sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Mei 2019 10:07 WIB

Ajax vs Tottenham: Angka-Angka di Balik Comeback Spurs

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Tottenham Hotspur membalikkan keadaan atas Ajax untuk lolos ke final Liga Champions (Foto: Matthew Childs/Action Images via Reuters) Tottenham Hotspur membalikkan keadaan atas Ajax untuk lolos ke final Liga Champions (Foto: Matthew Childs/Action Images via Reuters)
FOKUS BERITA Ajax vs Tottenham
Jakarta - Tottenham Hotspur membalikkan keadaan atas Ajax untuk lolos ke final Liga Champions. Ada sejumlah catatan menarik dari comeback Tottenham ini.

Laga Ajax vs Tottenham pada leg kedua semifinal Liga Champions digelar di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5/2019) dini hari WIB. Tuan rumah berbekal kemenangan 1-0 dari leg pertama.

Laga berjalan positif untuk Ajax pada babak pertama. Mereka unggul 2-0 lewat gol Matthijs de Ligt dan Hakim Ziyech untuk memimpin 3-0 secara agregat.

Namun Tottenham memberi perlawanan luar biasa pada paruh kedua. Lucas Moura menjadi bintang dengan mencetak tiga gol, salah satunya di penghujung injury time.

Tottenham pun secara dramatis memenangi laga dengan skor 3-2. Tim arahan Mauricio Pochettino itu lolos ke final berkat keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3.

Ini jadi comeback bersejarah bagi Tottenham. Sebab untuk pertama kalinya mereka lolos ke final Liga Champions.

Berikut adalah data dan fakta dari laga Ajax vs Tottenham seperti dirangkum Opta:

1 - Tottenham lolos ke final pertamanya di Piala Champions/Liga Champions.

2 - Mereka jadi tim kedua dalam sejarah Liga Champions yang lolos ke final setelah kalah di leg pertama semifinal di kandang, menyusul Ajax (1995-1996 melawan Panathinaikos).

3- Ini adalah ketiga kalinya final turnamen mayor Eropa melibatkan dua tim Inggris. Sebelumnya adalah Piala UEFA 1972 antara Spurs dan Wolves dan Liga Champions 2008 antara Manchester United dan Chelsea.

4 - De Ligt, 19, jadi remaja keempat yang mencetak gol di semifinal Liga Champions, menyusul Nordin Wooter (Ajax, 1996), Obafemi Martins (Inter, 2003), dan Kylian Mbappe (Monaco, 2017).

5 - Lucas Moura jadi pemain kelima yang mencetak hat-trick di semifinal dan yang pertama setelah Ronaldo untuk Real Madrid melawan Atletico pada Mei 2017.

7 - Tim-tim Inggris bangkit dari ketertinggalan dua gol atau lebih untuk berbalik menang tujuh kali dalam sejarah Liga Champions, empat lebih banyak daripada klub-klub dari negara lain.

8 - Spurs akan jadi tim Inggris kedelapan yang tampil di final Piala Champions/Liga Champions.

55 - Dusan Tadic sudah terlibat dalam 55 gol dari 54 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

0 - Ajax tak pernah menang dalam delapan laga kadang terakhir di fase knockout Liga Champions, laju yang dimulai pada 1996.

(nds/din)
FOKUS BERITA Ajax vs Tottenham
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed