DetikSepakbola
Rabu 19 September 2018, 01:51 WIB

Hasil Liga Champions: Messi Hat-trick, Barcelona Hajar PSV 4-0

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Hasil Liga Champions: Messi Hat-trick, Barcelona Hajar PSV 4-0 Lionel Messi mencetak hat-trick dalam kemenangan 4-0 Barcelona atas PSV Eindhoven di Liga Champions (Foto: Sergio Perez/Reuters)
Barcelona -
Barcelona mengawali langkahnya di Liga Champions 2018/2019 dengan mantap. Lionel Messi mencetak hat-trick, Barca membukukan kemenangan 4-0 atas PSV Eindhoven.

Dalam pertandingan matchday 1 Grup B Liga Champions di Camp Nou, Selasa (18/9/2018) malam WIB, Barca sempat dapat tekanan dari PSV di menit-menit awal. Namun, setelah mencetak gol pertama, Barca kemudian mampu memegang kendali permainan.

Secara keseluruhan, dalam catatan ESPN, Barca mendominasi dengan penguasaan bola mencapai 75%. Luis Suarez dkk tercatat melepaskan 21 tembakan, sembilan di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara itu, PSV yang banyak mengandalkan serangan balik mencatatkan 14 tembakan dan hanya satu yang mengarah ke gawang. Sepanjang laga, Marc Andre ter Stegen hanya satu kali melakukan penyelamatan.

Messi membuka keunggulan Barca di babak pertama lewat sebuah tendangan bebas. Pemain asal Argentina itu kemudian menambah dua gol di paruh kedua untuk mencatatkan hat-trick. Satu gol lagi dari Barca diciptakan oleh Ousmane Dembele.

Dengan kemenangan ini, Barca untuk sementara memimpin klasemen Grup B dengan tiga poin. Mereka unggul selisih gol atas Inter Milan yang di saat bersamaan menang 2-1 atas Tottenham Hotspur.


Jalannya Pertandingan

Meski bertindak sebagai tim tamu, PSV tak takut untuk menekan. Peluang pertama di laga ini didapat PSV di menit kedelapan.

Barcelona tak mampu membuang bola tendangan bebas Hirving Lozano dengan sempurna. Bola muntah kemudian jatuh ke kaki Gaston Pereiro yang langsung melepaskan tembakan. Upayanya itu masih melayang di atas mistar gawang.

Kerja sama Luis Suarez dan Philippe Coutinho menghasilkan peluang untuk Barca. Namun sundulan Coutinho melambung di atas gawang.

PSV mengancam gawang Barca lewat sebuah serangan balik setelah Ousmane Dembele kehilangan bola. Serangan tersebut dituntaskan oleh Steven Bergwijn dengan tendangan melengkung dari sisi kiri kotak penalti, namun bola melebar dari gawang Marc Andre ter Stegen.

Peluang bagus didapat Suarez di menit ke-20 setelah menerima bola terobosan dari Messi. Suarez yang mampu melepaskan diri dari jebakan offside langsung melepas tendangan dari sudut sempit. Namun bola hanya mengenai sisi samping jaring gawang.

Sergi Roberto dua kali menguji kiper PSV, Jeroen Zoet. Sundulannya meneruskan umpan dari Coutinho di menit ke-23 memaksa Zoet melakukan penyelamatan.

Lima menit kemudian, Sergi Roberto mencoba melepaskan tembakan jarak jauh. Zoet mampu mengamankan bola meski sempat nyaris kehilangan kontrol.

Penetrasi yang dilakukan Dembele di menit ke-30 memaksa Nick Viergever melakukan pelanggaran di depan kotak penalti PSV. Barca pun mendapat tendangan bebas.

Messi maju sebagai eksekutor. Dia melepaskan tendangan yang mengarah ke pojok atas gawang. Bola meluncur mulus tanpa bisa dijangkau oleh Zoet.


Hasil Liga Champions: Messi Hat-trick, Barcelona Hajar PSV 4-0Lionel Messi melepaskan tendangan bebas yang memberi Barcelona keunggulan 1-0 atas PSV di babak pertama (Foto: Albert )Gea/Reuters
Usai membuka keunggulan, Barca terus memegang kendali permainan. Ivan Rakitic gantian mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun Zoet masih bisa mengantisipasinya.

PSV sempat mengancam di masa injury time lewat serangan balik. Namun tendangan Luuk de Jong masih melambung di atas mistar gawang Barca. Tak lama kemudian, babak pertama tuntas.


Memasuki babak kedua, Barca masih memegang kendali permainan. Tendangan Messi dari depan kotak penalti memaksa Zoet melakukan penyelamatan.

Coutinho menyia-nyiakan peluang setelah menerima umpan tarik dari Suarez. Coutinho mencoba menyambar bola dari Suarez dengan tendangan first-time, tapi bola jauh melambung di atas gawang PSV.

Coutinho kembali menebar ancaman. Melakukan tusukan dari kiri, Coutinho kemudian melepaskan tembakan ke arah tiang jauh. Zoet bereaksi dengan baik untuk menepis bola.

Barca kembali mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti PSV menyusul pelanggaran terhadan Suarez. Namun kali ini tendangan Messi tidak tepat sasaran.

PSV bukan tanpa peluang. Bergwijn bergerak di sisi kiri dan kemudian mengoper kepada Angelino. Angelino langsung melepaskan tembakan, tapi Ter Stegen bisa mengantisipasi dengan baik.

Bergwijn kembali memimpin serangan PSV. Bola kemudian dioper kepada Lozano yang ada di sisi kiri kotak penalti Barca. Lozano melepaskan tembakan, tapi diblok Gerard Pique.

Barca nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-67. Di dalam kotak penalti, Suarez mengangkat bola seperti hendak mengirim umpan. Namun bola rupanya mengarah ke gawang dan membentur mistar.


Barca menggandakan keunggulan di menit ke-74 lewat aksi individu Dembele. Setelah melepaskan diri dari kawalan pemain PSV, Dembele kemudian menggiring bola mendekati kotak penalti PSV.

Di depan kotak penalti, Dembele melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kanan. Bola meluncur ke pojok kanan bawah gawang dan tak bisa dihentikan oleh Zoet.

Hanya berjarak tiga menit, Barca menambah gol. Rakitic mengangkat bola ke kotak penalti dan Messi langsung menuntaskannya dengan sepakan first-time. Zoet mati langkah tak bisa mengantisipasi tendangan Messi.

Mulai menit ke-79, Barca harus kehilangan Samuel Umtiti. Bek asal Prancis itu mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran kepada Lozano.

PSV sempat menjebol gawang Barca di menit ke-83 lewat tendangan Lozano. Namun gol tersebut dianulir karena Lozano lebih dulu dalam posisi offside saat menerima bola dari De Jong.

Di menit ke-87, Messi sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor untuk memantapkan kemenangan Barca. Menerima umpan terobosan dari Suarez, Messi dengan tenang melepaskan tembakan dengan kaki kanan untuk menjebol gawang PSV.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen, Umtiti, Alba, Roberto, Pique, Coutinho (Lenglet 81'), Busquets, Rakitic (Vidal 85'), Suarez, Messi, Dembele (Arthur 83')

PSV: Zoet, Angelino, Schwaab, Dumfries, Viergever (Isimat-Mirin 66'), Rosario (Gutierrez 82'), Hendrix, Pereiro, Lozano, De Jong, Bergwijn (Malen 78')


(nds/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed