DetikSepakbola
Kamis 20 September 2018, 07:12 WIB

Wasit Felix Brych: 1 Kartu Merah untuk Ronaldo, 2 Penalti untuk Juventus

Doni Wahyudi - detikSport
Wasit Felix Brych: 1 Kartu Merah untuk Ronaldo, 2 Penalti untuk Juventus Felix Brych dikerubungi pemain Juventus usai memberi kartu merah pada Cristiano Ronaldo (REUTERS/Sergio Perez)
Valencia - Wasit Felix Brych asal Jerman jadi sensasi di matchday pertama Liga Champions. Dia menghukum Cristiano Ronaldo kartu merah, namun kemudian memberi dua penalti ke Juventus.

Felix Brych mengeluarkan kartu merah dari kantongnya dan mengacungkan ke arah Ronaldo saat pertandingan Valencia vs Juventus di Stadion Mestalla, Kamis (20/9/2018) dinihari WIB, masuk menit 28. Keputusan itu diambil Brych usai dia berkonsultasi dengan hakim garis.

Keputusan mengeluarkan kartu merah langsung dinilai kontroversial lantaran Ronaldo tidak tak membuat pelanggaran serius. Kontaknya dengan Jeison Murillo terbilang minim.



Namun ada yang menganggap kartu merah tersebut dia keluarkan lantaran Ronaldo memegang kepala Murillo saat dia terjatuh.

Selain kartu merah ke Ronaldo, Brych ramai diberitakan karena menghukum Valencia dengan dua penalti. Dua penalti inilah yang kemudian jadi penantu kemenangan 2-0 Bianconeri.

Penalti pertama diberikan setelah Daniel Parejo mengangkat kaki terlalu tinggi hingga mengenai kepala Joao Cancelo. Miralem Pjanic mengeksekusi dengan sempurna penalti ini di menit 45.

Ketika babak kedua baru berjalan enam menit, titik penalti di depan gawang Valencia kembali ditunjuk Brych. Kali ini Ruben Vezo dinilai melakukan pelanggaran karena menarik Leonardo Bonucci.



Sekali lagi Pjanic menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor tanpa cela.

Lahir pada tahun 1975, Brych mulai menjadi wasit profesional FIFA pada tahun 2007. Sebelumnya sejak 2004 dia mulai memimpin laga Bundesliga. Pria yang juga berprofesi sebagai pengacara itu punya banyak jam terbang di berbagai kompetisi terbaik dunia.

Dia memimpin laga antara Serbia dan Swiss di Piala Dunia 2018. Sementara di Liga Champions dia di antaranya memimpin laga semifinal antara Liverpool dengan AS Roma musim lalu dan duel Juventus vs Tottenham Hotspur yang berkesudahan 2-2.

Dari 120 laga internasional yang dia pimpin sebelum laga dinihari tadi, Brych mengeluarkan 32 kartu merah (rata-rata 1 kartu merah setiap 4 laga) dan memberi 39 penalti (rata-rata 1 penalti setiap 3 pertandingan).

Dikutip dari worldreferee.com, Brych pernah diperiksa dengan tuduhan penggelapan pajak di tahun 2011 di mana rumahnya juga pernah digeledah atas tudukan yang sama. Bergelar doktor di bidang hukum, Brych juga sudah menulis sebuah buku.


Pantaskah Ronaldo Mendapat Kartu Merah? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(din/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed