DetikSepakbola
Rabu 18 April 2018, 15:13 WIB

Liga Champions

Alasan-alasan yang Bikin Bayern Harus Amat Waspadai Ronaldo

Kris Fathoni W - detikSport
Alasan-alasan yang Bikin Bayern Harus Amat Waspadai Ronaldo Cristiano Ronaldo usai mencetak gol di Liga Champions (Foto: OSCAR DEL POZO/AFP)
Jakarta - Cristiano Ronaldo sedang tajam-tajamnya di Liga Champions. Ada sejumlah catatan yang membuat Bayern Munich harus ekstra mewaspadai pemain Real Madrid itu.

Bayern dan Madrid akan berhadapan dalam partai dua leg babak semifinal Liga Champions. Die Roten lebih dulu jadi tuan rumah di Allianz Arena pada 25 April sedangkan El Real gantian menjamu pada leg kedua di Santiago Bernabeu tanggal 1 Mei.

Ada sejumlah alasan Ronaldo akan jadi andalan utama Madrid dalam kedua laga tersebut. Salah satunya tentu saja adalah bahwa pemain asal Portugal itu merupakan top skorer sementara dengan 15 gol dan rutin bikin gol di 11 laga beruntun Liga Champions.


Selain itu, ada alasan-alasan lain yang secara khusus harus membuat Bayern amat mewaspadai Ronaldo saat kedua tim berhadapan. Berikut beberapa alasan tersebut, seperti dirangkum UEFA.com:

- Ronaldo sudah sembilan kali menjebol gawang Bayern dalam enam pertemuan, rata-rata satu gol setiap 64 menit dan 47 detik. Satu-satunya tim lawan yang gawangnya lebih sering ia jebol di Eropa adalah Juventus (10).

- Jika ia bisa mempertahankan rasio 1,5 gol per pertandingan lawan Bayern, pesepakbola 34 tahun itu bisa mencetak lebih dari tiga gol dalam duel di semifinal kali ini.

- Ronaldo sudah mencetak tujuh gol dalam tiga duel terakhirnya lawan Bayern, termasuk masing-masing dua gol dalam dua pertandingan di Munich.

- Jika duel ini harus dituntaskan lewat adu penalti, Ronaldo mungkin merasa punya utang yang harus dilunasi: ketika Bayern menyingkirkan Madrid di semifinal 2011/2012, penalti Ronaldo (bersama Kaka) digagalkan Manuel Neuer.

- Dengan 123 goals dalam 13.493 menit berlaga di kompetisi antarklub Eropa, Ronaldo punya rata-rata mencetak gol setiap 109 menit dan 41 detik.


- Ronaldo sudah menghadapi 50 tim di kompetisi antarklub Eropa, menjebol gawang 34 di antaranya. Sebagai pemain Madrid, ia menghadapi 32 tim di Eropa dan cuma empat di antaranya yang bisa menghentikan Ronaldo bikin gol: Barcelona, Dinamo Zagreb, Legia Warsawa, dan Napoli.

- Barcelona menjadi lawan terberat Ronaldo di kompetisi antarklub Eropa: ia belum mencetak satu gol pun dalam 450 menit duel lawan rival Madrid di Spanyol itu (270 menit semasa di Manchester United dan 180 menit bersama Madrid).

- Tim yang gawangnya paling mudah dijebol Ronaldo adalah Malmo. Enam gol dicetak Ronaldo dalam 180 menit Liga Champions ke gawang klub Swedia itu, rata-rata satu gol setiap 30 menit.

- Tim yang paling sering dihadapi Ronaldo di Eropa adalah Lyon, yang sudah 10 kali ia hadapi (total 884 menit) dengan mencetak empat gol.

- Dari negara-negara lima liga top Eropa, pertahanan klub-klub Jerman paling rentan di hadapan Ronaldo. Ia mencetak rata-rata satu gol per pertandingan (26 gol dalam 22 laga). Sebaliknya Ronaldo kesulitan ketika harus menghadapi tim-tim Spanyol di kancah Eropa, dengan satu gol setiap 238 menit.

- Ronaldo belum mencetak satu gol pun ke gawang klub-klub Skotlandia dalam 352 menit penampilan kompetisi antarklub Eropa, periode terpanjang klub-klub dari sebuah negara bisa meredam ketajamannya.


(krs/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed