sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 20 Sep 2018 18:10 WIB

Senyum Renato Sanches Kembali Merekah di Markas Benfica

Redzi Arya Pratama - detikSport
Renato Sanches mencetak satu gol saat Bayern menang atas Benfica di Liga Champions. (Foto: Octavio Passos/Getty Images)
Jakarta - Renato Sanches mengalami masa-masa sulit dalam dua musim terakhir. Musim ini, kariernya bisa saja kembali menyala terang.

Sanches mencuri perhatian kala membantu Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 lalu. Dia hanya absen sekali sepanjang turnamen dan memainkan enam laga, mencetak satu gol, dalam perjalanan Portugal juara.




Penampilan pemain yang kala itu baru berusia 18 tahun tersebut memikat sejumlah klub, hingga akhirnya Bayern Munich yang memenangi tanda tangannya. Sanches pun meninggalkan Benfica dan bergabung dengan Bayern pada awal musim 2016/2017.

Di musim tersebut, Sanches dipercaya tampil 25 kali di seluruh ajang, namun gagal memberikan kontribusi gol maupun assist. Persaingan ketat di lini tengah Bayern juga membuatnya kesulitan, hingga akhirnya dipinjamkan ke Swansea City di musim 2017/2018.

Di Swansea, Renato mencoba menghidupkan kariernya. Namun setelah 15 penampilan cedera hamstring mengadangnya, dan gelandang timnas Portugal ini tak bermain lagi sedari Januari hingga akhir musim.

Sanches lantas kembali ke Bayern di muism 2018/2019 ini. Pelatih baru Bayern Niko Kovac sejak di pramusim menunjukkan niat mempertahankannya, bahkan bertekad membuatnya merasa nyaman sehingga kemampuan terbaiknya keluar.

Sanches masih diparkir ketika Bayern menjalani laga Piala Super Jerman, DFB Pokal, dan tiga pekan pertama Bundesliga. Tapi kemudian Kovac mempercayainya untuk jadi starter di partai Liga Champions kontra Benfica yang merupakan mantan klubnya.

Sanches menjawab kepercayaan itu dengan baik lewat satu gol, dengan Bayern menang 2-0. Gol itu hasil dari satu-satunya tembakan tepat target yang dicatatkannya, dari total dua percobaan yang dilepaskan.

Dia juga membukukan dua dribel sukses. Selain itu mencatatkan akurasi umpan sebesar 93,6%, terbesar di antara pemain-pemain yang jadi starter. Penampilannya pun diapresiasi suporter Benfica, yang memberinya applause.
"Saya ikut senang untuk Renato dan tim. Saya bilang kemarin bahwa dia luar biasa di pramusim dan takkan lama sampai dia beraksi di lapangan," ujar Kovac dilansir situs resmi Bundesliga.

"Hari ini saya bilang dia bermain, bahwa saya percaya dengannya, dan bahwa saya ingin dia bermain dengan simpel. Saya sih maunya dia bikin dua gol, tapi dia cuma bikin satu," seloroh Kovac.

Sanches tak bisa menutupi kegembiraannya bisa tampil penuh dan mencetak gol. Terlebih dengan tampil di markas Benfica yang pernah jadi rumahnya. Senyum lebar tersungging di bibirnya.

"Saya sangat senang bisa melewati malam seperti ini di Lisbon, dan saya ingin berterima kasih kepada fans Benfica," ujarnya setelah laga kepada Sky.

"Ini momen yang sangat spesial bagi saya dan saya sungguh menikmatinya," tambah dia. (raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com