sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Feb 2019 11:50 WIB

Debut VAR yang Langsung Bikin Kontroversi di Liga Champions

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Gol Ajax ke gawang Real Madrid yang dicetak Nicolas Tagliafico dianulir wasit lewat VAR (Foto: Lars Baron/Getty Images) Gol Ajax ke gawang Real Madrid yang dicetak Nicolas Tagliafico dianulir wasit lewat VAR (Foto: Lars Baron/Getty Images)
Jakarta - Video Assistant Referee (VAR) debut di fase knockout Liga Champions. Penggunaan pertama VAR di laga Ajax versus Real Madrid langsung mendatangkan kontroversi.

UEFA baru memakai VAR di Liga Champions mulai babak 16 besar. Teknologi tersebut kemudian dipakai pertama kali dalam pertandingan Ajax versus Madrid di Johan Cruyff Arena, Kamis (14/2/2019) dini hari WIB.

Pada pertandingan tersebut, Ajax sempat unggul lebih dulu setelah mencetak gol pada menit ke-38 lewat sundulan Nicolas Tagliafico yang memanfaatkan bola yang lepas dari tangan Thibaut Courtois.

Namun wasit Damir Skomina kemudian menganulir gol tersebut setelah melihat VAR. Skomina menilai Dusan Tadic --yang berdiri di depan Courtois-- mengganggu permainan dari posisi offside meski tak menyentuh bola. Wasit kemudian memberikan tendangan bebas kepada Madrid.


Keputusan tersebut menimbulkan perdebatan. Tepatkah keputusan wasit menganulir gol Tagliafico?

"Saya sudah bilang berkali-kali bahwa saya adalah pembela VAR karena itu akan membuat sepakbola lebih adil sedikit demi sedikit," ucap kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

"Kami tahu bagaimana menderita, membaca pertandingan, dan menciptakan ruang melawan mereka untuk memanfaatkan kecepatan kami. Kami dapat hasil bagus dan sekarang tergantung mereka untuk menderita di stadion kami," imbuhnya.

Pada akhirnya, Ajax kalah 1-2 dari Madrid. Mereka akan gantian tandang ke Santiago Bernabeu di pertandingan leg kedua pada 5 Maret.

(nds/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com