Lyon Bakal Bikin Manchester City Menderita Lagi?

Redzi Arya Pratama - Sepakbola
Selasa, 27 Nov 2018 14:36 WIB
Manchester City kalah dari Lyon pada pertemuan pertama di Etihad Stadium (Richard Heathcote/Getty Images)
Lyon - Olympique Lyonnais membuat kejutan saat mengalahkan Manchester City di Etihad Stadium. Punya rekor bagus atas tim Inggris, Lyon bisa bikin The Citizens menderita lagi.

Pada pertemuan pertama kedua tim di grup F Liga Champions, Lyon secara mengejutkan mampu menang 2-1 di kandang City, Etihad Stadium. Ini menjadi satu-satunya kekalahan City sejauh musim 2018-2019.

City maupun Lyon saat ini menjadi dua tim teratas klasemen Grup F. City dengan 9 poin di puncak, sedangkan Lyon membuntuti dengan 6 poin. Hebatnya, Lyon-lah tim yang belum kalah di grup ini (1 menang 3 imbang).



Pertemuan kedua di kandang Lyon, Groupama Stadium, Rabu (28/11/2018) dini hari WIB nanti pun tentu menarik untuk disimak. Apalagi kandang Los Gones ini terbilang angker bagi tim-tim Inggris.

Tuan rumah baru kalah sekali dari 10 laga kandang terakhir di ajang Eropa melawan tim Inggris (3 menang, 6 seri, 1 kalah). Satu-satunya kekalahan terjadi 2001 saat menghadapi Arsenal.

Modal bagus itu tak hanya datang dari diri mereka sendiri, tapi rekor City di Prancis juga jauh dari kata memuaskan. The Citizens baru tampil dua kali di Prancis pada kompetisi Eropa, yang mana mereka tak pernah menang.

City imbang 2-2 ketika melawan Paris Saint-Germain April 2016. Kemudian sempat kalah 1-3 di kandang AS Monaco setahun kemudian.



Andai Lyon berhasil menang, ini akan menjadi pertama kalinya City asuhan Josep Guardiola dikalahkan dua kali oleh tim yang sama di fase grup Liga Champions.

Meski begitu, Lyon bukan berarti sebegitu sempurnanya di kandang. Walau belum pernah kalah, tapi tiga laga terakhir di Parc Olympique Lyonnais berakhir imbang. Ini bisa jadi ajang Lyon untuk membuktikan kualitas di rumah sendiri. Apalagi lawannya sekelas City. (din/cas)