DetikSepakbola
Jumat 27 April 2018, 04:01 WIB

Liga Europa

Arsenal Diimbangi 10 Pemain Atletico 1-1

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Arsenal Diimbangi 10 Pemain Atletico 1-1 Arsenal diimbangi Atletico Madrid yang harus bermain dengan 10 orang di leg pertama semifinal Liga Europa (Foto: Andrew Couldridge/Action Images via Reuters)
London - Arsenal cuma meraih hasil seri saat menjamu Atletico Madrid di leg pertama semifinal Liga Europa. Unggul jumlah pemain, Arsenal dipaksa berbagi hasil 1-1.

Dalam pertandingan di Emirates Stadium, Jumat (27/4/2018) dini hari WIB, Arsenal sudah unggul jumlah pemain sejak menit kesembilan. Sime Vrsaljko diusir wasit setelah mendapat dua kartu kuning.

Keunggulan jumlah pemain itu dimanfaatkan Arsenal dengan terus mengurung pertahanan Atletico. Namun mereka tak mampu mencetak gol di babak pertama.

Kebuntuan baru terpecah di menit ke-61. Alexandre Lacazette membawa Arsenal unggul dengan tandukan kepalanya.

Meski terus menyerang, Arsenal tak mampu mencetak gol tambahan. Justru Atletico yang mampu mencuri gol lewat sebuah serangan balik yang dituntaskan dengan baik oleh Antoine Griezmann di menit ke-82.

Hasil ini memberi Atletico keuntungan gol tandang dalam menatap leg kedua. Pertandingan leg kedua akan digelar di markas Atletico di Wanda Metropolitano pada Jumat (4/5/2018) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung dalam tempo tinggi sejak awal. Arsenal yang langsung menekan mampu menciptakan peluang di menit-menit awal.

Tujuh menit laga berjalan, Arsenal sudah mendapatkan dua peluang bagus. Kans pertama untuk Alexandre Lacazette yang melepaskan sepakan voli setelah menerima bola dari Danny Welbeck. Sial bagi Lacazette, tendangannya hanya mengenai tiang gawang.

Tak lama berselang, Nacho Monreal melepaskan umpan yang disambut tandukan Lacazette. Kali ini bola mampu ditepis oleh Jan Oblak.

Di menit kesembilan, Atletico sudah harus kehilangan salah satu pemainnya. Sime Vrsaljko diganjar kartu merah setelah mendapat dua kartu kuning. Kartu kuning kedua didapat Vrsaljko karena melanggar Lacazette.

Kartu merah untuk Vrsaljko mengundang protes keras dari Diego Simeone. Pada akhirnya, pelatih Atletico itu juga diusir wasit ke tribun penonton karena dinilai terlalu berlebihan dalam melakukan protes.

Unggul jumlah pemain, Arsenal terus mengurung pertahanan Atletico. Peluang kembali diciptakan tim tuan rumah, namun sundulan Jack Wilshere yang meneruskan umpan Danny Welbeck masih bisa diamankan Oblak.

Oblak kembali melakuan penyelamatan penting di menit ke-20. Wilshere melepaskan umpan terobosan kepada Welbeck yang langsung menembak ke awah gawang. Tapi sepakan Oblak diblok oleh Oblak.

Peluang yang didapat Laurent Koscielny juga belum membuahkan gol untuk Arsenal. Lacazette membelokkan bola tendangan bebas dan mengarah ke Koscielny. Meski berdiri bebas, Koscielny tak mampu mengarahkan tendangannya ke gawang.

Atletico bukan tanpa peluang. Antoine Griezmann mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tapi bola masih bisa diamankan oleh David Ospina.

Di menit ke-37, Atletico mengancam gawang Arsenal. Thomas Partey melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti dan kemudian mengoper kepada Griezmann. Griezmann dengan cepat langsung menyambar bola dan tendangan kerasnya memaksa Ospina melakukan penyelamatan.


Arsenal melanjutkan dominasinya di babak kedua. Namun, sampai laga babak kedua berjalan 10 menit, Arsenal belum mampu membongkar pertahanan Atletico.

Serangan yang terus dilancarkan Arsenal akhirnya membuahkan hasil di menit ke-61. Sundulan Lacazette yang meneruskan umpan silang Wilshere dari sisi kiri tak mampu dijangkau oleh Oblak.

Arsenal melanjutkan tekanannya. Lacazette melepaskan umpan dari sisi kanan, tapi bola yang bergulir di depan gawang tak bisa dijangkau oleh Welbeck.

Meski terus menyerang, Arsenal kesulitan menciptakan peluang bersih. Di sisi lain, Atletico tampil solid dalam bertahan.

Atletico kemudian justru mampu mencuri gol di menit ke-82 lewat sebuah serangan balik. Griezmann menerima umpan panjang dan menggiring bola ke kotak penalti.

Meski dapat kawalan ketat dari Koscielny, Griezmann mampu melepaskan tembakan. Sepakan pertama Griezmann diblok Ospina, tapi bola muntah mampu ia maksimalkan dengan baik.

Arsenal mencoba bereaksi. Ramsey nyaris menjebol gawang Atletico di menit ke-87. Tapi Oblak melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tandukan Ramsey.

Susunan Pemain

Arsenal: Ospina, Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal, Ramsey, Xhaka, Wilshere, Welbeck, Oezil, Lacazette

Atletico Madrid: Oblak, Vrsaljko, Gimenez, Godin, Lucas, Correa (Savic 75'), Saul, Thomas, Koke, Gameiro (Gabi 65'), Griezmann (Torres 85')


(nds/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed