sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 21 Mei 2019 12:40 WIB

Ayo Mkhitaryan, Datang ke Baku dan Main di Final Liga Europa

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Persoalan politik bikin Henrikh Mkhitaryan akan absen di final Liga Europa (Shaun Botterill/Getty Images) Persoalan politik bikin Henrikh Mkhitaryan akan absen di final Liga Europa (Shaun Botterill/Getty Images)
London -
Henrikh Mkhitaryan diminta tidak usah cemas dengan keselamatannya di Azerbaijan. Gelandang serang Arsenal itu diminta tetap datang ke Baku dan main di final Liga Europa.

Arsenal akan berhadapan dengan Chelsea di laga puncak turnamen itu, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB pekan depan. Baku National Stadium akan jadi saksi siapa yang terbaik di antara The Gunners atau The Blues.

Para pemain kedua tim tentu sangat antusias menyambut laga final tersebut mengingat ini jadi kesempatan terakhir merebut trofi musim ini bagi Arsenal dan Chelsea. Sayangnya ada salah satu pemain andalan Arsenal yang kemungkinan besar bakal absen, yakni Mkhitaryan.

Mkhitaryan, yang berasal dari Armenia, disebut-sebut tidak mendapat visa untuk memasuki Azerbaijan. Pasalnya kedua negara tengah terlibat konflik perebutan wilayah kekuasaan dan Mkhitaryan pun sudah absen saat Arsenal tandang ke Qarabag di fase grup.




Tapi, karena ini adalah laga final dan merupakan momen spesial untuk setiap pemain, pihak pemerintah Azerbaijan bakal menjanjikan jaminan keselamatan untuk Mkhitaryan di sana.

"Tentu saja (kami akan melindunginya). Saya akan sangat senang jika bisa bicara dengannya," ujar duta besar Azerbaijan untuk Inggris, Tahir Taghizadeh, kepada Sky Sports.

"Ini adalah event kelas satu, jika tujuan kami adalah untuk politik maka itu beda cerita, Anda dibayar untuk bermain bola dan bukan jadi politis. Jangan kita campur adukkan dengan persoalan lain," sambungnya.




Arsenal tentu membutuhkan tenaga Mkhitaryan di final mengingat mereka sudah kehilangan Aaron Ramsey yang bakal absen karena cedera. Musim ini Mkhitaryan tampil 36 kali dan menyumbang enam gol.

"Pesanku untuk Mkhitaryan: Anda pesepakbola, Anda ingin bermain sepakbola bukan? Pergilah ke baku dan Anda akan aman di sana. Jika Anda ingin memainkan isu, maka itu beda cerita."

"Saya bisa jamin pemerintah Azerbaijan akan melakukan segalanya agar masalah ini bisa tuntas dan menjamin keselamatan serta keaman bagi seluruh fans, pemain, dan staf untuk laga ini," demikian dia.


(mrp/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com