Pekan Comeback di Eropa: dari Roma hingga Salzburg

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 13 Apr 2018 07:58 WIB
AS Roma melakukan comeback gemilang usai menyingkirkan Barcelona di perempatfinal Liga Champions. (Foto: Alessandro Bianchi/Reuters)
Jakarta - Pertandingan di kompetisi Eropa pekan ini menyajikan comeback-comeback brilian dari beberapa klub. Dari AS Roma hingga Red Bull Salzburg melakukannya.

Ada delapan pertandingan kompetisi Eropa yang tersaji pekan ini. Liga Champions dan Liga Europa masing-masing menggelar empat pertandingan leg kedua yang jadi penentuan. Karena laganya bersifat menentukan itu pula, sejumlah comeback dramatis tersaji.

Di awali dari Liga Champions, comeback brilian dilakukan Roma saat menghadapi Barcelona, Rabu (11/4/2018) dini hari WIB. Sempat tertinggal 1-4 dari leg pertama di Camp Nou (5/4), 'Serigala Ibukota' lolos ke semifinal usai menang 3-0 di Olimpico atas lawan yang difavoritkan untuk juara.


Di pertandingan lain, Juventus juga melakukan comeback apik meski pada akhirnya tetap gagal lolos ke semifinal. Setelah kalah 0-3 dari Real Madrid di Turin, 'Si Nyonya Tua' bisa menang 3-1 di Santiago Bernabeu, Kamis (12/4) dini hari WIB.

Juve bahkan nyaris memaksakan adu penalti andai Los Blancos tidak mendapat penalti di masa injury time, setelah sempat unggul 3-0. Juve pun tersingkir dengan pahit karena kalah agregat 3-4 akibat penalti kontroversial di menit terakhir.


Sementara di Liga Europa, Salzburg bisa dengan gemilang membalas kekalahan dari Lazio di perempatfinal. Usai kalah 2-4 di Roma pada leg pertama (6/4), wakil Austria itu berbalik menang 4-1 di leg kedua (13/4) dan lolos ke semifinal dengan agregat 6-5.

Terakhir, Olympic Marseille yang comeback atas RB Leipzig. Wakil Prancis itu lolos ke semifinal usai menang 5-2 di leg kedua perempatfinal, membalas kekalahan 0-1 pada leg pertama.

Selanjutnya undian semifinal Liga Champions dan Liga Europa akan digelar pada Jumat (13/4/2018).






(yna/raw)