sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Feb 2019 12:59 WIB

Jelang Liga Champions

Tak Ada Van Dijk, Bagaimana Lini Belakang Liverpool?

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Virgil van Dijk  absen saat Liverpool hadapi Bayern Munich (Carl Recine/Reuters) Virgil van Dijk absen saat Liverpool hadapi Bayern Munich (Carl Recine/Reuters)
Liverpool - Laga kontra Bayern Munich bakal terasa makin berat untuk Liverpool karena Virgil van Dijk absen. Bisakah lini belakang The Reds meredam agresivitas Die Roten?

Van Dijk harus absen karena akumulasi kartu kuning yang didapatnya di fase grup. Tak ada pemain belakang asal Belanda itu saat Liverpool menjamu Bayern pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Anfield, Rabu (20/2/2019) dini hari WIB.

Tentu saja ini kehilangan besar bagi Liverpool mengingat Van Dijk adalah pilar di lini belakang, Sejak kehadirannya Januari 2018, Van Dijk tak pernah kalah di laga kandang baik Premier League maupun Liga Champions. Dalam periode tersebut, ada 16 clean sheet dibuat oleh Liverpool.




Jadi siapapun tandem di lini belakang, mau itu Joe Gomez, Dejan Lovren, dan Joel Matip, Van Dijk tak masalah karena dia bisa mengatasi segala ancaman lawan. Kini Van Dijk harus absen dan itu seperti membuka celah lebih besar bagi para pemain depan Bayern macam Robert Lewandowski, Kingsley Coman, atau James Rodriguez.

Apalagi, performa Liverpool di fase grup tidak bagus-bagus amat karena tiga kali menang dan tiga kali kalah. Tiket kelolosan didapat di matchday terakhir karena unggul selisih gol atas Napoli.

Pekerjaan berat untuk Fabinho dan Joel Matip yang kabarnya bakal dipasang sebagai duet bek sentral. Tapi, kapten Jordan Henderosn tak memusingkan itu dan yakin kedua rekannya itu bisa bikin lini belakang Liverpool baik-baik saja.




"Tentu, dia jadi kehilangan besar untuk kami. Anda bisa lihat betapa pentingnya dia untuk tim," ujar Henderson seperti dikutip FourFourTwo.

"Tapi di saat bersamaan, saya merasa kami punya pemain yang cukup berkualitas untuk bisa mengatasinya besok malam," sambungnya.

"Dan kami tidak hanya bergantung pada dua bek tengah untuk bertahan - Tugas seluruh tim untuk bertahan dengan baik, dan kami akan melakukannya bersama-sama."

"Jadi siapapun yang bermain, saya yakin mereka tahu apa perannya dan apa yang diharapkan," demikian Henderson.


(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com