DetikSepakbola
Kamis 04 Oktober 2018, 12:15 WIB

Kiper Sudah Oke, Giliran Lini Serang Si Merah yang Bermasalah

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Kiper Sudah Oke, Giliran Lini Serang Si Merah yang Bermasalah Gawang Liverpool kini lebih aman saat dijaga Alisson Becker (Catherine Ivill/Getty Images)
Naples - Kedatangan Alisson Becker setidaknya menuntaskan permasalahan di lini belakang Liverpool. Tapi masalah baru justru muncul di lini serang Si Merah saat ini.

Musim lalu dua kiper yang dimiliki Liverpool, yakni Loris Karius dan Simon Mignolet, dianggap tidak mumpuni untuk jadi orang nomor satu di bawah mistar. Lalu, didatangkalah Alisson dari AS Roma dengan banderol 66 juta pound sterling.

Sejauh ini kedatangan Alisson terbukti membuat kokoh lini belakang Liverpool. Dari tujuh pertandingan di Premier League, Liverpool baru kebobolan tiga gol dan ditambah duet Virgil van Dijk serta Joe Gomez, lini belakang klub itu membaik.






Tapi, permasalahan baru muncul ketika Liverpool seperti kehilangan daya ledaknya yang jadi andalan sepanjang musim lalu. Hal itu terlihat dari tiga pertandingan terakhirnya di seluruh kompetisi, hanya tiga gol diciptakan meski punya banyak peluang.

Terakhir Liverpool kalah 0-1 dari Napoli di Matchday 2 Grup C Liga Champions di San Paolo, Kamis (4/9/2018) malam WIB. Pada laga itu, trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane, sama sekali tak bikin tembakan tepat sasaran. Liverpool sendiri lebih banyak ditekan sepanjang laga dan cuma melepaskan empat shots.


Kiper Sudah Oke, Giliran Lini Serang Si Merah yang BermasalahLiverpool vs Chelsea di Piala Liga Inggris (Whoscored.com)



Kiper Sudah Oke, Giliran Lini Serang Si Merah yang BermasalahChelsea vs Liverpool di Premier League (Whoscored.com)



Kiper Sudah Oke, Giliran Lini Serang Si Merah yang BermasalahNapoli vs Liverpool di Liga Champions (Whoscored.com)



Tiadanya gol itu meneruskan catatan buruk trio Firmansah dalam tiga laga terakhirnya yang sama sekali tidak bisa menjebol jala lawan. Liverpool pun cuma bikin dua gol meski punya total 30 attempts. Menurut Whoscored, rasio konversi peluang Liverpool di laga-laga itu cuma tujuh persen!

Bukan catatan yang bagus bagi Salah, Firmino, dan Mane yang sepanjang musim lalu membuat lebih dari 90 gol. Apalagi Salah kini tengah jadi sorotan karena sudah puasa gol di tiga laga terakhirnya dan baru bikin tiga gol sedari awal musim.

Masalah yang harus segera diperbaiki Juergen Klopp selaku manajer jika tak ingin tertinggal dalam persaingan dengan Manchester City di puncak klasemen Premier League. Saat ini City unggul dalam hal selisih gol.



Kiper Sudah Oke, Giliran Lini Serang Si Merah yang BermasalahMohamed Salah dan Sadio Mane tengah tampil buruk (Alberto Lingria/REUTERS)



"Saya tidak yakin 100 persen kenapa Liverpool tampil sedemikian buruknya, tapi memang seperti itulah kondisi kami," ujar Klopp seperti dikutip FourFourTwo.

"Kami telat menutup celah yang ada, timing-nya pun tidak bagus dari lini pertahanan, kami tidak tidak bereaksi dengan cepat di situasi yang tepat, dan mereka pun akhirnya bisa bebas menekan," sambungnya.




"Kami tidak banyak membuat kesempatan. Babak kedua tampil buruk. Pertanda buruk tentunya ketika Anda bilang pemain terbaik adalah kiper Anda, tapi kenyataannya seperti itu malam ini."

"Sebagian besar memang salah saya. Saya hanya butuh semalam lagi untuk melihat laga ini, tapi tidak seharusnya seperti itu," tutupnya.


Simak Juga 'Liverpool Kalah, Klopp: Ini Kesalahan Saya':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed