DetikSepakbola
Kamis 08 Maret 2018, 19:44 WIB

Jelang Liga Europa

Kenapa Aubameyang Tidak Bisa Reuni dengan Milan?

Randy Prasatya - detikSport
Kenapa Aubameyang Tidak Bisa Reuni dengan Milan? Aturan UEFA melarang Pierre-Emerick Aubameyang membela Arsenal di Liga Europa. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images)
Jakarta - Pierre-Emerick Aubameyang tidak bisa berhadapan dengan mantan klubnya, AC Milan, di 16 besar Liga Europa. Kenapa hal itu terjadi?

Arsenal akan bertandang ke markas Milan di San Siro dalam laga leg pertama 16 besar, Jumat (9/3/2018) dini hari WIB. Pertemuan kedua tim seharusnya bisa menjadi ajang reuni Aubameyang dengan Rossoneri.

Aubameyang yang diboyong Arsenal dari Borussia Dortmund pada Januari lalu merupakan jebolan akademi Milan. Dia berada di sana pada musima 2007-2008.

Di awal musim 2008/2009 dia dipromosikan ke tim senior, tapi belum sekalipun main karena dipinjamkan ke Dijon. Di musim-musim berikutnya pemain asal Gabon itu dipinjamkan ke Lilie, AS Monaco, Saint-Etienne.


Aubameyang baru resmi meninggalkan Milan setelah dipermanenkan Saint-Etienne pada Desember 2011, untuk selanjutnya dibeli Dortmund pada awal musim 2013/2014.

Setelah enam tahun lebih meninggalkan Milan, Aubameyang akan bertemu dengan bekas klubnya itu. Duel tersbeut akan bergulir dalam ajang kompetitif Liga Europa. Akan tetapi, striker 28 tahun itu tidak bisa terlibat dalam pertandingan.

Hal itu karena dia sudah pernah memperkuat Dortmund, yang saat itu main di Liga Champions lebih dulu sebelum turun ke Liga Europa.

UEFA melarang seorang pemain bermain untuk dua klub yang berbeda di kompetisi Eropa dalam musim yang sama. Dalam kasus ini, Aubameyang sudah bermain untuk Dortmund di ajang Liga Champions meski akhirnya turun ke Liga Europa.

Kasus tersebut memang terdengar rumit, namun untuk memudahi memahaminya adalah saat ini Arsenal dan Dortmund ada di kompetisi yang sama. Jadi, meski Aubameyang belum main di Liga Europa musim ini, dia tidak bisa main karena Arsenal dan Dortmund sedang ada di kompetisi yang sama.


Lain halnya dengan Henrikh Mkhitaryan, yang sudah main untuk Manchester United di Liga Champions. Pemain asal Armenia itu masih bisa tampil di Liga Europa untuk Arsenal, sebab MU saat ini masih ada di Liga Champions. Mkhitaryan main saat Arsenal menyingkirkan Oestersunds FK di babak 32 besar.

Akan tetapi, jika Aubameyang dan Mkhitaryan belum memperkuat tim di kompetisi Eropa yang sama di musim ini, bisakah Arsenal mendaftarkan kedua pemain tersebut? Jawabannya adalah tidak.

UEFA cuma mengizinkan satu pemain tambahan yang bisa didaftarkan klub jika sudah tampil di kompetisi Eropa. Jadi dalam kondisi itu Arsenal harus memilih antara Aubameyang atau Mkhitaryan.




(ran/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed