sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 12 Des 2018 13:56 WIB

Wakil Inggris Masih Utuh di 16 Besar Liga Champions

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Harus berjuang sampai matchday 6, Liverpool dan Tottenham Hotspur akhirnya maju ke 16 besar Liga Champions. Wakil Inggris pun masih utuh memasuki fase knockout.

Selepas matchday 5, baru dua wakil Inggris yang memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka adalah Manchester City dan Manchester United.

City lolos usai bermain imbang 2-2 di markas Lyon. Sedangkan MU melaju berkat kemenangan 1-0 atas Young Boys yang ditentukan oleh gol Marouane Fellaini di masa injury time.

Tottenham dan Liverpool kemudian masih harus berjuang untuk lolos di matchday 6. Kedua tim tersebut menghadapi tantangan yang sama-sama tidak mudah.


Tottenham yang berada di Grup B harus tandang ke markas Barcelona. Mereka harus dapat hasil yang setidaknya sama dengan Inter Milan untuk lolos ke babak 16 besar.

Bertanding di Camp Nou, Rabu (12/12) dini hari WIB, Tottenham nyaris kalah. Ousmane Dembele membawa Barca unggul lewat gol cepatnya di menit ketujuh.

Tottenham akhirnya selama dari kekalahan berkat gol Lucas Moura di menit ke-85. Meski cuma dapat hasil imbang 1-1, Tottenham tetap lolos sebagai runner-up karena di saat bersamaan Inter juga cuma bermain seri 1-1 dengan PSV Eindhoven.

Tottenham memang punya jumlah poin sama dengan Inter (8). Namun Harry Kane dkk unggul head-to-head gol tandang atas tim asal Italia itu.


Dari Anfield, Liverpool juga lolos dari lubang jarum. The Reds bahkan menghadapi situasi yang lebih rumit di Grup C.

Liverpool wajib menang atas Napoli di pertandingan terakhir untuk membuka kans lolos ke babak 16 besar. Namun kemenangan itu juga harus dibarengi hasil lain.

Pada akhirnya Liverpool menang 1-0 atas Napoli. Meski punya jumlah poin sama dengan Napoli, The Reds lolos sebagai runner-up Grup C berkat keunggulan produktivitas gol.

Tim-tim Inggris pun mengulang prestasi yang dicatat musim lalu. Pada Liga Champions 2017/2018, lima tim Inggris melewati fase grup dan masuk ke babak 16 besar.


Jika Liverpool dan Tottenham sudah dipastikan lolos sebagai runner-up, tak demikian dengan City dan MU. Kedua tim asal Manchester itu masih punya peluang untuk jadi juara grup.

City akan jadi juara grup jika dapat hasil imbang melawan Hoffenheim, Kamis (13/12) dini hari WIB, atau Lyon tidak menang. Sedangkan MU akan jadi juara grup jika menang atas Valencia dan di saat bersamaan Juventus tidak dapat poin penuh.

Pengundian babak 16 besar Liga Champions akan dilakukan pada 17 Desember. Keempat tim asal Inggris itu dipastikan tidak akan saling bertemu karena berasal dari negara/federasi yang sama.



Wakil Inggris Masih Utuh di 16 Besar Liga Champions
(nds/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed