sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Mar 2019 15:40 WIB

Kumpulan Statistik Menarik dari Babak 16 Besar Liga Champions

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Cristiano Ronaldo menjadi bintang dengan meloloskan Juventus ke perempatfinal Liga Champions (Foto: Massimo Pinca/Reuters) Cristiano Ronaldo menjadi bintang dengan meloloskan Juventus ke perempatfinal Liga Champions (Foto: Massimo Pinca/Reuters)
Jakarta - Babak 16 besar Liga Champions sudah tuntas digelar. Ada beberapa data dan fakta menarik dari laga-laga babak 16 besar.

Liga Champions kini tinggal menyisakan delapan tim di babak perempatfinal. Separuh di antaranya adalah wakil dari Inggris.

Sejumlah kejutan dan comeback mewarnai babak 16 besar kali ini. Real Madrid, Atletico Madrid, Paris Saint-Germain, dan AS Roma jadi korban comeback lawan-lawannya.

Sejumlah pemain membuat rekor pada pertandingan babak 16 besar Liga Champions. Beberapa tim juga menorehkan catatan istimewa.


Berikut adalah kumpulan statistik terbaik dari babak 16 besar Liga Champions seperti dirangkum BBC:

- Barcelona tak terkalahkan dalam 30 laga laga kandang terakhir di Liga Champions (W27 D3 L0), laju terpanjang dalam kompetisi ini.

- Lionel Messi mencetak golnya yang ke-62 dalam 61 penampilan di Liga Champions di Camp Nou saat menang 5-1 atas Lyon.

- Empat tim Inggris akan tampil di perempatfinal Liga Champions untuk kali pertama sejak 2008/2009 (Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Manchester United).

- Dengan dua golnya ke gawang Bayern Munich, Sadio Mane sekarang sudah mencetak tujuh gol tandang di Liga Champions untuk Liverpool, paling banyak di antara pemain Liverpool di sepanjang sejarah.

- Atletico Madrid adalah tim keempat dalam sejarah Liga Champions yang menang di leg pertama laga fase gugur di kandang dengan skor 2-0 dan tersingkir.

- Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick yang kedelapan di Liga Champions, paling banyak di kompetisi ini sama dengan Lionel Messi.


- Ronaldo juga sudah mencetak 124 gol di Liga Champions, jauh lebih banyak daripada yang dihasilkan Atletico Madrid di kompetisi ini (118).

- Manchester City menang dengan agregat 10-2 atas Schalke. Sebelumnya hanya satu kali sebuah tim menang dengan margin lebih besar di Liga Champions fase knockout (Bayern Munich 12-1 Sporting CP pada 16 besar musim 2008/2009).

- Phil Foden menjadi pemain termuda yang bikin gol untuk Manchester City di Liga Champions, di usia 18 tahun 288 hari.

- Roma selalu kebobolan dalam 31 laga tandang secara beruntun di Liga Champions, laju terpanjang dalam sejarah kompetisi.


- Penalti kemenangan Manchester United atas PSG adalah penalti pertama Marcus Rashford di laga kompetitif bersama klub.

- Mason Greenwood menjadi pemain termuda yang tampil untuk MU di Liga Champions, berusia 17 tahun 156 hari, memecahkan rekor Gerard Pique (17 tahun 310 hari).

- Harry Kane menjadi top skorer Tottenham Hotspur di kompetisi Eropa usai membuka keunggulan timnya melawan Borussia Dortmund (24).

- Ini adalah kali pertama Ajax sukses melewati pertandingan fase knockout Liga Champions sejak 1996/1997.

(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com