DetikSepakbola
Rabu 04 April 2018, 12:53 WIB

Lihat di Stadion atau di TV, Gol Salto Ronaldo Sama Kerennya

Kris Fathoni W - detikSport
Lihat di Stadion atau di TV, Gol Salto Ronaldo Sama Kerennya Gol salto Cristiano Ronaldo ke gawang Juventus (Foto: Alberto Pizzoli/AFP Photo)
FOKUS BERITA: Madrid Lolos Dramatis
Jakarta - Cristiano Ronaldo jadi bintang kemenangan Real Madrid atas Juventus, termasuk dengan membuat gol salto nan keren. Ini sejumlah komentar yang menegaskan gol itu sama kerennya dilihat langsung di stadion ataupun di TV.

Dua gol dicetak Ronaldo ketika Madrid berjaya 3-0 di markas Juventus dalam partai leg pertama babak perempatfinal Liga Champions, Rabu (4/4/2018) dini hari WIB. Selain hasil tersebut, perhatian secara khusus tertuju pada gol kedua Ronaldo.


Gol tersebut dicetak pemain internasional Portugal itu dengan akrobatik. Ia bersalto untuk melepaskan bicyle kick nan mulus, tanpa terhentikan oleh para pemain lawan. Segala macam komentar pun bermunculan.

"Ketika bola mengarah ke dirinya terlintas pikiran, 'Oh, tak usah mencoba tendangan salto segala'. Dan kemudian, dor! Wow! Itu harus dilihat sendiri, lihatlah," kata Pat Nevin dari BBC Radio 5, yang menyaksikan langsung laga itu di stadion.

"Gol itu sama sekali tidak biasa. Belakangan ini orang-orang menyebut bahwa usia Ronaldo sudah bertambah, tapi jelas tak ada masalah dengan tubuhnya jika ia mampu melakukan hal semacam itu. Pengaturan waktunya luar biasa, imajinasinya pun luar biasa."

"Banyak fans Juventus yang rela bertahan di stadion hanya untuk memberi aplaus ke Ronaldo. Wow, ia sudah membuat benteng ini jadi mendukungnya. Jika tak keberatan, sebut saja dirinya jenius."

"Itu merupakan salah satu gol-gol paling keren yang ada di dunia sepakbola," tutur mantan pemain timnas Skotlandia tersebut.

[Gambas:Video 20detik]


John Bennet, rekan Nevin di BBC World Service, menyebut itu merupakan gol terbaik yang pernah dicetak oleh Ronaldo. Bahkan lebih baik ketimbang tendangan roketnya tahun 2009 saat masih membela Manchester United.

[Gambas:Youtube]


"Menurut saya ia tak pernah mencetak gol yang lebih keren daripada yang ini. Saya ingat gol ke gawang Porto. Seperti itulah Anda menilai gol-gol indah. Teknik dalam tendangan saltonya membuat ini menjadi gol terindah Ronaldo," katanya.

Berikut komentar-komentar lain seputar gol salto Ronaldo itu, mulai dari kubu Juventus, Madrid, sampai sosok-sosok kondang lain, baik yang menyaksikan gol itu dari layar TV maupun langsung di stadion:


Bek Juve Andrea Barzagli: Cristiano sepenuhnya membuat gol kedua tersebut. Seperti gol di Playstation. Ia sudah mencetak gol yang akan terukir dalam sejarah, sialnya ketika menghadapi kami.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri: Saya tak tahu apa gol Cristiano adalah yang terbaik dalam sejarah sepakbola, tapi yang pasti itu merupakan gol luar biasa.

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane: Gol saltonya luar biasa, walaupun ia membuang dua peluang lebih mudah untuk bikin gol. Begitulah sepakbola. (Kelakar Zidane ketika ditanya bagus mana gol salto Ronaldo atau gol volinya ke gawang Leverkusen di final Liga Champions 2002) Oh, gol saya! Sudah pasti gol saya.

Phil McNulty, jurnalis olahraga BBC:

McNulty bukan cuma menyanjung performa dan gol Ronaldo melainkan juga memuji aplaus dari fans Juventus.

Gary Lineker, mantan kapten timnas Inggris yang kini jadi presenter BBC:


LeBron James, pebasket top dari AS:

[Gambas:Instagram]

LeBron benar-benar terkesima dengan gol salto Ronaldo.

Sergio Garcia, pegolf top Spanyol:


Garcia menyebut Ronaldo memang sudah lama mengidamkan bisa mencetak gol seperti itu.

Ruud Gullit, mantan pesepakbola top asal Belanda:


Franco Baresi, mantan pesepakbola top asal Italia:

"Tak nyata", demikian reaksi singkat Baresi terhadap gol Ronaldo.

Marcus Rashford, penyerang Manchester United:

Rashford menyanjung gol kedua Ronaldo dan performa membaranya.

Alvaro Arbeloa, mantan rekan setim Ronaldo di Real Madrid:

"Ronaldo sekarang bisa meninggalkan Bumi dan main bareng penduduk Mars. Ia sudah melakukan segalanya di planet ini".

Michael Owen, mantan pesepakbola top asal Inggris:

"OMG. Jika ada satu hal yang perlu Anda lakukan malam ini, tolong lihat gol kedua Ronaldo. Yang pertama luar biasa. Saya tak bisa menggambarkan yang kedua".

Pierre van Hooijdonk, mantan pemain timnas Belanda:


Peter Crouch, mantan pemain timnas Inggris:

Crouch merujuk pada gol salto yang pernah ia cetak ke gawang Galatasaray semasa masih membela Liverpool.



(krs/din)

FOKUS BERITA: Madrid Lolos Dramatis
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed