sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 08 Mei 2019 11:00 WIB

Liverpool vs Barcelona: Si Merah Masuk Daftar Eksklusif

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Liverpool menyingkirkan Barcelona untuk lolos ke Liga Champions. (Foto: Clive Brunskill / Getty Images) Liverpool menyingkirkan Barcelona untuk lolos ke Liga Champions. (Foto: Clive Brunskill / Getty Images)
Jakarta - Liverpool melakukan comeback sensasional melawan Barcelona untuk lolos ke final Liga Champions. Sukses Liverpool memasukkan mereka ke sebuah daftar eksklusif.

Memainkan semifinal leg II di Anfield, Rabu (8/5/2019) dinihari WIB, Liverpool menggasak Barca 4-0. Divock Origi dan Giorginio Wijnaldum menentukan kemenangan tim tuan rumah setelah masing-masing mencetak dua gol.

Dengan hasil ini, Liverpool berhak atas satu tempat di partai puncak lewat keunggulan agregat 4-3. Ini adalah final Liga Champions kedua beruntun bagi The Reds usai dikalahkan Real Madrid 1-3 di 2017/18.

Menyoal kelolosan ke final Liga Champions, Liverpool kini hanya kalah dari Real Madrid, AC Milan, dan Bayern Munich.


Berikut adalah statistik usai kemenangan Liverpool atas Barcelona, yang dirangkum BBC Sport:

- Liverpool telah mencapai sembilan final Piala Eropa/Liga Champions - hanya Real Madrid (16), Milan (11), dan Bayern (10) yang mencapai ke final lebih banyak.

- Liverpool adalah tim Inggris pertama yang mencapai final Liga Champions secara beruntun sejak Manchester United (2008 dan 2009).

- Ini adalah untuk keempat kalinya sebuah tim membalikkan keadaan setelah tertinggal tiga gol atau lebih di leg pertama fase gugur Liga Champions untuk lolos. Barcelona juga menderita kekalahan dengan cara serupa (melawan AS Roma pada musim lalu).

- Barcelona sekarang sudah tereliminasi dari tiga dari empat semifinal Liga Champions.


- Juara LaLiga ini menderita kekalahan terbesarnya melawan sebuah tim Inggris di seluruh kompetisi Eropa.

- Full-back Liverpool Trent Alexander-Arnold telah menciptakan 14 assist di seluruh kompetisi musim ini, lebih dari pemain Liverpool lainnya.

- Divock Origi mencetak gol-gol Liga Champions pertamanya, dan menjadi pemain Liverpool ke-50 yang berbeda, yang mencetak gol di kompetisi ini (tidak termasuk gol bunuh diri).

- Giorginio Wijnaldum adalah pemain Liverpool pertama yang mencetak dua gol dari bangku cadangan di sebuah laga Liga Champions sejak Ryan Babel melawan Besiktas di 2007. Dia juga pemain pengganti pertama yang mencetak dua gol di sebuah pertandingan melawan Barcelona di kompetisi ini.

- Lionel Messi melepaskan lima percobaan dan mengkreasikan tiga dari delapan tembakan dari Barcelona di pertandingan ini.


(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com