DetikSepakbola
Sabtu 26 Mei 2018, 12:41 WIB

Jelang Final Liga Champions

Klopp Minta Liverpool Jangan Takut dengan Madrid

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Klopp Minta Liverpool Jangan Takut dengan Madrid Juergen Klopp saat sesi latihan di stadion jelang final Liga Champions (Andrew Boyers/REUTERS
Liverpool - Juergen Klopp tahu Real Madrid itu tim yang sangat berpengalaman di Eropa. Tapi, bukan berarti Liverpool ciut nyalinya saat berhadapan di final Liga Champions.

Madrid adalah klub dengan gelar Liga Champions terbanyak yakni 13, dengan dua di antaranya diraih dalam dua musim terakhir. Belum pernah ada tim yang pernah melakukannya di era Liga Champions.

Sementara, dalam empat tahun terakhir, Madrid selalu jadi juara. Rekor yang begitu superior di hadapan Liverpool yang baru menapaki final pertamanya dalam sedekade lebih, setelah terakhir 2007.


Bahkan Liverpool sebagai tim Inggris di Eropa saja baru mengumpulkan lima gelar Eropa alias tidak mencapai setengah dari milik Madrid. Wajar jika Madrid diunggulkan untuk menang mudah pada laga di NSC Olimpiyskiy Stadium, Minggu (27/5/2018) dinihari WIB nanti.

Tapi, Klopp enggan Liverpool merasa inferior di hadapan Madrid yang begitu berpengalaman di laga-laga penting Eropa. Klopp menilai Liverpool juga punya modal meladeni nama besar Madrid di final nanti.

Liverpool musim ini adalah tim paling produktif di Liga Champions dengan 46 gol - termasuk fase playoff - dan tiga pemain depannya, Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane total membuat 29.


"Ini bukan soal kami lebih baik, tapi itulah perbedaannya, kami harus berani. Kekuatan yang kami perlihatkan saat melawan Manchester City contohnya, itu bermain dengan penuh keberanian namanya," ujar Klopp di Sky Sports.

"Banyak hal yang bisa Anda lakukan di lapangan untuk bisa memenangi laga di level seperti ini... Anda punya tantangan di sana, mengumpan bola ke sini, dan kami bisa mencetak gol setelah tiga kali umpan - tapi semuanya bermula dari tantangan itu," sambungnya.

"Ini adalah momen penting dalam pertandingan, kami sudah mengalaminya selama 500 kali dan kami membutuhkan itu lagi. Tidak menungu, tidak berharap apapun. Anda harus bisa membuat perbedaan, itu saja."

"Kami punya dua pekan persiapan jelang laga ini. Anda lihat Madrid dan Anda bakal berkata wow, tapi mereka belum menghadapi kami."

"Seperti itulah. Kami adalah Liverpool. Kami ada di sini karena kami Liverpool. Klub ini punya DNA untuk menghadapi laga-laga besar seperti ini," tutup Klopp.





(mrp/yna)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed