DetikSepakbola
Jumat 25 Mei 2018, 15:21 WIB

Apa Coutinho Kebagian Medali jika Liverpool Juara Liga Champions?

Kris Fathoni W - detikSport
Apa Coutinho Kebagian Medali jika Liverpool Juara Liga Champions? Philippe Coutinho ketika masih di Liverpool pada paruh pertama Liga Champions musim ini (Foto: Paul Childs/Reuters)
Liverpool - Liverpool akan menghadapi Real Madrid di final Liga Champions 2017/2018 pada akhir pekan. Jika Liverpool juara, apa Philippe Coutinho si mantan pemain juga kebagian medali?

Coutinho meninggalkan Liverpool untuk membela Barcelona pada bulan Januari lalu. Kepindahan itu turut membuatnya tak lagi bisa bermain di Liga Champions karena partisipasinya di ajang itu "terikat" dengan Liverpool.
Apa Coutinho Kebagian Medali jika Liverpool Juara Liga Champions?Philippe Coutinho saat diperkenalkan sebagai pemain Barcelona pada bulan Januari lalu (Foto: Alex Caparros/Getty Images)
Di Liga Champions 2017/2018, pemain internasional Brasil itu sudah lebih dulu terdaftar bersama Liverpool. Coutinho pun mencetak lima gol dalam lima partai fase grup untuk membantu The Reds lolos ke fase gugur.

Regulasi UEFA menyatakan bahwa untuk mendapat medali juara Liga Champions, seorang pemain paling tidak harus bermain satu kali. Artinya di atas kertas Coutinho bisa kebagian medali itu kalau Liverpool mengalahkan Madrid, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB.
Liverpool akan mendapatkan jatah 40 medali jika bisa menjadi juara. Menurut Express.co.uk, dengan asumsi The Reds juara, keputusan akhir siapa saja yang berhak dapat medali bakal berada di tangan Manajer Liverpool Juergen Klopp.

Sehubungan dengan hal itu seorang mantan pemain Liverpool, Phil Thompson, pun sudah berkomentar. Pria yang punya tiga titel Liga Champions bersama Si Merah menyebut tak etis kalau Coutinho ikut kebagian medali juara.

"Ia sudah meninggalkan Liverpool untuk pergi ke Barca, tahu bahwa ia takkan bisa tampil lagi di Liga Champions (musim ini)," kata Thompson.

"Begini, saya mendapat medali juara 1977 buat Liverpool karena saya main sampai semifinal. (Tapi) saya tidak menganggapnya sebagai sebuah medali juara."

"Saya lebih suka berpikir bahwa kali kami memang berhasil menjuarainya, ia akan bilang, 'saya tidak berhak mendapatkannya'," tuturnya.


(krs/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed