DetikSepakbola
Rabu 24 Oktober 2018, 01:11 WIB

Jelang Liga Champions

Saatnya Barcelona Mengatasi Messidependencia

Yanu Arifin - detikSport
Saatnya Barcelona Mengatasi Messidependencia Lionel Messi akan absen membela Barcelona menghadapi Inter Milan dan Real Madrid akibat cedera. (Foto: Albert Gea/Reuters)
Barcelona - Messidependencia atau ketergantungan pada Lionel Messi dialami Barcelona. Pelatih Ernesto Valverde berniat mengatasi masalah tersebut.

Messi merupakan mesin gol utama Barcelona. Namun sang striker kini sedang absen bermain lantaran mengalami cedera patah tulang, yang dialaminya akhir pekan lalu.

Barcelona harus kehilangan Messi saat harus menghadapi jadwal sulit. Blaugrana harus menghadapi Inter Milan di Liga Champion, Kamis (25/8) dan Real Madrid di La Liga (28/10).



Padahal, musim ini saja, Messi sudah begitu berperan untuk Barcelona. Dari 12 laga yang dimainkannya, ia sudah menyarangkan 12 gol untuk klubnya.

Kehilangan Messi diakui Valverde akan mengubah gaya permainan Barcelona. Namun mau tak mau Gerard Pique dkk harus bertanding tanpa sang Messiah.

"Saya benar-benar tidak memikirkan 'Messidepenencia'. Jika Messi bermain, jelas dia akan mempengaruhi gaya tim. Kami bergantung pada Messi, seperti yang kami lakukan pemain lain, tapi Messi adalah yang terbaik," kata Valverde seperti dilansir AFP.

"Dia adalah pemain terbaik yang pernah kami lihat dan sekarang kami semua harus membuat ketidakhadirannya tidak begitu berpengaruh karena kami tidak memiliki kejeniusannya," tambahnya.




Laga penting pertama Barcelona tanpa Messi adalah menjamu Inter di Camp Nou dalam matchday ketiga Grup B Liga Champions. Valverde meminta timnya bisa melepas ketergantungan tersebut.

"Jelas itu akan sangat mempengaruhi kami. Tetapi pada saat yang sama itu adalah kesempatan untuk membuktikan diri tanpa Messi. Kami punya laga penting dan banyak motivasi untuk mereka. Ini adalah periode bagi kami tanpa Messi dan kami ingin melupakannya saat kami menang," jelasnya.
(yna/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed