Camp Nou Kuburan Klub Italia, Termasuk Inter Milan?

Doni Wahyudi - Sepakbola
Rabu, 24 Okt 2018 18:46 WIB
Duel Barcelona vs Inter Milan di Liga Champions sembilan tahun lalu (Jasper Juinen/Getty Images)
Jakarta - Barcelona tak akan diperkuat Lionel Messi saat menjamu Inter Milan di Liga Champions. Tapi di Camp Nou, The Catalans punya rekor impresif atas klub-klub Serie A.

Barcelona kehilangan Lionel Messi selama beberapa pekan setelah bintang asal Argentina itu mengalami patah tangan di akhir pekan kemarin. Ketiadaan Messi dianggap sebagai peluang Inter untuk meraih kemenangan.

"(Cedera) Leo adalah kehilangan besar. Kami semua bermain lebih baik saat dia berada di atas lapangan. Kami harus mengeluarkan kemampuan terbaik dan kami mampu melakukan itu (tanpa Messi)," ucap Jordi Alba dikutip dari BBC.



Nerazzurri pantas menyimpan optimisme untuk laga tersebut karena mereka memang tengah dalam tren oke. Mauro Icardi dkk baru saja mengalahkan AC Milan di Liga Italia. Selain itu skuat besutan Luciano Spalletti juga meraih dua kemenangan di dua pertandingan pertama fase grup Liga Champions.

Berikut fakta dan statistik pertemuan Barcelona dan Inter Milan:

- Barcelona menang tiga kali dari enam pertemuan dengan Inter Milan di Liga Champions (D2 L1). Satu-satunya kekalahan terjadi di semifinal Liga Champions 2009/2010, di Giuseppe Meazza ketika itu Inter menang 3-1.

- Di Camp Nou, Barvelona menang empat kali dari lima perjamuan terhadap Inter di semua kompetisi. Termasuk di antaranya tiga laga Liga Champions. Satu-satunya kekalahan kandang Barcelona atas Inter terjadi di Fairs Cup tahun 1970 dengan skor 2-1.



- Barcelona tak terkalahkan pada 13 pertandingan kandang terakhirnya menghadapi klub Italia di Camp Nou. Kekalahan kandang terakhir Barca atas klub Italia adalah oleh Juventus dengan skor 1-2.

- Kekalahan terakhir Barcelona di kandang pada ajang Liga Champions adalah di Mei 2013 oleh Bayern Munich (0-3). Setelah itu Barcelona tak terkalahkan di 27 pertandingan kandang (W25 D2), mencetak 85 gol dan hanya kemasukan 13 kali dalam kurun tersebut.

- Jika berhasil mengalahkan Barcelona, Inter akan meraih tiga kemenangan beruntun di tiga matchday pertama fase grup. Sepanjang sejarah Liga Champions mereka baru sekali meraihnya di 2004/2005.

- Pada September 2010 Inter Milan menang 4-0 atas Werder Bremen. Sejak saat itu Inter tak pernah menang dengan selisih gol lebih dari satu di Liga Champions. Total ada 12 kemenangan diraih Inter sejak saat itu.

- Di antara tim-tim yang sudah memenangi 50 pertandingan Liga Champions, Inter punya persentase kemenangan selisih satu gol paling besar (32 dari 52 atau 62%). Sementara Barcelona justru punya persentase kemenangan selisih satu gol paling kecil (40 dari 140 atau 29%).

- Inter memenangi dua laga Liga Champions terakhirnya meski tertinggal lebih dulu. Ada dua klub yang berhasil menang beruntun lebih banyak setelah tertinggal lebih dulu. Mereka adalah Manchester United dan Real Madrid (empat pertandingan beruntun).




Tonton juga 'Wajah Baru Stadion Camp Nou':

[Gambas:Video 20detik]

(din/mrp)