sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Mei 2019 10:53 WIB

5 Kesalahan Valverde di Anfield

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Ernesto Valverde dianalisis telah membuat lima kesalahan dalam tersingkirnya Barcelona di semifinal Liga Champions. (Foto: Shaun Botterill / Getty Images) Ernesto Valverde dianalisis telah membuat lima kesalahan dalam tersingkirnya Barcelona di semifinal Liga Champions. (Foto: Shaun Botterill / Getty Images)
FOKUS BERITA Liverpool vs Barcelona
Barcelona - Ernesto Valverde disalahkan atas tersingkirnya Barcelona di Liga Champions. Valverde dinilai telah membuat lima kesalahan saat Barca tumbang 0-4 di Liverpool.

Barca tereliminasi di semifinal usai kalah agregat 3-4. Pada pertandingan leg kedua, Rabu (8/5/2019) dinihari WB, Blaugrana gagal mengimbangi permainan tempo tinggi Liverpool sehingga diberondong gol-gol dari Giorgino Wijnaldum dan Divock Origi.

Kegagalan ini memupus ambisi Barcelona untuk memboyong Si Kuping Besar ke Camp Nou, yang terakhir kali dilakukan mereka pada 2014/15. Sekaligus memenangi treble usai mengunci gelar juara LaLiga, dan maju ke final Copa del Rey.


Media top Spanyol, Marca, menganalisis bahwa keputusan-keputusan Valverde punya andil dalam kekalahan itu.

1. Starting XI yang sama seperti leg pertama

Barcelona memang menang 3-0 di Camp Nou, tapi hasil tersebut tidak mencerminkan jalannya pertandingan karena Liverpool mendominasi. Barca tertolong dengan kecemerlangan Lionel Messi, yang mencetak dua gol.

Pendekatan yang dilakukan manajer Liverpool Juergen Klopp lebih baik daripada Barca, yang kembali dibuktikan di leg kedua.

2. Coutinho dan Kesempatan yang terus didapatkan

Terlepas dari cedera Ousmane Dembele, Philippe Coutinho tidak seharusnya dimainkan. Coutinho memperlihatkan sikap yang buruk, berbanding lurus dengan performanya. Marca menyebut gelandang Brasil itu tidak pantas mendapatkan tempat di tim ini.


3. Pemain-pemain pengganti yang tidak mengubah apapun

Aneh ketika Barcelona memakai line-up yang sama seperti pekan sebelumnya, terutama ketika mereka menjadi jauh lebih baik dengan Nelson Semedo ketimbang Coutinho dalam laga di Camp Nou. Hal itu terjadi lagi pada hari Selasa, kemudian Arthur Melo menggantikan Arturo Vidal, sebelum Malcom masuk menggantikan Ivan Rakitic tanpa membuat kontribusi.

4. Tenggelam dalam tekanan, Arthur cuma bermain 20 menit

Barcelona tak mampu keluar dari tekanan Liverpool dan Vidal kalah sehingga kehilangan bola di kandang maupun tandang. Arthur, yang direkrut untuk peristiwa-peristiwa seperti ini tidak bermain sampai menit ke-74 sekalipun dia adalah gelandang terbaik dalam penguasaan bola.

5. Pemain-pemain yang diganti selalu sama

Di menit ke-74, Valverde menarik Vidal. Pesepakbola Chile itu adalah satu-satunya gelandang Barca tanpa kartu kuning, dan satu-satunya pemain yang bisa memulihkan posisi yang kurang diuntungkan dengan melakukan pelanggaran. Sergio Busquets dan Ivan Rakitic tidak dalam performa bagus, tapi malah Vidal yang ditarik keluar.


Meski Sudah Menang, Valverde Masih Khawatir Main di Anfield:

[Gambas:Video 20detik]

(rin/nds)
FOKUS BERITA Liverpool vs Barcelona
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed