DetikSepakbola
Rabu 19 September 2018, 12:04 WIB

Messi Sang Predator: Tak Banyak Gerak tapi Mematikan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Messi Sang Predator: Tak Banyak Gerak tapi Mematikan Lionel Messi mencetak hat-trick ke gawang PSV Eindhoven. (Foto: Sergio Perez/REUTERS)
Jakarta - Lionel Messi menunjukkan bagaimana caranya bermain efektif, mematikan di saat yang dibutuhkan. Bintang Barcelona itu disebut bermain bak predator.

Messi mencetak hat-trick kala Barcelona melumat PSV Eindhoven 4-0 di Camp Nou, Rabu (19/9/2018) dinihari WIB pada matchday 1 Liga Champions. Satu gol lainnya disumbangkan oleh Ousmane Dembele, yang merupakan gol kedua Blaugrana di laga ini.
Messi sepantasnya jadi penampil terbaik di pertandingan ini, bukan semata-mata karena golnya. Kontribusinya dalam permainan memang besar, tengok saja catatan empat tembakan tepat target dari enam percobaan (tiga jadi gol), tiga umpan kunci, juga 90% umpan akurat dari 80 operan. Whoscored pun memberinya nilai sempurna 10, terbaik di pertandingan ini.

Mantan penyerang Barcelona Ronald De Boer menilai Messi menunjukkan permainan tipikalnya yang efektif dan efisien di laga ini. De Boer menyebut Messi memang tak menjelajah lapangan sebanyak rekan-rekan setimnya, namun tahu kapan harus beraksi.

Messi sang Predator: Tak Banyak Gerak tapi MematikanHeatmap Lionel Messi (Foto: whoscored)


Messi nyaris tak pernah jauh-jauh dari area lingkaran tengah dan kanan-tengah lapangan. Pemain asal Argentina itu juga hampir selalu bergerak ke depan dan tak melakukan track-back, namun terbayar dengan tiga golnya.

"Ini adalah tipikal cara Messi bermain dalam dua, tiga musim terakhir. Dia itu seorang predator," ujar De Boer di situs resmi UEFA.

"Dia memang mencakupi jarak tempuh yang lebih kecil dibandingkan para pemain Barca lainnya, tapi ketika dia perlu beraksi, dia melakukannya."

"Anda melihat itu di gol ketiganya," imbuhnya.

Pada gol ketiganya, Messi meloloskan diri dari pengawalan dua pemain untuk menerima umpan terobosan Luis Suarez. Menusuk dari depan kotak penalti, dia menyelesaikan aksinya dengan tembakan mendatar kaki kanan mengarah pojok kiri bawah gawang.


Simak Juga 'Keganasan Messi Bungkam PSV':

[Gambas:Video 20detik]


(raw/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed