71. Skor 2-2 bertahan sampai laga berakhir.

Hasil ini jadi kerugian besar untuk Juventus, mengingat leg kedua akan digelar di markas Spurs. Sebaliknya bagi Spurs, hasil imbang 0-0 atau 1-1 sudah cukup untuk meloloskan mereka dengan keunggulan gol tandang.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit laga berjalan, Juventus sudah unggul. Dari tendangan bebas, umpan Miralem Pjanic mengarah ke Gonzalo Higuain yang lolos dari pengawalan pemain Spurs. Higuain melepaskan tembakan first-time dan bersarang di pojok kiri bawah gawang.

Pada menit ke-8, Spurs dihukum penalti setelah Ben Davies melanggar Federico Bernardeschi. Higuain maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tendangan ke pojok kiri.

Di menit ke-17, Kane terjatuh saat menerima bola di dalam kotak penalti di bawah tekanan Medhi Benatia. Spurs meminta penalti, tapi wasit tak melihatnya sebagai sebuah pelanggaran.

Spurs mulai lebih menguasai bola selepas tertinggal dua gol. Peluang bagus dicatatkan di menit ke-26, saat Christian Eriksen melepaskan umpan terobosan lambung ke Kane di dalam kotak penalti. Menghadapi Gianluigi Buffon dalam jarak dekat, sundulan Kane tertepis.

Spurs kembali mendapatkan peluang tiga menit berselang, kali ini dari tendangan bebas. Mulanya eksekusi Eriksen membentur pagar pemain, tapi bola pantul kembali kepadanya. Eriksen menembak kembali, kali ini melenceng ke kanan gawang.

Juventus merespons lewat serangan balik. Higuain menerima sodoran Pjanic di dalam kotak penalti dan mengarahkan sepakan mendatar menyasar pojok kiri gawang. Terlalu melebar.

Spurs terus melancarkan tekanan. Pada menit ke-32, Kane mendapatkan bola di sisi kiri di dalam kotak penalti dan menendang sembari memutar tubuhnya. Bola bergulir tak terlalu kencang lalu ditepis Buffon ke luar lapangan.

Usaha Spurs membuahkan hasil di menit ke-35. Mereka memenangi bola di area tengah, bola dikuasai Alli lantas diteruskan ke Kane yang tak terkawal. Buffon mencoba maju untuk mengadang Kane, tapi penyerang Spurs itu dengan sigap melewatinya dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Spurs melanjutkan tekanannya. Lima menit berselang, sepakan keras Eriksen mengarah ke gawang tapi bisa ditepis oleh Buffon.

Di menit ke-42, umpan terukur Eriksen mengarah ke Alli di depan gawang. Hanya saja sundulan Alli melambung tipis.

Pada masa injury time babak pertama, Juventus kembali mendapatkan penalti usai Serge Aurier menjatuhkan Costa. Higuain maju sebagai penendang, tapi kali ini gagal setelah sepakannya menghantam mistar gawang.

Juventus menebar ancaman di menit ke-57. Bernardeschi melepaskan sepakan dari sisi kanan, Lloris sigap menghalau ke luar lapangan. Dari sepak pojok yang dihasilkan, umpan lambung Pjanic ditanduk Mandzukic di depan gawang. Masih tepat ke arah Lloris.

Spurs balas mengancam di menit ke-70. Kane merangsek dari kiri dan mengarahkan tembakan mendatar ke arah pojok kiri gawang. Buffon masih mampu mengantisipasi.

Spurs sukses menyamakan kedudukan dua menit berselang. Mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti, Eriksen bertindak sebagai eksekutornya. Dia melepaskan tendangan mendatar ke pojok kiri bawah gawang dan tak kuasa dihentikan Buffon.

Sebuah kesalahan bisa saja berbuah fatal untuk Spurs. Umpan yang ceroboh di lapangan tengah diserobot Rodrigo Bentancur dan diteruskan ke Higuain. Bola disodorkan lagi di Bernardeschi di kanan yang melakukan percobaan. Bola membentur bek Spurs lalu diamankan Lloris yang nyaris terkecoh.

Juventus mencoba meningatkan intensitas serangan, sementara Spurs cenderung menurunkan tempo. Di menit ke-85, Juventus mendapatkan kesempatan dari sepak pojok. Hanya saja tandukan Benatia menyambut umpan Pjanic melambung.

Dua menit kemudian, Costa melalukan tusukan di sisi kiri melewati tiga pemain. Namun umpan silangnya bisa dipotong oleh Jan Vertonghen.

Sampai pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta. Skor akhir imbang 2-2.

Susunan pemain:

Juventus: Gianluigi Buffon; Mattia De Sciglio, Medhi Benatia, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Sami Khedira (Bentancur 66'), Miralem Pjanic; Federico Bernardeschi, Mario Mandzukic (Sturaro 76'), Douglas Costa (Asamoah 92'); Gonzalo Higuain

Spurs: Hugo Lloris; Serge Aurier, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, Ben Davies; Mousa Dembele, Eric Dier; Erik Lamela (Moura 89'), Dele Alli (Son 83'), Christian Eriksen (Wanyama 92'); Harry Kane
(raw/rin)

FOKUS BERITA: Juventus vs Tottenham
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Cedera Jadi Berkah Tersembunyi untuk De Bruyne

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 10:16 WIB Cedera yang dialami Kevin De Bruyne tak sepenuhnya diratapi Pep Guardiola. Manajer Manchester City itu justru sedikit lega karena De Bruyne bisa istirahat.
  • Infografis

