sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 20 Apr 2019 00:29 WIB

MU Didepak Barcelona, Mourinho: Makanya Kurung Messi

Yanu Arifin - detikSport
Aksi striker Barcelona Lionel Messi saat melepaskan tendangan yang berujung gol ke gawang Manchester United di leg kedua perempatfinal Liga Champions. (Foto: Sergio Perez/Reuters) Aksi striker Barcelona Lionel Messi saat melepaskan tendangan yang berujung gol ke gawang Manchester United di leg kedua perempatfinal Liga Champions. (Foto: Sergio Perez/Reuters)
London - Jose Mourinho mengkritik taktik Manchester United, yang didepak Barcelona di perempatfinal Liga Champions. Setan Merah disebut tidak mengurung Lionel Messi.

MU disingkirkan Barcelona di babak delapan besar dengan agregat yang cukup telak, 0-4. Usai kalah 0-1 pada leg pertama di Old Trafford, Paul Pogba dkk tumbang 0-3 di Camp Nou, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB.

Pada leg kedua, MU, yang diharapkan bangkit, justru kebobolan akibat kesalahan-kesalahan. Dua gol yang dilesakkan Lionel Messi, berasal dari blunder Ashley Young dan David De Gea. Sementara gol ketiga Barcelona lahir dari tendangan Philippe Coutinho dari luar kotak penalti.




Mourinho, yang dipecat MU pada Desember lalu dan digantikan Ole Gunnar Solskjaer, mengkritik taktik mantan timnya. Pria asal Portugal itu menyebut MU banyak membuat kesalahan dalam bertahan.

"Banyak kesalahan, banyak gol akibat pertahanan buruk saat mengantisipasi tendangan-tendangan. Anda bisa melihat gol Coutinho, bahkan juga Messi," kata Mourinho kepada Russia Today, seperti dilansir Mirror.

Secara rinci, Mourinho menilai kesalahan MU adalah tidak menempatkan banyak gelandang di depan kotak penalti sehingga Messi bisa bergerak bebas. Kesalahan itu dinilai Mourinho karena MU berusaha mengubah pendekatan akibat kalah pada leg pertama.




"Di leg pertama, MU menguasai lini tengah dengan baik. Jadi saat dia [Messi] datang, dia akan menemui Fred dan McTominay sepanjang laga. Di pertandingan ini [leg kedua], mungkin karena MU kalah, mereka mencoba memulai dengan perspektif yang berbeda," lanjut Mourinho.

"Kemudian Pogba melebar ke kiri, McTominay ke kanan, dan Jese Lingard bermain sebagai nomor 10 di belakang striker. Di depan garis pertahanan cuma Fred. Dan itu adalah area ketika Messi datang dan mendapatkan bola. Saat berhadapan dengannya, anda akan mati."

"Itulah mengapa saya tidak senang menempatkan pemain secara individu berhadapan dengan Messi. Kurung Messi, anda harus mengurungnya," jelas Mourinho. (yna/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com