sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 10 Mei 2019 09:14 WIB

Ketenangan Arsenal Jadi Kunci ke Final

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Arsenal melenggang ke final Liga Europa usai menang agregat 7-3 atas Valencia. (Foto: Andrew Boyers/Action Images via Reuters) Arsenal melenggang ke final Liga Europa usai menang agregat 7-3 atas Valencia. (Foto: Andrew Boyers/Action Images via Reuters)
Jakarta - Arsenal mengawali laga di markas Valencia dengan kebobolan gol cepat. Namun para pemain The Gunners menjaga ketenangan dan memberikan respons segera.

Arsenal melawat ke Mestalla, Jumat (10/5/2019) dinihari WIB, pada semifinal leg kedua Liga Europa dengan modal kemenangan 3-1 dari leg pertama. Alhasil Valencia pun berupaya langsung mengontrol permainan setelah pertandingan dimulai, demi mengejar selisih dan membalikkan keadaan.




Upaya Valencia membuahkan hasil kala Kevin Gameiro sudah membawa mereka unggul di menit ke-11. Gol itu tak ayal memunculkan nuansa comeback untuk tuan rumah.

Tapi Arsenal tak bertindak gegabah untuk merebut kontrol pertandingan. Malah cukup dengan serangan balik, anak-anak asuh Unai Emery ini mencetak gol balasan di menit ke-17 melalui sepakan Pierre-Emerick Aubameyang.

Arsenal pada prosesnya mencetak tiga gol lagi, sementara Valencia hanya satu. Tim London utara itu pun lolos ke final dengan agregat telak 7-3.




"Saya sangat bangga dengan para pemain dan suporter. Para pemain berusaha semampu mereka dan kami bisa merasa bangga dengan klub ini," ungkap Emery kepada BT Sport, dilansir BBC.

"Kami tahu bahwa kami harus tenang setelah mereka mencetak gol dan harus bisa mengontrol emosi kami. Sangat sulit mencetak empat gol melawan tim ini karena mereka bermain sangat tertata. Melihat para penyerang memasimalkan peluang-peluang, itu memberi kami kepercayaan diri untuk mencetak gol," imbuhnya.

Arsenal tampil efisien dan lebih mengancam. Mereka melepaskan 10 tembakan dengan enam di antaranya on target, dari 42% penguasaan bola. Sedangkan Valencia punya 58% penguasaan bola, dengan 18 percobaan dan hanya tiga mengarah ke gawang.




Arsenal selanjutnya akan menghadapi Chelsea di partai final. Mesut Oezil dkk akan berharap pengalaman Emery tiga kali juara kompetisi ini bisa memberikan tuah.

"Masa lalu itu untuk pengalaman dan bisa dipakai untuk masa depan. Sangat sulit bermain di final dan kami mengambil peluang kami hari ini, yang membuat kami senang," tandas Emery.


Saksikan juga cuplikan gol-gol di Semifinal Liga Europa:

[Gambas:Video 20detik]



(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com