    Liverpool Vs MU: Dua Raksasa, 83 Trofi Mayor

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 09:15 WIB Liverpool dan Manchester United tak salah dibilang klub terbesar di Inggris. Keduanya total punya lebih dari 80 trofi di kompetisi besar.
  • 8 Tim yang Turun Level ke Liga Europa

    Sepakbola | Kamis 13 Desember 2018, 16:17 WIB Tuntas sudah fase grup Liga Champions 2018/2019. Delapan tim yang finis ketiga di masing-masing grup terlempar ke babak 32 besar Liga Europa.
  • Jelang Liverpool Vs MU

    Klopp Bukan Paus, Jadi MU Boleh Kok Main Bertahan

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 08:05 WIB Juergen Klopp tak mempermasalahkan jika Manchester United mau main bertahan saat menghadapi Liverpool. Klopp tinggal mencari cara untuk membongkarnya.
  • Robben Libur Musim Dingin Duluan

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 07:35 WIB Arjen Robben akan menjalani libur musim dingin lebih cepat ketimbang rekannya. Winger Bayern Munich itu harus menepi sebulan lebih karena cedera.
  • Madrid Hancur Lebur di Bernabeu

    Sepakbola | Kamis 13 Desember 2018, 05:28 WIB Real Madrid hancur lebur di laga terakhir fase grup Liga Champions. Los Blancos dilumat 0-3 oleh CSKA Moskow di Bernebeu.
  • Menanti Kebangkitan Inter

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 01:13 WIB Inter Milan sedang dalam periode sulit. Pelatih Luciano Spalletti menunggu reaksi positif Inter pada akhir pekan ini.
  • Liverpool Tak Takut MU, tapi Tetap Waspada

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 02:01 WIB Virgil van Dijk menegaskan bahwa Liverpool tidak takut dengan Manchester United, tapi tetap waspada dengan ancaman yang akan datang.
  • Simeone: Jangan Pergi, Costa

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 02:20 WIB Masa depan Diego Costa sedang dispekulasikan saat ini. Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone berharap Costa tak pergi.
  • Kapan Ronaldo Dikasih Istirahat, Allegri?

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 00:49 WIB Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, memberi sinyal bahwa dia akan mengistirahatkan Cristiano Ronaldo. Kapan waktunya?
  • Jelang City Vs Everton

    Menanti Respons Cepat Citizens Usai Dikalahkan Chelsea

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 01:19 WIB Manchester City menelan kekalahan perdana pekan lalu saat menghadapi Chelsea. Kini The Citizens diharapkan cepat bangkit karena Everton sudah menunggu.
  • Jelang Liga Inggris

    Aguero dan De Bruyne Mungkin Main Lawan Everton

    Sepakbola | Sabtu 15 Desember 2018, 00:44 WIB Manchester City mendapat kekuatan tambahan jelang duel dengan Everton. Dua pemain andalannya, Sergio Aguero dan Kevin De Bruyne, berpeluang comeback.
  • Jelang Liga Inggris

    Tak Cuma MU, Liverpool Juga Krisis Pemain Belakang

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 23:49 WIB Bukan hanya Manchester United, tapi Liverpool juga dilanda krisis pemain belakang. Trent Alexander-Arnold cedera dan dipastikan absen akhir pekan ini.
  • Pindah ke Barcelona Saja, Isco

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 23:24 WIB Isco sedang dalam situasi yang tidak baik di Real Madrid. Rivaldo berharap si pemain bisa pindah ke Barcelona jika tak diinginkan Los Blancos.
  • Jelang Liga Inggris

    MU Diprediksi Parkir Bus Lawan Liverpool

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 02:30 WIB Bigmatch antara Liverpool dan Manchester United tersaji akhir pekan nanti. MU diprediksi akan memainkan taktik parkir bus pada laga itu.
  • Foto-foto Jadul Duel Panas Liverpool vs MU

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 18:31 WIB Inilah rivalitas paling panas di Inggris. Sudah mengakar lebih dari 100 tahun, Liverpool dan Manchester United bakal saling jegal di Anfield akhir pekan ini.
  • Paulo Sergio Gabung Bali United

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 21:00 WIB Tak butuh waktu lama bagi Paulo Sergio untuk mendapat klub baru. Usai meninggalkan Bhayangkara FC, pemain asal Portugal itu bergabung dengan Bali United.
  • PS Benteng Cari Pengalaman Lawan Bhayangkara FC

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 20:44 WIB Jika harus dibandingkan, sangat lebar jurang pemisah Bhayangkara FC - PS Benteng. Duel dengan juara Liga 1 2017 itu jadi ajang cari pengalaman buat PS Benteng.
  • Fabregas: Belum Saatnya Bahas Kontrak Baru

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 20:13 WIB Kontrak Cesc Fabregas dengan Chelsea tinggal tak lama lagi. Meski demikian, pemain Spanyol itu belum mau membahas negosiasi ikatan kerjasama.
  • Solari: Isco Tidak Ribut dengan Fans

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 19:58 WIB Pelatih Real Madrid Santiago Solari menanggapi kontroversi seputar drama Isco di Liga Champions tengah pekan lalu. Ia yakin Isco tidak mengonfrontasi suporter.
  • Berani ke Liga Inggris, Zidane?

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 19:13 WIB Arsene Wenger menantang Zinedine Zidane untuk melatih klub Inggris. Menurut Wenger, Zidane harus menjajal Liga Inggris jika ingin bekerja di level top.
  • Kalteng Putra Akan Rekrut Diego Forlan?

    Sepakbola | Jumat 14 Desember 2018, 18:41 WIB Kalteng Putra tengah berburu pemain asing untuk menghadapi Liga 1 2019. Enggang Borneo mendapatkan tawaran untuk merekrut Diego Forlan.