sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Feb 2019 13:40 WIB

De Jong Sebut VAR Hanya Untungkan Tim Besar

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Frenkie de Jong menyebut VAR hanya menguntungkan tim besar (Lars Baron/Getty Images) Frenkie de Jong menyebut VAR hanya menguntungkan tim besar (Lars Baron/Getty Images)
Amsterdam - Gol Ajax Amsterdam ke gawang Real Madrid dianulir karena Video Assistant Referee (VAR). Frankie de Jong menyebut teknologi itu hanya untungkan tim besar.

Ajax takluk 1-2 atas Real Madrid Kamis (14/2/2019) dini hari WIB di Stadion Johan Cruyff Arena. Dua gol Los Blancos tercipta melalui Karim Benzema di menit ke-60 serta Marco Asensio menit ke-87.

Sementara satu gol balasan De Goedenzonen dihasilkan oleh Hakim Ziyech menit ke-75.



Kekalahan ini terbilang menyesakkan bagi kubu tuan rumah karena mereka mampu merepotkan Los Blancos sepanjang laga. Tercatat Skuat Eric ten Hag mampu melepas 13 tembakan, tujuh di antaranya mengarah ke gawang Thibaut Courtois.

Ajax bahkan seharusnya mampu menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 jika gol Nicolas Tagliafico di menit ke-38 tak dianulir oleh wasit usai melihat Video Assistant Referee (VAR). Gol itu tak disahkan karena Dusan Tadic dianggap mengganggu kiper.

Hal tersebut jelas membuat kecewa para penggawa Ajax. Salah satu yang mengutarakan rasa kesalnya adalah Frankie de Jong.

Gelandang yang musim depan memperkuat Barcelona ini menuding penggunaan VAR hanya menguntung tim besar.



"Kami bermain dengan baik sebagai sebuah tim. Sayang sekali gol kami dianulir. Mungkin hal seperti itu mudah dilakukan untuk menguntungkan tim besar. Kami juga memilikinya dengan baik," kata De Jong kepada NOS dilansir dari Fourfortwo.

"Tapi setelah itu kami melakukan dengan baik dan memiliki beberapa peluang. Sayang sekali itu tidak memberi kami hasil yang lebih baik," tambahnya.

Meski begitu, pria 21 tahun ini tetap merasa bangga dengan semangat juang timnya. Ia berharap Ajax bermain dengan cara yang sama saat bertandang ke markas El Real.

"Di Spanyol, kami harus bermain dengan cara yang sama seperti yang kami lakukan di kandang dengan keberanian dan keyakinan. Belum ada yang dipastikan lolos. Real akan merasakan lebih banyak tekanan di depan para penggemar mereka sendiri," ujar gelandang timnas Belanda ini.

"Kami bisa bangga dengan tim ini. Kami bertarung bersama-sama. Sangat mengecewakan untuk memberikan mereka kemenangan di menit-menit terakhir. Jika kami bermain dengan sikap yang sama, nyali yang sama, maka kami tidak perlu takut di Bernabeu," ujarnya penuh keyakinan.

(din/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed