DetikSepakbola
Minggu 27 Mei 2018, 19:15 WIB

Hasil dan Highlights Final Liga Champions 2018: Real Madrid vs Liverpool

Kris Fathoni W - detikSport
Hasil dan Highlights Final Liga Champions 2018: Real Madrid vs Liverpool Real Madrid vs Liverpool di final Liga Champions 2018 (Foto: Gleb Garanich/Reuters)
Jakarta - Duel Real Madrid vs Liverpool di final Liga Champions 2018 memunculkan El Real sebagai pemenang usai mengalahkan The Reds 3-1. Berikut catatan seputar laga itu.

Di NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/05/2018) dini hari WIB, Madrid berjaya lewat gol-gol dari Karim Benzema dan Gareth Bale (dua gol). Liverpool cuma bisa membalas lewat Sadio Mane.

Kedua tim berimbang tanpa gol di 45 menit pertama. Paruh pertama laga final Liga Champions 2018 ini juga diwarnai dengan cederanya Mohamed Salah, bintang Liverpool, yang ditarik keluar di menit ke-30.


Kedudukan imbang itu terputus setelah kiper Liverpool Loris Karius membuat blunder fatal, yang bikin Benzema bisa mencetak gol Madrid di menit ke-51. Skor di final Liga Champions 2018 ini berubah jadi 1-0.

Liverpool kemudian merespons dengan cepat lewat gol Mane di menit ke-55. Kedudukan di partai puncak kompetisi teratas antarklub Eropa itu kembali sama kuat, kali ini dengan skor 1-1.

Masuknya Bale sebagai pemain pengganti di menit ke-61 lantas menginspirasi kemenangan Madrid di Liga Champions 2017/2018. Tiga menit usai beraksi, Bale mencetak gol salto untuk membuat Madrid unggul lagi.


Satu kesalahan antisipasi dari Karius di menit ke-83, ketika berusaha meredam bola sepakan Bale, melahirkan gol terakhir dalam final di Kiev tersebut. Madrid juara Liga Champions 2018.

Dari statistik hasil final Liga Champions 2018 di UEFA.com, Madrid (putih) terlihat lebih dominan dalam penguasaan bola ketimbang Liverpool (merah). Cukup telak, yakni 61%-39%.

Hasil dan Highlights Final Liga Champions 2018: Real Madrid vs LiverpoolFoto: UEFA.com

Sedangkan dari jumlah serangan, Madrid dan Liverpool sama-sama mencatatkan 12 percobaan. Yang membedakan adalah rincian usaha-usaha tersebut, baik dari segi tepat sasaran (on target), meleset (off target), maupun kena blok.

Hasil dan Highlights Final Liga Champions 2018: Real Madrid vs LiverpoolFoto: UEFA.com

Dari aspek pertahanan, kedua tim relatif berimbang dalam perebutan bola. Tapi Liverpool (10) terlihat jauh lebih unggul daripada Madrid (2) dalam hal jumlah tekel.

Sebaliknya, Si Putih (7) lebih banyak membuat blok ketimbang Si Merah (1). Liverpool juga membuat lebih banyak pelanggaran dibandingkan Madrid dengan 18 pelanggaran berbanding 5.

Hasil dan Highlights Final Liga Champions 2018: Real Madrid vs LiverpoolFoto: UEFA.com

Lebih jauh mengenai tayangan highlights final Liga Champions 2018 antara Real Madrid vs Liverpool, dapat dilihat: di sini.



(krs/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed