DetikSepakbola
Kamis 15 Februari 2018, 04:39 WIB

Liga Champions

Ronaldo Dua Gol, Madrid Kalahkan PSG 3-1

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Ronaldo Dua Gol, Madrid Kalahkan PSG 3-1 Real Madrid mengalahkan Paris St. Germain 3-1 di leg I babak 16 besar Liga Champions. (Foto: Paul Hanna/Reuters)
FOKUS BERITA: Real Madrid Depak PSG
Madrid - Juara bertahan Real Madrid mendapatkan keuntungan besar untuk lolos dari babak 16 besar. Sempat ketinggalan, Madrid akhirnya mengalahkan Paris St. Germain 3-1.

Cristiano Ronaldo menginspirasi kemenangan Madrid setelah mencetak dua gol yang terjadi di masing-masing babak. Meski menang, El Real tidak mencapainya dengan mudah.

[Gambas:Video 20detik]


Melawan PSG di leg I, Santiago Bernabeu, Kamis (15/2/2018) dinihari WIB, Madrid tertinggal lebih dahulu setelah PSG membuka keunggulan lewat Adrien Rabiot di menit ke-33. Di penghujung babak pertama, Ronaldo tak menyia-nyiakan kesempatan menyamakan skor lewat hadiah penalti, menyusul pelanggaran terhadap Toni Kroos.

Pertandingan berlangsung ketat di sebagian besar babak kedua. Sampai akhirnya, di 10 menit terakhir Madrid berhasil membobol gawang PSG dua kali lewat Ronaldo dan Marcelo untuk memastikan kemenangannya.

Dengan hasil ini, Los Blancos hanya membutuhkan minimal hasil seri di leg II untuk maju ke perempatfinal. Sementara PSG wajib menang dengan skor minimal 2-0.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Madrid langsung menekan PSG setelah kickoff. Saat Madrid melakukan serangan, Toni Kroos jatuh di kotak penalti saat dibayangi Yuri Berchiche. Tapi wasit tidak tertarik dengan klaim penalti tim tuan rumah.

Di menit ketiga, umpan lambung Isco diterima Cristiano Ronaldo. Tapi sepakan Ronaldo dari sisi kanan kotak penalti melenceng jauh dari gawang PSG.

Madrid menguji kiper Alphonse Areola. Kroos mendapatkan ruang tembak di luar kotak penalti sebelum melepaskan tembakan keras yang dihalau Areola. Bola pantul disapu Marquinhos ke samping gawang.

PSG merespons. Kerjasamanya dengan Neymar diakhiri Yuri dengan sepakan dari dalam kotak penalti, tapi bola masih melebar. Di menit ke-12, Neymar terbebas di sisi kiri sebelum melepaskan umpan lambung yang berhasil dicegat Raphael Varane agar tak dijangkau Edinson Cavani.

Wasit menghadiahi tendangan bebas dari posisi berbahaya kepada Madrid setelah pelanggaran terhadap Modric. Ronaldo menjadi eksekutor, tapi sepakannya melambung di atas mistar gawang PSG.

PSG membuang momentum dalam menciptakan peluang setelah Neymar terlambat melakukan operan. Di menit ke-28, Madrid melakukan serangan balik berbahaya ketika umpan silang Marcelo mencapai Ronaldo di sisi kanan. Tapi saat tinggal berhadapan dengan Areola, sepakan Ronaldo mentah setelah bola mengenai wajah si kiper.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-33. PSG memimpin 1-0 atas Madrid lewat gol Rabiot. Kylian Mbappe mengirim umpan silang bagus kepada Neymar. Bola coba dihalau Nacho tapi bergulir ke jalur Rabiot yang menuntaskannya tanpa kesalahan.

PSG semakin percaya diri. Lima menit berselang, sodoran Neymar kepada Cavani lolos dari kepungan pemain bertahan Madrid. Namun, tendangan melengkung Cavani dari dalam kotak sempat dicegat Casemiro sehingga bola hanya bersarang di samping gawang Madrid.

Semenit sebelum waktu normal babak pertama habis, Madrid hampir membuat gol balasan. Dari kerjasama dengan Ronaldo, Benzema melepaskan tembakan kaki kiri tapi masih bisa diselamatkan Areola.

Jelang turun minum, pelanggaran Lo Celso kepada Kroos membuat wasit menunjuk titik putih. Ronaldo maju sebagai algojo dan sukses menaklukkan Areola untuk menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-45.

Usai restart, PSG membuang peluang emas. Umpan mendatar Neymar menjangkau Mbappe, tapi penyelesaiannya dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau Keylor Navas.

Sergio Ramos membuat blok krusial untuk mencegah Rabiot mencetak gol. Selanjutnya, Dani Alves mengklaim penalti setelah tembakan Rabiot mengenai lengan Ramos, tapi wasit tidak menganggapnya pelanggaran.

PSG terus menekan Madrid. Serangan dari sisi kanan diakhiri Mbappe dengan sepakan, yang masih terlalu lemah. Di menit ke-73, usaha PSG mencetak gol keduanya digagalkan Ramos usai mem-blok sepakan Kimpembe yang diawali dari sepak pojok.

Sebuah peluang emas kembali terlewatkan oleh PSG. Yuri menyerbu dari sisi kiri untuk mengirim umpan silang di depan gawang. Mbappe dan Dani Alves gagal menjangkau bola.

Akhirnya, Madrid membalikkan kedudukan menjadi 2-1 di menit ke-83. Umpan silang mendatar Marco Asensio ditepis Areola, tapi bola bergulir ke arah Ronaldo untuk diteruskan dengan tembakan dari jarak dekat.

Hanya tiga menit kemudian, Madrid berhasil membobol gawang PSG untuk unggul 3-1. Asensio kembali menjadi kreatornya, dengan umpan silang dari sisi kanan. Bola diteruskan Marcelo dengan tendangan first-time dari dalam kotak penalti PSG.

PSG kehabisan waktu. Di detik-detik terakhir, sepakan Neymar melambung usai menyambut umpan silang Julian Draxler. Pertandingan berakhir, Madrid berhak atas kemenangan 3-1.


Susunan Pemain

REAL MADRID: Navas, Nacho, Sergio Ramos, Varane, Marcelo, Modric, Casemiro (Lucas Vazquez 79'), Kroos, Isco (Asensio 79'), Benzema (Bale 68'), Ronaldo

PARIS ST. GERMAIN: Areola, Dani Alves, Marquinhos, Kimpembe, Yuri, Verratti, Rabiot, Lo Celso (Draxler 85'); Mbappe, Cavani (Meunier 66'), Neymar
(rin/raw)

FOKUS BERITA: Real Madrid Depak PSG
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ditekuk Tim Juru Kunci, Performa Milan Memalukan

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 05:17 WIB AC Milan menelan kekalahan 0-1 saat menghadapi Benevento yang notabene tim juru kunci. Performa Rossoneri, terlebih di kandang sendiri, dinilai memalukan.
  • Jungkalkan Spurs, MU ke Final Piala FA

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 02:46 WIB Manchester United lolos ke final Piala FA usai mengalahkan Tottenham Hotspur. Sempat tertinggal, The Red Devils menang 2-1 atas The Lilywhites di Wembley.
  • Starting XI Terbaik Arsene Wenger di Arsenal

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 13:41 WIB Arsene Wenger punya sejumlah pemain top yang pernah dan masih ia tangani di Arsenal. Sulit memilih 11 saja tapi ini gambaran starting XI terbaiknya di Arsenal.
  • Pochettino Akui MU Bertahan dengan Baik

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 05:00 WIB Tottenham Hotspur tersingkir dari ajang Piala FA 201/2018. Ditaklukkan Manchester United di semifinal, mereka mengakui kebebatan bek The Red Devils.
  • Mourinho: MU Memang Layak ke Final

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 03:50 WIB Manchester United melaju ke laga puncak final Piala FA 2018. Jose Mourinho menyebut bahwa The Red Devils memang layak lolos ke babak final.
  • Milan Dipermalukan Benevento di San Siro

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 03:44 WIB AC Milan harus mengakui ketangguhan Benevento di pekan ke-34 Liga Italia. Rossonerri kalah 0-1 atas tim promosi itu di San Siro
  • Alexis Sanchez Meledak di Waktu yang Tepat

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 02:09 WIB Alexis Sanchez tampil gemilang saat Manchester United memetik kemenangan atas Tottenham Hotspur di semifinal Piala FA. Dia seakan meledak di saat yang tepat.
  • Reus Dua Gol, Dortmund Hajar Leverkusen 4-0

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 02:06 WIB Borussia Dortmund memetik kemenangan telak saat menjamu Bayer Leverkusen. Die Borussen menang 4-0 dengan dua gol di antaranya dicetak Marco Reus.
  • Liverpool Tersandung di Markas WBA

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 22:15 WIB Liverpool meraih hasil imbang saat melawat ke markas West Bromwich Albion. Sempat memimpin dua gol, The Reds mengakhiri laga dengan skor 2-2.
  • Fokus dan Mentalitas Roma Dipuji

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 01:15 WIB Pelatih AS Roma Eusebio Di Francesco memuji fokus dan mentalitas timnya usai mengatasi SPAL 3-0. Roma tak terpengaruh laga lawan Liverpool di tengah pekan.
  • PS Tira Kalah dari PSM karena Hilang Fokus

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 23:30 WIB PS Tira takluk dari PSM Makassar di lanjutan Liga 1. The Army mempertanyakan gol keempat Juku Eja, sembari mengakui kalau hilang fokus di babak kedua.
  • Bayern Menang Tiga Gol di Markas Hannover

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 23:11 WIB Bayern Munich membungkam tuan rumah Hannover 96 dalam lanjutan kompetisi Bundesliga. Die Roten menang telak dengan skor 3-0.
  • Pelatih Persib Puji Ezechiel N'Douassel

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 22:58 WIB Performa bagus Ezechiel N'Douassel di laga Persib Bandung melawan Borneo FC mendapatkan apresiasi. Dia dipuji arsitek Maung Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez.
  • Foto: Perayaan Gol Ezechiel N'Douassel

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 21:59 WIB Ezechiel N'Douassel menjadi bintang lapangan kemenangan Persib Bandung atas Borneo FC. Berikut ini rekaman perayaan gol pemain asal Chad itu.
  • Roma Libas SPAL 3-0

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 22:16 WIB AS Roma menang telak 3-0 saat bertandang ke SPAL. Membuka keunggulan dari gol bunuh diri, Roma menegaskan dominasi lewat Radja Nainggolan dan Patrik Schick.
  • Babak I

    Gol Cepat Bawa Liverpool Ungguli West Brom

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 19:15 WIB Pertandingan babak pertama antara West Bromwich melawan Liverpool telah berakhir. Liverpool sementara memimpin 1-0 berkat gol cepat Danny Ings.
  • Liga 1

    Sengit, Madura United Kalahkan Arema FC

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 18:17 WIB Pertandingan Madura United vs Arema FC di pekan kelima Liga 1 2018 berlangsung sengit. Pada akhirnya Madura United mengalahkan Arema FC 3-2.
  • Smalling Tak Pedulikan Rumor soal Masa Depannya

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 15:56 WIB Bek tengah Manchester United Chris Smalling tidak jarang dikabarkan bisa hengkang di musim panas. Smalling lebih memilih untuk tampil bagus di atas lapangan.