DetikSepakbola
Selasa 14 Agustus 2018, 12:15 WIB

Piala Super Eropa 2018: Dominasi Klub Spanyol di Benua Biru

Yanu Arifin - detikSport
Piala Super Eropa 2018: Dominasi Klub Spanyol di Benua Biru Piala Super Eropa 2018 akan mempertemukan Real Madrid vs Atletico Madrid. (Foto: Matej Divizna/Getty Images for UEFA)
Jakarta - Piala Super Eropa 2018 akan digelar tengah pekan ini. Laga antara Real Madrid vs Atletico Madrid itu menjadi bukti dominasi tim Spanyol di Benua Biru.

Piala Super Eropa 2018 akan pertemukan Real Madrid vs Atletico Madrid di A. Le Coq Arena, Tallin, Estonia, Kamis (16/8) dini hari WIB. Kedua tim sukses menjadi kampiun kompetisi Eropa musim lalu.




Real Madrid sukses menjadi juara Liga Champions musim lalu. Adapun Atletico sukses keluar menjadi juara Liga Europa 2017/2018.

Piala Super Eropa 2018 pun kembali mempertemukan dua klub La Liga, yang sudah bersua tiga kali sebelumnya. Secara total, klub asal Spanyol cukup digdaya di Benua Biru.




Berikut fakta menarik jelang Real Madrid vs Atletico Madrid di Piala Super Eropa seperti dilansir situs resmi UEFA:

- Real Madrid berpeluang merengkuh titel Piala Super Eropa untuk ketiga kalinya secara beruntun sejak 2016/2017. Jika bisa melakukannya, mereka menjadi satu-satunya tim yang mampu melakukannya.

- Jika menang, Madrid akan mengoleksi lima gelar Piala Super Eropa. Sebelumnya ada AC Milan dan Barcelona yang lebih dulu punya koleksi lima gelar.

- Atletico belum pernah kalah di Piala Super Eropa, dengan dua pertandingannya pada 2010 dan 2012 sukses dimenangi. Jika bisa menang, Atletico menyamai penampilan Anderlecht, Juventus, dan Valencia yang bisa menyapu bersih tiga laga Piala Super Eropa dengan kemenangan.

- Sementara bagi Real Madrid, ini Piala Super Eropa ketujuhnya. Madrid sudah dua kali kalah, dan sisanya menang dalam enam laga sebelumnya.

- Siapapun yang menang, ini akan membuat wakil Spanyol sukses menjuarai Piala Super Eropa lima kali secara beruntun. (Real Madrid 2014, 2016, 2017 dan Barcelona 2015)

- Jika ditotal, wakil Spanyol akan mengoleksi 15 gelar di Piala Super Eropa, Italia punya sembilan dan Inggris baru tujuh gelar.

- Ini menjadi yang ketujuh kalinya Piala Super Eropa mempertemukan dua tim dari satu negara. Khusus untuk Spanyol, ini kelima kalinya dua wakilnya bertemu, dan yang menarik adalah ini akan menjadi pertemuan keempat dalam lima musim terakhir.

- Ini menjadi pertemuan ke-10 antara Real Madrid vs Atletico Madrid di kompetisi Eropa. Madrid mengemas lima kemenangan, Atletico dua kali, dan sisanya berimbang.

- Pertemuan terakhir keduanya di kompetisi Eropa terjadi di semifinal Liga Champions 2016/2017, di mana Real Madrid menang agregat 4-2.
(yna/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed