Liverpool vs FC Porto: 6 Fakta Kemenangan Manis The Reds di Anfield

Doni Wahyudi - Sepakbola
Rabu, 10 Apr 2019 09:59 WIB
Liverpool vs FC Porto dimenangi tuan rumah dengan skor 2-0 (Reuters/Carl Recine)
Jakarta - Laga Liverpool vs FC Porto sekali lagi membuktikan keangkeran Stadion Anfield. The Reds tak terkalahkan di kandangnya itu dalam sekitar dua tahun terakhir di Liga Champions.

Tuntas dengan skor 2-0, pertandingan Liverpool vs FC Porto berjalan seperti banyak diprediksikan. The Reds tampil sangat dominan untuk akhirnya menang berkat gol-gol yang dilesakkan Naby Keita dan Roberto Firmino di babak pertama.

Skor 2-0 malah bisa dibilang sebagai hasil yang tak memuaskan untuk Liverpool lantaran mereka menciptakan banyak peluang sepanjang 90 menit. Situs statistik Whoscored mencatat tuan rumah melepaskan 15 tembakan, meski cuma tiga yang mengarah ke sasaran. Sementara penguasaan bola Si Merah juga jauh lebih dominan, 64,3% berbanding 35,7%.



"Kami gembira, ini leg pertama dan akan ada pertandingan kedua yang ketat. Kami mencetak dua gol dan mengendalikan permainan hampir di sepanjang laga," kata Juergen Klopp usai pertandingan.

Keunggulan 2-0 atas Porto mencatatkan rekor spesial untuk Klopp, di mana dia meraih kemenangannya yang ke-400. Selain itu, hasil 2-0 ini juga menegaskan status Anfield sebagai stadion angker di Eropa.

Berikut 6 fakta dari laga Liverpool vs FC Porto, dikutip dari BBC:

- Liverpool memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di Stadion Anfield pada ajang Liga Champions menjadi 21 laga beruntun (W15 D6). Dalam kurun tersebut The Reds mencatatkan 12 clean sheet dan hanya kemasukan 15 gol.



- FC Porto tak sekalipun pernah menang dalam 20 lawatannya ke Inggris pada kompetisi Eropa (D3 L17). Mereka jadi klub yang paling sering main di Inggris tapi paling sering juga kalah.

- Juergen Klopp meraih kemenangannya ke-400 di laga ini. Dari jumlah tersebut, 111 di antaranya diraih setelah jadi bos Liverpool. Sebanyak 180 kemenangan diraih bersama Borussia Dortmund dan 109 lainnya saat membesut FSV Mainz.

- Sejak awal musim 2017/2018, cuma Cristiano Ronaldo yang terlibat dalam penciptaan gol lebih banyak ketimbang Roberto Firmino. Ronaldo terlibat dalam 24 gol bersama Real Madrid dan Juventus, sementara Firmino terlibat dalam 21 gol (13 gol dan 8 assist).



- Firmino terlibat langsung dalam 12 gol dari 11 pertandingan terakhir Liverpool di Anfield. Dia mencetak tujuh gol dan lima assist.

- Sejak menjalani debut bersama di Liga Champions pada 2017, Allison Becker mencatat sembilan clean sheet. Tak ada kiper lain punya statistik sebaik dia. Semua catatan clean sheet itu dia buat di laga kandang (5 di Stadion Olimpico dan 4 di Anfield). (din/raw)