sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 17 Apr 2019 11:35 WIB

Juventus vs Ajax: De Godenzonen Sudahi Penantian 22 Tahun

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Ajax Amsterdam ke semifinal Liga Champions lagi setelah 22 tahun. (Foto: Michael Steele/Getty Images) Ajax Amsterdam ke semifinal Liga Champions lagi setelah 22 tahun. (Foto: Michael Steele/Getty Images)
Turin - Ajax Amsterdam akhirnya ke semifinal Liga Champions lagi setelah 22 tahun. Menyusul kemenangan di markas Juventus 2-1 di leg kedua perempatfinal.

Ajas menyambangi Juventus di Stadion Allianz dengan modal hasil seri 1-1 di Amsterdam Arena. Pada pertandingan hari Rabu (17/4/2019) dinihari WIB, Juve lebih dahulu membua keunggulan lewat gol sang superstar, Cristiano Ronaldo, di menit ke-28 yang dibalas Donny van de Beek enam menit berselang.

Matthijs de Light menentukan kemenangan sekaligus kelolosan Ajax setelah membobol gawang Wojiech Szczesny di babak kedua. Dengan kemenangan ini, Ajax berhak maju ke babak berikutnya dengan agregat 3-2.

Sepanjang sejarah klub, Ajax sudah empat kali memenangi kompetisi ini. Meski begitu, terakhir kali De Godenzonen memenanginya sudah sangat lama yaitu pada musim 1994/95. Kelolosan ini menandai bahwa Ajax kini selangkah lebih dekat untuk meraih titel kelimanya.


Berikut data dan fakta usai pertandingan Juventus vs Ajax, yang disarikan BBC Sport:

- Ajax lolos ke semifinal Piala Eropa/Liga Champions untuk kesembilan kalinya dalam sejarah klub, dan yang pertama sejak musim 1996/97.

- Ajax adalah tim pertama dari luar lima liga top Eropa tradisional yang menacpai semifinal Liga Champions sejak 2014/05 ketika PSV Eindhoven melakukannya.

- Juventus menderita dua kekalahan kandang di satu musim Piala Eropa/Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah (1-2 vs Manchester United dan Ajax).


- Ajax sudah mencetak 155 gol di musim ini di seluruh kompetisi, jumlah gol terbanyak di satu musim dalam sejarah klub seperti pada musim 2009/10 (155).

- Ini adalah kemenangan tandang beruntun Ajax di Liga Champions, laju terpanjang mereka sejak di antara Novemer 1995 dan Maret 1997 (7 kemenangan).

- Cristiano Ronaldo telah mencetak sembilan gol melawan Ajax di Liga Champions - hanya melawan klubnya sekarang Juventus (10), dia mencetak gol lebih banyak melawan satu lawan tertentu di kompetisi ini.

- Bek Ajax Matthijs de Ligt adalah pemain Belanda termuda yang mencetak gol di sebuah pertandingan babak gugur Liga Champions (19 tahun 246 hari) sejak Nordin Wooter pada April 1996 melawan Panathinaikos (19 tahun 237 hari).



Simak Juga 'Superioritas Juventus pun Takluk juga di Tangan Ajax':

[Gambas:Video 20detik]

Juventus vs Ajax: De Godenzonen Sudahi Penantian 22 Tahun
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed